Diklaim Sebagai Profesi Idaman Mertua, Begini Cara Menjadi Perawat

 

Cara menjadi perawat bisa diwujudkan setelah menuntaskan pendidikan di bidang bersangkutan
Cara menjadi perawat bisa diwujudkan setelah menuntaskan pendidikan di bidang bersangkutan

CariUang - Perawat menjadi salah satu bidang kerja yang banyak diminati oleh perempuan ataupun laki-laki. Pasalnya profesi ini diklaim memiliki gaji besar. Benarkah begitu? Ternyata untuk menempuh gaji perawat yang tinggi harus melewati jenjang karir.

Table of Contents
 

Cara Menjadi Perawat yang Kompeten di Bidangnya

Biaya jurusan keperawatan cukup mahal sehingga harus dipertimbangkan sejak awal. Bahkan hampir semua universitas ternama menetapkan biaya jurusan keperawatan yang tinggi sehingga harus dipertimbangkan sejak awal. Berikut trik jadi perawat:

1. Menempuh Pendidikan Formal

Menurut sejumlah perawat, Kamu harus menempuh pendidikan formal untuk bisa menekuni bidang ini. Pendidikan formal bisa dimulai dengan mengambil jurusan perawat saat SMK dan dilanjutkan dengan mengambil jurusan serupa ketika kuliah. 

Universitas jurusan keperawatan di Indonesia sangat banyak. Kamu bisa memilih satu diantara universitas jurusan keperawatan tersebut untuk menekuni bidang bersangkutan hingga dinyatakan lulus. Pendidikan formal jadi syarat mutlak profesi ini. 

2. Sertifikasi

Setelah menempuh pendidikan di universitas jurusan keperawatan, tentu Kamu ingin langsung kerja bukan? Namun berpedoman pada aturan praktik tenaga medis, sebelum bekerja sebagai perawat Kamu harus memiliki sertifikasi keahlian terlebih dahulu. 

Apakah sertifikasi juga termasuk dalam pembayaran biaya jurusan keperawatan? Tidak, sertifikasi dilakukan setelah lulus kuliah. Sertifikasi tersebut biasa disebut dengan STR. Hampir semua rumah sakit ataupun klinik pasti mewajibkan perawat punya STR. 

3. Mempersiapkan Keterampilan dan Keahlian

Menurut pengalamanku dalam meneliti bidang kerja ini, seorang perawat harus punya keahlian dan keterampilan di bidang kesehatan. Keahlian tersebut bisa didapatkan selama menempuh pendidikan baik secara teori ataupun praktik. 

Dengan mempersiapkan keterampilan Kamu lebih mudah melakukan penanganan ataupun tindakan. Biasanya keterampilan perawat akan dioptimalkan saat melakukan magang atau praktik kerja lapang selama menempuh pendidikan.

4. Pengalaman Kerja

Menurut pendapat orang yang berprofesi di bidang ini, gaji perawat dipengaruhi oleh pengalaman kerja. Jadi gaji perawat memiliki sistem jenjang karir. Oleh sebab itu, Kamu bisa meningkatkan pengalaman untuk menempuh gaji tinggi. 

Biasanya rumah sakit tidak akan tutup mata untuk menaikkan gaji jika pengalaman kerja yang dimiliki perawat mumpuni. Pengalaman kerja bisa didapatkan selama kuliah dengan mengikuti program magang di klinik ataupun rumah sakit. 

5. Memiliki Sifat Profesional

Sejumlah perawat menjelaskan bahwa profesi ini membutuhkan sifat profesional yang tinggi. Pasalnya saat menjalani pekerjaan ini Kamu harus bertemu pasien dengan karakter berbeda. Kamu harus punya sifat sabar dan telaten agar nyaman bekerja. 

Seorang perawat harus punya sifat profesional dan sabar
Seorang perawat harus punya sifat profesional dan sabar


Utamakan sifat ramah agar pasien merasa nyaman selama mendapatkan penanganan. Menurut pendapat beberapa perawat, profesi ini membutuhkan sifat holistik, kemampuan mengelola emosi hingga siap menerima segala resiko yang terjadi. 

FAQ

Berapa rata-rata biaya kuliah jurusan keperawatan di Indonesia?

Rata-rata biaya kuliah jurusan sekitar 8-15 juta per semester. Namun biaya tersebut kembali lagi dengan ketentuan setiap kampus. 

Berapa lama kuliah di jurusan keperawatan?

Lama kuliah di jurusan keperawatan sekitar 3-4 tahun atau setara dengan 8 semester. Namun Kamu bisa mengupayakan sejumlah cara agar bisa lulus lebih cepat. 

Gaji perawat di Indonesia berapa?

Rata-rata gaji perawat sekitar Rp3.753.554 per bulan. Gaji tersebut bisa mengalami kenaikan berdasarkan indikator tertentu. 

Cara menjadi perawat tersebut bisa Kamu terapkan untuk menekuni profesi satu ini. Pastikan untuk mengurus sertifikasi agar bisa menempuh profesi ini. Dapatkan informasi terkait bidang kerja tertentu dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar