Cocok untuk Peluang Bisnis, Ini Cara Budidaya bunga Mawar

Peluang usaha budidaya bunga mawar cukup menguntungkan lantaran modal relatif kecil
Peluang usaha budidaya bunga mawar cukup menguntungkan lantaran modal relatif kecil


CariUang
- Hampir semua perempuan pasti menyukai bunga mawar. Bahkan saat momentum tertentu bunga mawar banyak dicari oleh orang-orang. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai peluang bisnis budidaya bunga mawar dengan modal minim. 

Bagaimana Langkah Awal Memulai Usaha Budidaya Bunga Mawar?

Untuk memulai budidaya mawar Kamu harus mempersiapkan segala hal terutama modal. Modal dalam bentuk uang maupun keahlian di bidang pertanian. Berikut ini langkah awal untuk memulai budidaya mawar dengan modal kecil:

1. Pilih Bibit

Langkah pertama atau paling awal yang perlu Kamu siapkan sebelum budidaya mawar yaitu memilih bibit berkualitas. Pemilihan bibit dapat berupa hasil stek batang, okulasi, tanam biji ataupun mencangkok. 

Kamu juga bisa membeli bibit bunga mawar yang telah berusia 6 bulan jika menginginkan proses budidaya berjalan cepat. Tentu saja hal tersebut akan memakan biaya cukup besar. Meskipun begitu perawatan jauh lebih mudah dan praktis.

2. Siapkan Lahan

Setelah pemilihan bibit biasanya sejumlah petani menyambung langkah budidaya dengan menyiapkan lahan. Sebelum itu pastikan bibit telah bersemi dan ditanam pada media lain seperti pot maupun polybag. 

Dalam menyiapkan lahan, Kamu harus mampu mengendalikan gulma dan potensi hama. Hal ini bertujuan agar lahan untuk budidaya bisa memberikan hasil maksimal. Pengupasan lahan bisa juga Kamu wujudkan dengan cara pencabutan rumput.

3. Pemindahan Bibit

Setelah bibit bunga mawar dirasa kuat dan bisa dipindahkan, Kamu bisa langsung menanam ke lahan tersedia. Pastikan memindah secara perlahan agar akar bunga mawar tidak terputus. 

Akar mawar yang terputus membuat tanaman tersebut mati secara berkala. Jika Kamu kesulitan dalam memindahkan bibit, sobek polybag dari arah samping. Tidak sedikit dari petani memilih memindahkan bibit mawar sekalian dengan polybagnya. 

4. Penyiraman

Sejumlah petani bunga mawar berpendapat bahwa budidaya akan efektif jika Kita rutin menyiram. Penyiraman mawar bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fotosintesis.

Dalam proses budidaya bunga mawar biasanya petani akan melakukan penyiraman setiap 1 hari dua kali saat musim kemarau. Saat musim penghujan, Kamu tidak perlu melakukan hal tersebut lantaran fotosintesis terpenuhi secara otomatis. 

5. Pemupukan

Apakah bunga mawar juga perlu dipupuk? Pertanyaan tersebut tentu sering kali diutarakan oleh sejumlah orang. Untuk keperluan budidaya, tanaman mawar perlu dilakukan pemupukan agar pertumbuhan maksimal.

Pemupukan dapat dilakukan untuk merangsang bunga ataupun daun. Kamu bisa menggunakan sedikit pestisida agar hasil segera terlihat. Namun, perlu digaris bawahi bahwa cara ini tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang.

6. Pemangkasan

Setelah bunga mawar dipanen petani biasanya melakukan pemangkasan. Menurutku cara ini efektif untuk memancing pertumbuhan batang baru. Pemangkasan bisa memakai pisau ataupun gunting yang telah diasah dengan maksimal. 

Tujuan lain pemangkasan yakni memperbanyak daun pada tanaman mawar. Dengan cara ini pertumbuhan dan produktivitas pada tanaman mawar bisa berjalan secara maksimal. 

FAQ

Berapa Modal dalam Budidaya Mawar?

Modal yang diperlukan untuk budidaya mawar tergolong cukup murah. Kamu hanya perlu biaya sekitar 3-6 juta saja. Namun jumlah modal menyesuaikan skala usaha.

Apa Kendala dalam Budidaya Mawar?

Kendala dalam budidaya mawar seperti bunga tidak tumbuh atau rontok sebelum dipanen. Hal ini harus diatasi dengan maksimal sehingga tidak terjadi kerugian.

Bagaimana Cara meningkatkan Produktivitas Bunga Mawar?

Untuk meningkatkan produktivitas Kamu harus melakukan perawatan seperti pemupukan, penyiraman hingga pemangkasan.

Cara budidaya bunga mawar bisa diterapkan oleh semua orang. Terlebih modal yang diperlukan relatif rendah. Pelajari informasi lain seputar budidaya dengan cara baca artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar