Intip Potensi Bisnis Budidaya Ikan Tenggiri

 

Budidaya ikan tenggiri menjadi usaha yang cukup potensial
Budidaya ikan tenggiri menjadi usaha yang cukup potensial
( Dok. Istimewa)


CariUang – Ikan tenggiri menjadi salah satu bahan pembuatan makanan sekaligus lauk sehat bagi semua orang. Terlebih banyak sekali usaha di bidang kuliner yang membutuhkan ikan tenggiri. Tidak heran lagi jika trik budidaya tenggiri dipelajari.

Trik Budidaya Ikan Tenggiri Skala Menengah

Rata-rata budidaya tenggiri dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan. Menurut aku pribadi, makanan yang terbuat dari ikan tenggiri memiliki rasa khas. Berikut ini sejumlah trik agar budidaya tenggiri berjalan dengan lancar:

1.Menyiapkan Benih    

Trik pertama yang harus Kamu lakukan agar budidaya tenggiri memberikan hasil besar yaitu dengan memilih benih berkualitas. Kamu bisa memilih benih dari suatu tempat penyedia. Biasanya setiap tempat ada pusat informasi secara terperinci.

Kamu bisa baca informasi dan pertimbangkan testimoni dari pembeli lama untuk mendapatkan bibit tenggiri berkualitas. Pastikan bibit ikan tenggiri yang dibeli dalam kondisi sehat dan tidak ada cacat fisik.

2. Perhatikan Kepadatan dari Kolam

Setelah membeli bibit ikan tenggiri tentu Kamu harus meletakkannya ke kolam. Pastikan ukuran kolam tersebut ideal. Kolam tenggiri yang ideal yakni per 150-200 ukurannya satu meter kubik. Semakin bertambah usia jumlah ikan harus dikurangi.

Tujuan pengurangan tersebut agar ikan bisa hidup dengan nyaman dan terhindar dari stress. Pasalnya ikan yang ditempatkan di kolam sempit cenderung berpotensi mengalami kematian paling tinggi. Ha ini berdasarkan pendapat sejumlah petani.

3.Pemberian Pakan

Dalam usaha budidaya tentu saja Kita harus memberikan kebutuhan pakan. Saat Aku masih kecil dulu, pernah dibelikan ikan hias dan kelupaan tidak diberi makan selama 2 setengah hari. Alhasil ikan tersebut mati karena kebutuhan pakan rendah.

Hal ini membuat Kamu harus memastikan bahwa kebutuhan pakan dari ikan tenggiri tersebut terpenuhi. Berapa idealnya pemberian pakan? Menurutku dan sejumlah petani, pemberian pakan paling ideal sebanyak 3 kali dalam sehari seperti manusia.

4. Pemberian Vitamin

Ikan tenggiri juga membutuhkan vitamin untuk merangsang nafsu makan. Cara ini wajib diterapkan oleh sejumlah petani ikan tenggiri terlebih saat musim wabah berlangsung. Pemberian vitamin biasanya dilakukan bersamaan dengan pakan.

Sejumlah petani ikan juga menyarankan jika terdapat tenggiri yang mati mendadak sebaiknya langsung angkat dan perhatikan kondisi lainnya. Ikan yang lambat atau sakit sebaiknya dipisahkan sehingga tidak menular.

5. Pengembangbiakan

Budidaya ikan tenggiri bisa dikatakan berhasil jika ukuran semakin besar dan jumlah meningkat. Kamu juga wajib mengenali ciri-ciri ikan tenggiri yang siap dipijahkan. Menurutku, ikan tenggiri siap dipijahkan jika berusia lebih dari 6 bulan.

Kamu harus mempersiapkan kolam khusus untuk pemijahan. Hal ini bertujuan agar ikan yang dipijahkan menghasilkan benih berkualitas sebagai persiapan budidaya selanjutnya.

FAQ

Berapa Modal untuk Budidaya Ikan Tenggiri?

Modal untuk budidaya tenggiri tergantung dengan skala usaha yang sudah meliputi alat, pakan, hingga bibit. Secara keseluruhan modal berkisar 60-120 Juta.

Apakah Modal Termasuk Biaya Operasional?

Kisaran modal yang dipersiapkan belum termasuk dengan biaya pemeliharaan atau operasional. Setiap bulannya Kamu harus menyiapkan biaya operasional sesuai kebutuhan.

Kemana Tujuan Distribusi Budidaya Tenggiri

Tujuan distribusi ikan tenggiri bisa untuk pembibitan, bahan makanan di resto hingga bahan pokok olahan kuliner seperti otak-otak hingga kerupuk amplang.

Apa yang Mempengaruhi Kesuksesan Budidaya Tenggiri?

Menurutku, budidaya tenggiri akan sukses jika semua proses dilakukan secara totalitas. Kamu juga perlu meningkatkan kemampuan beternak ikan tenggiri agar proses budidaya semakin berkembang.

Budidaya ikan tenggiri akan sukses jika Kamu menerapkan sejumlah tips dan trik tersebut. Jangan lupa tingkatkan keahlian beternak agar budidaya berkembang. Pelajari tutorial budidaya lainnya dengan membaca artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar