Tips Menciptakan Bisnis Kos-kosan yang Datangkan Uang hingga Puluhan Juta Per Bulan

 

Sediakan fasilitas mumpuni agar usaha kos menguntungkan
Sediakan fasilitas mumpuni agar usaha kos menguntungkan

CariUang - Menjadi juragan kos tentu saja impian banyak orang termasuk juga dengan saya. Bisnis kos-kosan sebenarnya menjadi salah satu usaha yang cukup menguntungkan lantaran bisa mendapatkan untung besar setiap bulannya. 

Trik Mengembangkan Bisnis Kos-kosan agar Untung Besar

Modal yang diperlukan untuk membuat usaha kos-kosan bisa dikatakan tidak ringan. Kamu perlu mempersiapkan dana mulai dari 100-150 juta untuk menciptakan kos yang potensial. Berikut ini sejumlah tahapan agar usaha kos-kosan memberikan untung:

1. Cari Lokasi

Membuat kos-kosan hendaknya mencari lokasi yang potensial sekaligus dekat pusat layanan. Sebagai contoh daerah A terdapat kampus ternama dengan kebutuhan sewa kos tinggi, maka lokasi tersebut hendaknya dipilih untuk membangun kos-kosan. 

Pembangunan lokasi yang strategis dan potensial membuat usaha kos milik Kamu mendatangkan keuntungan berjumlah besar. Rata-rata pelaku usaha di bidang kos-kisan memilih lokasi yang dekat tempat kerja seperti pabrik hingga kampus.

2. Buat Konsep Kos-kosan

Setelah menentukan lokasi yang tepat untuk memulai usaha kos-kosan, Kamu perlu membangun tempat tersebut. Pembangunan kos hendaknya mengikuti konsep kekinian agar menjaring banyak pelanggan. Konsep bangunan menentukan kenyamanan orang. 

Dalam membuat konsep kos-kosan Kamu harus memiliki keahlian dalam merancang bangunan. Setidaknya rancangan bisa berupa pandangan secara umum. Serahkan rancangan tersebut pada arsitektur agar dikembangkan dan diterapkan pada bagunan kos.

3. Sediakan Sejumlah Fasilitas

Menurut pengalamanku dalam mencari kos, hampir sejumlah orang tentu menginginkan fasilitas mewadahi. Sediakan sejumlah fasilitas yang mewadahi dengan menyesuaikan budget biaya sewa. Cara ini bertujuan juga untuk mengupayakan kenyamanan penyewa.

Rata-rata fasilitas yang dibutuhkan mulai dari kipas angin, Wi-Fi, dapur, kamar mandi berjumlah banyak dan masih banyak lagi. Sejumlah pemilik kos rata-rata menyiapkan fasilitas berdasarkan biaya sewa yang dipatok. 

4. Buat Tata Peraturan dan Ketentuan Pembayaran

Bisnis kos-kosan mengharuskan Kamu untuk membuat peraturan. Peraturan tersebut terkait dengan biaya sewa kos, syarat menyewa, dan masih banyak lagi. Kamu juga harus memastikan bahwa setiap orang yang akan menyewa kos punya identitas jelas. 

Untuk apa identitas tersebut? Identitas penyewa kos diperlukan untuk mencegah segala hal tidak diinginkan. Jika penyewaan kos untuk pasutri pastikan meminta bukti surat nikah. Biasanya kos-kosan memiliki ketentuan pembayaran bulanan atau tahunan. 

5. Lakukan Promosi

Agar jumlah penyewa kamar kos banyak, Kamu perlu melakukan promosi. Bagaimana cara promosi kos-kosan paling efektif? Menurut sejumlah pemilik kos, promosi sering dilakukan dengan membuat postingan di sosial media hingga menciptakan plang. 

Dengan cara ini Kamu bisa mendapatkan jumlah pelanggan cukup banyak. Untuk menciptakan promosi yang efektif Kamu bisa menyiapkan sejumlah konten unik dan menarik. Pastikan juga untuk membuat promosi di secara langsung seperti sebar brosur. 

FAQ

Adakah tahapan penting dalam membuat usaha kos-kosan?

Tahapan yang cukup penting dalam membuat usaha kos yakni mengurus perizinan. Kamu harus menyiapkan sejumlah dokumen untuk mengupayakan izin. Izin hendakanya dilakukan dari lembaga paling kecil yakni RT. 

Bagaimana agar kos-kosan terhindar dari tindakan negatif dan kejahatan?

Untuk menghindari kejadian tidak diinginkan, Kamu harus sering mengontrol kos. Pengontrolan dapat dilakukan dengan cara rutin mengunjungi kos ataupun memasang cctv. Dengan begitu kos-kosan akan aman dari segala tindakan negatif. 

Nah itulah cara agar bisnis kos-kosan bisa memberikan untung besar dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Terapakan juga sejumlah ide bisnis lain dengan membaca artikel di website Kami sebagai inspirasi. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar