Cara Budidaya Bawang Merah agar Hasil Panen Terus Melimpah

 

Ilustrasi hasil panen jika cara budidaya bawang merah tepat
Ilustrasi hasil panen jika cara budidaya bawang merah tepat

CariUang - Bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap dibudidayakan oleh sejunlah petani. Hal ini lantaran bawang merah memiliki trik budidaya yang tergolong mudah sehingga cocok diterpakan petani pemula. 

Cara Budidaya Bawang Merah Paling Mudah

Untuk mendapatkan hasil panen meningkat, terdapat langkah-langkah menanam bawang merah. Budidaya bawang merah dapat dilakukan di ladang ataupun pekarangan rumah secara hidroponik. Berikut panduan budidaya bawang merah untuk pemula agar melimpah:

1. Memilih Benih

Tahapan pertama yang bisa Kamu lakukan untuk budidaya bawang merah pemula. Bagi petani yang membudidayakan bawang merah rata-rata memilih benih dari orang yang telah handal. Benih bawang merah yang bagus hendaknya disimpan selama 2 bulan. 

Menurut pendapat sejumlah petani, bibit bawang yang bagus memiliki panjang 1,5 cm - 2 cm. Fisik bunuh bawang merah yang bagus memiliki ukuran sempurna dan tidak gampang busuk. Dengan memilih bibit berkualitas membuat budaya bawang merah pemula berjalan lancar. 

2. Penyiapan Lahan Pertanian

Langkah-langkah menanam bawang merah berikutnya yaitu mempersiapkan lahan. Lahan bisa di ladang ataupun pekarangan rumah. Buat lubang dengan kedalaman sekitar 20 cm dan jarak antara tanaman sekitar 50 cm. 

Dalam buku panduan budidaya bawang merah tersebut sebaiknya ditaburi pupuk terlebih dahulu. Tujuan pemberian pupuk yakni agar lahan semakin subur dan pertumbuhan bawang merah semakin maksimal sehingga memberikan untung besar. 

3. Penanaman

Budidaya bawang merah untuk pemula membutuhkan penanaman. Sebelum memulai proses tanaman, biasanya petani merendam bibit sekitar 15 menitan. Dibutuhkan keahlian dalam merapkan langkah-langkah menanam bawang merah agar budidaya lancar. 

Perendaman menggunakan air biasanya turut dicampur dengan pupuk organik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sejumlah penyakit dan bakteri pada benih bawang merah. Hal ini juga disarankan oleh sejumlah petani terhadap sekotor budidaya bawang merah untuk pemula. 

4. Pemupukan

Menurut pengalamanku pribadi, proses menanam bawang merah yang tidak kalah penting yaitu tahapan pemupukan. Kapan pemupukan bisa dilakukan? Menurut pengalamaku pribadi, pemupukan baiknya dilakukan setelah 7 hari proses tanam. 

Bagi petani yang masih pemula baiknya melakukan pemupukan sesuai takaran. Cara budidaya bawang merah akan efektif jika pemupukan dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Hindari memakai pestisida terlalu banyak. 

5. Pengairan 

Sama halnya dengan proses budidaya tanaman lain, bawang merah juga membutuhkan pengairan. Pengairan bawang merah hendaknya dilakukan tidak terlalu sering dan jadanh. Hal ini bertujuan agar proses budidaya tetap berjalan dengan lancar. 

Panduan budidaya bawang merah juga membutuhkan penyiangan. Penyiangan berarti evaluasi jika terdapat bibit kurang berkualitas dan menghambat proses budidaya. Ganti bibit tersebut dengan yang lebih berkualitas agar kedepannya hasil panen melimpah. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk budidaya bawang merah?

Modal yang diperlukan untuk memulai budidaya yakni mulai dari 10-15 juta tergantung dengan skala usaha. 

Kenapa budidaya bawang merah sering rugi?

Kerugian budidaya bawang merah sering mengalami kerugian lantaran terserang hama hingga benih busuk sendiri. 

Dimana saya bisa mendapatkan bibit bawang merah?

Kamu bisa mendapatkan bibit bawang merah dengan melakukan pembelian ke petani yang telah ahli di bidang pertanian. 

Cara budidaya bawang merah tergolong cukup mudah dan membutuhkan modal rendah. Agar budidaya meningkat pastikan untuk selalu mengikuti buku panduan budidaya. Baca juga artikel tentang budidaya lain dengan memgaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar