Modal Singkong dari Kebun, Ini Ide Bisnis yang Bisa diterapkan Sebagai Investasi jangka Panjang

 

Getuk merupakan olahan dari singkong yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis
Getuk merupakan olahan dari singkong yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis

CariUang - Singkong merupakan salah satu makanan pokok yang cukup populer di Indonesia. Singkong dapat dijadikan sebagai ide bisnis untuk mendapat keuntungan besar. Terlebih cara budidaya singkong cukup mudah dan biaya yang diperlukan murah. 

Ide Bisnis dari Olahan Singkong yang Potensi Datangkan Keuntungan Tinggi

Untuk memulai ide usaha dengan modal singkong terlebih dahulu Kamu harus punya tujuan akan dibuat apa bahan tersebut. Dalam tahapan ini Kamu harus berfikir kreatif untuk memanfaatkan singkong. Berikut olahan singkong yang bisa dijadikan usaha:

1. Kripik Singkong

Kripik singkong merupakan camilan ringan yang bergizi dan sehat. Kamu bisa menjadikan produk olahan satu ini sebagai ide jualan untuk mendatangkan keuntungan besar. Kripik singkong bisa dibuat dengan memanfaatkan sejumlah alat sederhana. 

Memulai usaha ini Kamu harus kreatif pasalnya daya saing cukup ketat. Untuk meningkatkan kreatifitas, Kamu bisa menawarkan berbagai varian kripik singkong dan mengemasnya secara unik. Keahlian desain kemasan perlu Kamu asah dalam tahap ini.

2. Singkong Keju

Singkong goreng kerap dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makanan ketuka kumpul bersama. Namun bagaimana jadinya jika singkong goreng dibuat lebih unik? Ya belakangan ini cukup populer singkong goreng yang ditaburi parutan keju di atasnya.

Menu ini seringkali disebut dengan singkong keju. Kamu bisa berjualan dengan menbuka lapak ataupun memanfaatkan aplikasi jualan makanan online. Menurutku, singkong keju terasa lezat jika hangat, jadi Kamu bisa menerapkan sistem dadakan.

3. Tape Singkong

Tau nggak sih singkong bisa difermentasikan? Ya singkong bisa difermentasikan untuk dijadikan makanan berupa tape. Ide bisnis satu ini cukup potensial mengingat tape bisa digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan berbagai produk. 

Kamu bisa mengemas tape singkong dengan mika atau wadah lain yang potensial. Buat Brand menarik agar orang lain atau calon konsumen bisa menaruh kepercayaan pada produk tape singkong yang Kamu buat. 

4. Cenil

Makanan tradisional warna-warni atau lebih sering disebut dengan cenil terbayar berbahan dasar singkong. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai saalh satu ide jualan paling potensial. Biasanya cenil dibaluri dengan parutan kelapa sehingga gurih. 

Dalam menjalankan ide bisnis satu ini, Kamu harus pandai membuat kemasan menarik. Kenapa harus membuat kemasan menarik? Hal ini bertujuan agar banyak orang penasaran dan penjualan lebih mudah menjangkau konsumen. 

5. Kolong Singkong

Punya bentuk mirip donat, kolong singkong cukup digemari sejumlah kalangan. Menjadikan cemilan ini sebagai ide bisnis tentu bukan hal yang buruk. Dalam produksi kolong singkong Kamu perlu menerapkan keahlian analisis SWOT. 

Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk pulang ke kampung halaman. Menariknya setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam menyajikan kolong singkong. Kamu bisa membuat hal unik lain atau variasi berbeda agar laris manis. 

6. Tiwul

Ingat singkong pasti langsung terpikir dengan tiwul bukan? Tiwul merupakan nasi yang terbuat dari singkong. Produksi tiwul terbukti mampu janjikan keuntungan besar sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu ide bisnis bermodalkan singkong. 

Jika biasanya tiwul dibungkus menggunakan plastik bening, Kamu bisa menerapkan ide lain agar menarik minat pembeli. Pengemasan sebaiknya dilengkapi juga dengan brand dan logo sehingga mudah populer. 

Ide bisnis bermodalkan singkong bisa diterapkan dengan mengupayakan sejumlah olahan. Agar bisnis berjalan dengan lancar Kamu bisa mempelajari sejumlah pengembangan usaha melalui artikel di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar