Trik Sukses Budidaya Ikan Nila Kolam

 

Budidaya ikan nila bisa memakai kolam sesuai kapasitas dan jumlah benih


CariUang- Saat ini sudah banyak pemuda yang beralih profesi dengan menekuni budidaya ikan nila kolam. Cara budidaya ikan nila di dalam kolam tergolong cukup praktis ketimbang memelihara di keramba. 

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Nila Kolam?

Untuk membudidayakan ikan nila di dalam Kolam terlebih dahulu Kamu harus mempersiapkan kebutuhan pembuatan media. Dalam hal ini Kamu diharuskan pandai menghitung modal. Berikut cara budidaya ikan nila di dalam kolam agar panen banyak:

1. Buat Kolam 

Langkah pertama yang harus dipersiapkan untuk budidaya ikan nila yaitu mempersiapkan kolam. Kamu bisa membuat kolam di dalam tanah dengan mengecor semen ataupun mempersiapkan terpal sebagai wadah memelihara ikan nila. 

Lebih disarankan memilih ada di dalam kolam yang telah dicor lantaran tidak rawan kebocoran. Buat Kolam menyesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan. Hindari membuat kolam terlalu sempit agar ikan nila tidak terlalu stress. 

2. Bersihkan Kolam

Setelah kolam untuk budidaya selesai dibuat, Kamu harus membersihkannya memakai air. Pastikan saat membuat Kolam Kamu juga menyediakan saluran pembuangan sehingga air selalu dalam kondisi bersih. 

Selain membersihkan Kolam, Kamu juga harus memastikan bahwa kandungan semen di dalam kolam tersebut telah mati. Hal ini lantaran berpengaruh besar terhadap hasil budidaya ikan nila yang Kamu lakukan. 

3. Isi Kolam dengan Air Kemudian Sebar Bibit Terpilih

Sebagian petani sambil menunggu kolam siap baisanya telah memilih pembibitan berkualitas. Hal ini bertujuan agar setelah kolam selesai dan steril bisa langsung digunakan untuk budidaya. Isi kolam sesuai wadah kemudian senar bibit yang terpilih.

Dalam memilih bibit Kamu juga harus selektif. Pastikan bibit tersebut berusia 45 hari dengan panjang tubuh sekitar 4-6 cm. Bibit yang sehat biasanya memiliki pergerakan cukup lincah sehingga tidak rawan mati.

4. Lakukan Perawatan

Trik sukses budidaya ikan nila kolam yakni melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan bisa diupayakan dengan membersihkan kolam, mencukupi kebutuhan pakan hingga memberikan pencegahan terhadap bakteri penyebab penyakit. 

Kamu juga bisa memisahkan ikan nila yang sedang sakit dengan lainnya. Sejumlah petani ikan beranggapan memisahkan bila yang sakit dengan ikan lainnya cukup efektif dalam memutus rantai penularan sehingga kerugian tidak begitu besar. 

5. Masa Panen

Ikan nila yang telah dibudidaya di dalam kolam bisa dipanen jika usia sudah memasuki 4-6 bulan. Biasanya ikan yang sudah siap panen mempunyai bobot lebih besar sehingga harga jual cukup tinggi. Hindari menjual ikan nila yang sedang sakit atau sekarat. 

Ikan nila yang sakit kurang baik untuk kesehatan manusia sehingga sudah seharusnya tidak dijual belikan. Ikan nila yang sial panen bisa Kamu distribusikan pada penjual ikan hingga rumah makan dengan menu utama berbahan dasar hewan tersebut. 

FAQ 

Berapa Modal yang diperlukan untuk Budidaya Ikan nila di Kolam?

Modal yang diperlukan untuk membudidayakan ikan nila di kolam, Kamu membutuhkan dana sekitar 60-70 juta. Biaya tersebut belum termasuk dengan operasional. 

Berapa Lama Perkembangan Budidaya Ikan Nila di Kolam Berlangsung?

Perkembangan budidaya ikan nila biasanya berlangsung antara 1-2 tahun namun ada juga petani yang melakukan panen saat nila berusia 6 bulan. 

Langkah Apa yang Perlu diterapkan Pasca Panen Ikan Nila?

Langkah setelah panen yang perlu Kamu terapkan yaitu menjual ke berbagai agen. Di sini Kamu harus memiliki kemampuan marketing yang mumpuni. 

Nah itulah trik sukses budidaya ikan nila kolam yang dapat diterapkan sebagai salah satu upaya meningkatkan penghasilan. Kamu bisa juga menerapkan ide budidaya lainnya berdasarkan rekomendasi artikel lain di website ini. 



Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar