Butuh Penghasilan Tambahan? Yakin Gak Mau Terapin Ide Usaha Sampingan?


Ilustrasi orang mencari ide usaha sampingan
Ilustrasi orang mencari ide usaha sampingan


CariUang - Ide usaha sampingan banyak ditempuh oleh orang-orang terutama ibu rumah tangga dalam mencari pemasukan. Hal ini dilakukan dengan mencari alternatif lain misal bekerja atau membuat usaha sendiri di bidang tertentu sesuai keinginan.

Table of Contents
 

Referensi Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga dan Mahasiswa

Usaha sampingan di desa umumnya banyak dilakukan dengan menjalani bisnis tertentu. Lantas apakah usaha sampingan di desa juga bisa diterapkan di kota? Tentu bisa, namun dengan strategi berbeda. Berikut usaha sampingan modal kecil:

1. Jualan Online

Bidang pertama yang bisa ditempuh oleh ibu rumah tangga, pelajar ataupun mahasiswa yakni berjualan online. Usaha sampingan di desa ini terbukti cukup menguntungkan lantaran banyak seller yang menyediakan sistem dropship. 

Dengan berjualan online seorang ibu rumah tangga ataupun mahasiswa tidak perlu meninggalkan tugas utamanya. Menariknya jualan online menjadi salah usaha sampingan modal kecil dengan skala menyesuaikan kemampuan individu. 

2. Agen Pulsa, Kuota, dan Pembayaran Virtual

Menurut sejumlah mahasiswa, salah satu usaha sampingan modal kecil yang bisa ditempuh untuk meraup keuntungan yakni dengan menjadi agel pulsa. Bagaimana cara menjadi agen pulsa? Kamu tinggal tergabung dengan seller yang telah berpengalaman. 

Tidak hanya dapat dijadikan usaha sampingan modal kecil, bisnis ini bisa dijalankan dimana saja. Menjadi agen pulsa bisa juga disebut sebagai usaha rumahan lantaran tidak memerlukan lokasi khusus seperti toko atau kios. 

3. Laundry Kiloan

Menurut pengalamanku pribadi dalam melihat usaha rumahan untuk sampingan, banyak diwujudkan oleh mahasiswa ataupun ibu rumah tangga dengan membuat laundry kiloan. Apa saja modal yang dibutuhkan dalam membuat usaha rumahan ini?

Berpedoman pada pendapat sejumlah pelaku usaha di bidang ini, modal yang dibutuhkan meliputi mesin cuci, detergen, seterika, plastik, dan masih banyak lagi. Dalam memulai laundry kiloan Kamu perlu menyediakan berbagai layanan. 

4. Buka Les Privat

Bagi mahasiswa semester tua ataupun muda yang sedang libur bisa membuat bisnis sampingan dengan membuka les privat. Les privat seperti apa yang banyak digemari masyarakat? Masyarakat menyukai les privat yang memiliki kualitas tinggi. 

Menurut pengalamanku pribadi, membuka les privat bisa dilakukan dengan menentukan siapa target usaha sampingan tersebut. Usaha ini membutuhkan keahlian di bidang pendidikan dan memerlukan kreativitas dalam membangun pembelajaran efektif.

5. Jual Amplop THR

Menjelang hari raya idul Fitri banyak umat Islam yang membutuhkan amplop. Hal ini bisa Kamu manfaatkan sebagai alternatif untuk membuat bisnis amplop thr. Sediakan sejumlah gambar atau karakter sesuai dengan hal kekinian. 

Jualan amplop menjelang lebaran dan Imlek menjadi usaha sampingan cukup menjanjikan
Jualan amplop menjelang lebaran dan Imlek menjadi usaha sampingan cukup menjanjikan


Beberapa pembeli menjelaskan bahwa aplop yang unik memiliki desain menyerupai kemasan ternama. Sediakan amplop dalam berbagai macam ukuran untuk memenuhi permintaan pembeli. Jenis usaha sampingan untuk pemula ini butuh modal kecil. 

6. Membuat Angkringan

Usaha sampingan di desa banyak diupayakan dengan membuat angkringan. Apa itu angkringan? Angkringan merupakan usaha sampingan di desa yang menjual aneka gorengan, kopi, teh, dan berbagai macam minuman. 

Angkringan cocoknya dibuka ketika malam hari sehingga cocok dijalankan oleh pria baik mahasiswa ataupun pelajar. Dimana lokasi membuat angkringan yang tepat? Kamu bisa membuka angkringan di pinggir jalan ataupun depan toko. 

Ide usaha sampingan bisa dijadikan alat penambah pemasukan. Usaha sampingan di desa umumnya berpacu pada penjualan. Pelajari bisnis lain seputar usaha milenial dengan cara membuat angkringan dengan begitu keuntungan bisa lebih optimal. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar