Strategi Bisnis Rice Bowl untuk Pelajar yang Bisa dijadikan Kerjaan Sampingan

 

Ide bisnis rice bowl cukup efektif dalam menghasilkan keuntungan terlebih jika menguasai strategi penjualan
Ide bisnis rice bowl cukup efektif dalam menghasilkan keuntungan terlebih jika menguasai strategi penjualan


CariUang - Generasi Z harus memiliki pola pikir lebih maju dan kreatif sehingga mampu bersaing dalam industri. Salah satu bentuk kreativitas bisa ditunjukkan dengan membuka bisnis rice bowl. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rice Bowl untuk Pelajar?

Menurutku pelajar cenderung mudah melakukan pendekatan dengan pelanggan lantaran targetnya biasanya usia sebaya. Kemampuan inilah yang membuat Kamu bisa mendapatkan keuntungan besar. Berikut cara memulai usaha di bidang rice bowl:

1. Riset

Langkah pertama yang bisa Kamu terapkan untuk mendapatkan untung besar dari usaha jualan rice bowl yaitu riset. Riset dapat dilakukan dengan menanyakan kebutuhan yang ingin didapatkan oleh pelanggan. 

Dengan tahapan ini Kamu bisa mengetahui keinginan calon target pelanggan terhadap produk rice bowl. Kamu juga bisa melakukan analisis dengan cara melihat brand kompetitor. Hal ini bertujuan untuk mengupayakan kepuasan dari calon pelanggan. 

2. Membuat Target 

Setelah melakukan riset pasar Kamu juga harus membuat target pembelian. Menurutku pembuatan target harus disesuaikan dengan produk yang ditawarkan. Sejumlah pengusaha berpendapat bahwa target pasar bisa dimulai dari skala paling kecil. 

Jika Kamu masih pelajar, akan sangat efektif jika target penjualan utama dilakukan terhadap pihak sebaya. Hal ini lantaran memudahkan Kamu untuk memahami segala permintaan dan keinginan calon pelanggan hanya dengan pendekatan. 

3. Buat Varian Menu

Jika target pasar sudah diketahui, Kamu bisa langsung membuat varian menu. Hampir semua orang pasti menginginkan pembelian dengan varian menu beragam. Untuk rice bowl, Kamu bisa mencoba menu ayam katsu dan lain-lainnya. 

Pembuatan varian menu yang beragam membuat pelanggan tidak mudah bosan. Bahkan Kamu juga bisa menerapkan konsistensi dalam membuat menu baru dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dilakukan sebagai strategi meningkatkan penjualan. 

4. Buat dengan Bahan Berkualitas

Semua pembeli pasti menginginkan bahan berkualitas pada produk makanan ataupun barang. Hal ini juga berlaku pada bisnis rice bowl atau makanan dalam box. Pilih bahan yang berkualitas dan layak dikonsumsi agar menarik perhatian banyak orang. 

Dalam tahapan ini Kamu juga harus memiliki keahlian memasak. Jika memang belum bisa, sebaiknya menggunakan jasa dari pihak tertentu agar tidak kehilangan pelanggan setia. Terlebih rasa merupakan indikator kesuksesan bisnis kuliner terutama skala kecil.

5. Packing Menarik

Selain mempersiapkan makanan yang akan dijual, Kamu juga harus mengupayakan packing menarik pada bisnis rice bowl. Terlebih hampir semua orang melihat segala sesuatu dari kemasan. Aku sendiri juga termasuk tipikal orang yang seperti itu. 

Sehingga tidak ada salahnya Kamu mengoptimalkan packing menarik dalam mengembangkan bisnis penjualan rice bowl. Jangan lupa sertakan brand pada kemasan agar rice bowl buatan Kamu semakin dikenal oleh orang-orang. 

6. Open PO dan Promosi

Sejumlah pelajar yang berjualan biasanya menerapkan sistem pree order. Hal ini bertujuan agar dagangan yang dibuat laku dan produksi menyesuaikan jumlah pesanan. Cara ini juga bertujuan untuk menghindari potensi kerugian. 

Agar saat masa PO laris, Kamu harus melakukan promosi secara online. Promosi secara online seperti membuat status di WA, story' Ig, dan masih banyak lagi. Dengan begitu besar potensi jualan Kamu laris manis. 

Dengan menerapkan strategi bisnis rice bowl di atas, Kami bisa meraih keuntungan besar. Pastikan buat pembukuan keuangan agar laba bisa diketahui dengan jelas. Terapkan ilmu lain juga yang terdapat pada artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar