Strategi Pengembangan Usaha Donat Home Industri

 

Usaha donat home industri merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan
Usaha donat home industri merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan

CariUang - Donat merupakan makanan yang cukup populer dan disukai oleh sejumlah kalangan. Tau nggak sih? Kalau usaha donat home industri bisa dijadikan sebagai potensi bisnis masa depan. Tentu hal ini perlu dilakukan tahapan pengembangan. 

Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha Donat Home Industri?

Rata-rata donat home industri dibuat dengan cara masih sederhana dan masih memanfaatkan kearifan lokal. Menurutku cara ini membuat rasa donat tampak lebih lezat. Berikut ini sejumlah cara mengembangkan usaha pembuatan donat:

1. Pilih Bahan Berkualitas

Sejumlah pengusaha pasti memakai bahan berkualitas untuk hasil sesuai harapan. Hal ini juga perlu Kamu terapkan dalam produksi donat home industri. Pilih bahan berkualitas dan aman agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. 

Pembelian bahan berjumlah banyak sebaiknya langsung grosiran. Hal ini bertujuan agar harga yang perlu Kamu bayarkan lebih murah. Menurutku pembelian dalam jumlah banyak juga lebih hemat sehingga keuntungan bertambah besar. 

2. Sediakan Berbagai Macam Variasi

Jika mendengar JCO, pasti semua orang langsung terbayang dengan kelezatan donat yang ditawarkan. Menurutku kelezatan donat pada brand tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya variasi. Terbukti brand tersebut laris manis meskipun harganya cukup mahal.

Kamu bisa mencoba menawarkan sejumlah variasi donat agar disukai banyak kalangan. Variasi paling best seller mulai dari tiramisu, coklat, green tea, dan lain-lain. Semakin banyak variasi donat yang Kamu tawarkan maka besar potensi laris manis. 

3. Buat Brand Menarik

Jika Kamu sudah menyusun strategi produksi donat home industri, langkah berikutnya yaitu menyiapkan brand. Pastikan brand tersebut unik dan menarik agar mudah diingat oleh orang-orang. Cantumkan juga brand tersebut pada kemasan produk donat. 

Menurutku pembuatan brand juga harus disertai dengan logo atau ikon. Hal ini sebagai salah satu strategi agar produk donat buatan Kamu mudah diingat oleh orang lain. Sejumlah pengusaha donat sudah banyak yang menerapkan trik ini. 

4. Buat Kemasan Menarik

Masih berpacu pada brand JCO Donat, Kamu juga perlu mengupayakan pengemasan menarik sebagai strategi mengembangkan usaha. Pengemasan donat biasanya dilakukan dengan memakai box dengan desain menarik. 

Strategi ini membuat usaha donat home industri semakin unik dan memikat banyak pelanggan. Pembuatan kemasan berupa box cenderung memudahkan pembeli membawanya bahkan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. 

5. Promosi

Sama dengan usaha lainnya, dalam mengembangkan bisnis donat home industri juga diperlukan promosi. Kamu bisa memakai sosial media untuk promosi produk donat. Menurutku promosi memakai media sosial cukup praktis dan ekonomis. 

Hal ini membuat Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk keperluan promosi. Dengan promosi produk donat buatan Kamu semakin mudah dikenal oleh banyak orang sehingga potensi mendapatkan untung cukup besar. 

FAQ

Berapa Modal yang Perlu disiapkan untuk Produksi Donat Home Industri?

Modal membuat produksi donat home industri cukup terjangkau, Kamu hanya perlu keluarkan modal sekitar 4 - 6 juta saja. 

Bagaimana agar Donat Awet Meskipun Berhari-hari?

Donat termasuk makanan yang mudah berjamur, jadi produksi harus dilakukan secara dadakan. Daya tahan donat hanya berkisar antar 3-4 hari saja.

Apakah Boleh menggunakan Pengawet?

Dalam pembuatan donat Kamu tidak diperkenankan memakai pengawet berlebihan. Hal ini lantaran tidak baik untuk kesehatan.

Ide usaha donat home industri bisa berjalan lancar jika Kamu menerapkan strategi tersebut. Untuk meningkatkan traffic penjualan, Kamu bisa mengupayakannya dengan mengikuti trend kekinian. Simak cara dapat uang lain dengan baca artikel di sini.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar