Analisis Peluang Bisnis Keripik Singkong, Ini Trik agar Penjualan Maksimal

 

Bisnis kripik singkong menjadi salah satu usaha yang bisa diterapkan untuk meraup keuntungan besar
Bisnis kripik singkong menjadi salah satu usaha yang bisa diterapkan untuk meraup keuntungan besar

CariUang - kripik singkong merupakan salah satu cemilan ringan yang disukai banyak kalangan. Selain memiliki rasa lezat, keripik singkong menimbulkan sensasi kenyang. Tidak heran banyak orang belajar bisnis keripik singkong sebagai peluang usaha. 

Trik Menjalankan Bisnis Kripik Singkong

Menurut pandanganku terhadap pengusaha kripik singkong, setiap pelaku pasti mempunyai trik sendiri. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dari calon pembeli. Dari pengamatan tersebut terdapat beberapa trik menjalankan usaha kripik singkong:

1. Cari Singkong dari Petani Berkualitas

Cara pertama yang bisa Kamu terapkan untuk mengupayakan bisnis singkong yakni mencari bahan dari petani. Pilih petani yang telah berpengalaman dalam membudidayakan singkong. 

Pemilihan bahan berkualitas mempengaruhi rasa dari kripik yang dibuat. Oleh sebab itu Kamu harus memiliki kemampuan dalam membandingkan satu singkong dengan singkong lain. Sebelum dibuat kripik Kamu harus memastikan bahan layak dikonsumsi.

2. Buat Lokasi Produksi

Setelah menemukan bahan pembuatan kripik singkong yang berkualitas, Kamu juga harus menentukan lokasi produksi. Jika modal yang dimiliki belum banyak, Kamu bisa membuat lokasi produksi di rumah. 

Banyak sekali pengusaha kripik singkong yang membuat home industri untuk mendapatkan untung besar. Menurut sejumlah pengusaha, lokasi produksi yang strategis membuat penasaran jauh lebih mudah terlebih jika dilakukan di rumah. 

3. Libatkan Ahli Berpengalaman

Agar bisnis kripik singkong berjalan efektif, Kamu bisa melibatkan sejumlah ahli pembuatan makanan tersebut. Dalam mengupayakan tahapan ini Kamu juga bisa mempelajari pembuatan kripik singkong yang lezat. 

Bagaimana cara belajar membuat kripik singkong? Untuk mengembangkan kemampuan pembuatan kripik singkong, Kamu bisa menerapkan keahlian searching di internet. Dengan begitu pembuatan kripik memiliki rasa lezat dan memikat pembeli.

4. Buat Brand dan Kemasan Menarik

Bisnis kripik singkong akan berjalan lancar jika Kamu telah menyiapkan brand atau merk. Apa itu brand? Brand adalah nama dari produk yang dijual disertai dengan gambar identik sebagai ikon. Pengusaha membuat brand agar produknya dikenal orang.

Setelah membuat brand menarik, Kamu juga harus menyiapkan produk kemasan. Kenapa harus menyiapkan produk kemasan menarik? Orang melihat segala sesuatu dari bungkus, jadi Kamu harus kreatif dalam mengemas kripik singkong. 

5. Pendistribusian

Bagi pengusaha kripik singkong skala kecil biasanya mendistribusikan produk buatannya melalui pendekatan. Jadi Kamu bisa menitipkan hasil kripik singkong ke warung dan toko cemilan ringan untuk memulai distribusikan produk. 

Tidak hanya itu, jika Kamu punya keahlian dalam mengelola sosial media dan e-commerce maka bisa dijadikan sebagai alternatif berjualan. Setelah penjualan naik, Kamu bisa mendistribusikan makanan tersebut hingga seluruh wilayah Indonesia. 

FAQ

Berapa Modal Pembuatan Usaha Kripik Singkong Home Made?

Modal usaha kripik singkong sekitar 10-15 juta sudah termasuk peralatan dalam produksi. 

Bagaimana Cara Buat Kemasan Kripik yang Menarik?

Untuk membuat kemasan kripik singkong, Kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi desain seperti Canva. 

Bagaimana agar Produksi Kripik Singkong Meningkat?

Untuk meningkatkan produksi kripik singkong Kamu harus melakukan promosi dan penjualan. Nantinya jika penjualan meningkat, Kamu bisa menaikkan jumlah produksi. 

Apa yang Menentukan Keberhasilan Produksi Kripik Singkong?

Keberhasilan produksi kripik singkong dapat dilihat dari keuntungan yang didapat dalam satuan waktu tertentu. Dalam hal ini Kamu harus bisa membuat pembukuan keuangan sehingga keberhasilan terlihat jelas. 

Bisnis kripik singkong menjadi salah satu ide usaha yang bisa diterapkan oleh masyarakat desa atau kota. Dalam produksi ini Kamu harus kreatif sehingga menghasilkan untung besar. Pelajari ide usaha lain dengan baca artikel di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar