Cocok dikembangkan Pemuda, Ini Tips Memulai Kafe Bisnis


Kafe bisnis bisa dijadikan refrensi usaha kekinian


CariUang - Kafe merupakan tempat yang memberikan layanan kulineran ringan bagi semua kalangan. Tidak sedikit dari hal tersebut memunculkan ide kafe bisnis untuk mendapat penghasilan tambahan. Terlebih bisnis ini mudah diterima oleh semua orang. 

Strategi Memulai Kafe Bisnis agar Semakin Untung

Berdasarkan pengalaman sejumlah owner kafe, untuk memulai bisnis ini diperlukan rancangan yang matang. Hal ini bertujuan agar usaha yang dijalankan berkembang pesat. Berikut ini beberapa strategi untuk memulai bisnis kafe yang dapat diterapkan:

1. Memiliki Rancangan Jelas

Dikutip dari paydia, suatu usah kafe harus memiliki rancangan jelas. Rancangan tersebut meliputi modal, konsep, tenaga ahli yang disediakan, menu utama, dan masih banyak lagi. Dengan pembuatan rancangan jelas, Anda lebih mudah menjalankan usaha

Dalam memilih tim terlibat, Anda harus menyesuaikan dengan keahlian. Misal individu A memiliki kemampuan dalam bidang keuangan, maka tempatkan di bagian kasir. Hal ini berlaku juga pada bagian lain. Tujuan tips ini agar pekerjaan tim lebih profesional. 

2. Update Skill

Selain menyiapkan rancangan, Anda harus senantiasa memperbarui kemampuan. Hal ini bertujuan agar pemilik usaha dapat memberikan contoh baik pada staff lain. Tidak sedikit owner kafe sukses memberikan pelatihan tepat guna kepada tim terlibat. 

Tujuan pelatihan dan update skill yakni seluruh tim terlibat semakin ahli di bidangnya dan memiliki kontribusi maksimal pada usaha kafe milik Anda. Agar pelatihan staff semakin meningkat, Anda juga bisa melibatkan staff eksternal.

3. Buat Menu Kreatif

Pembeli yang datang ke kafe tentu ingin mendapatkan menu berbeda dari tempat lainnya. Hal ini tentu wajib menjadi perhatian pemilik kafe supaya membuat menu yang variatif dan tidak menjiplak dark kafe lain. 

Menu yang biasa tentu terasa membosankan bagi pembeli atau pelanggan. Jika memakai menu yang sama, Anda wajib memberikan sedikit perbedaan. Tentu hal ini bisa diwujudkan atas kerja sama dengan tim dari bagian cooking agar menu disukai.

4. Membuat Logo dan Brand Menarik

Indikator pertama yang menarik perhatian seseorang saat mengunjungi kafe yaitu logo. Semakin familiar logo tersebut maka potensi dikenal oleh banyak orang cukup tinggi. Salah satu brand kuliner kafe yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Starbucks.

Starbucks sudah terkenal sebagai jajaran brand penjual makanan dan minuman kafe terbaik. Hal ini membuat orang selaku mencari kafe tersebut saat mengunjungi suatu tempat. Sehingga bsia disimpulkan logo dan brand mempengaruhi suatu usaha. 

5. Tingkatkan Layanan

Dalam memulai usaha kafe tentu layanan yang disediakan yaitu penjualan makanan dan minuman ringan. Anda harus menyiapkan layanan maksimal seperti update menu, mempercantik dekorasi, dan membiasakan sifat ramah tamah terhadap pelanggan. 

Belajar dari kafe ternama, rata-rata tempat tersebut menambah layanan lain seperti live music. Tentu hal ini menjadi nilai plus yang membuat pelanggan berpotensi datang lagi di kemudian hari. Pastikan juga menjaga kebersihan agar pembeli tidak kapok kembali.

6. Promosi

Kafe bisnis semakin berjalan lancar jika melakukan promosi. Untuk mengupayakan hal ini Anda harus meningkatkan kemampuan dalam editing, pembuatan kalimat persuasif, hingga mengelola konten sosial media sebagai alternatif untuk melakukan promosi. 

Untuk memulai promosi, Anda bisa menyiapkan aplikasi editing seperti canva. Setelah editing selesai potong flayer dan sertakan foto-foto terkait dengan kafe di sosial media. Cara ini bertujuan pula sebagai informasi tambahan kepada calon pembeli yang akan datang. 

Dengan strategi kafe bisnis tersebut anak mudah bisa meraup keuntungan ratusan juta. Pastikan selalu menjaga hubungan dengan customer dan tim terlibat. Hal ini bertujuan agar tercipta suatu bisnis kafe yang memberikan keuntungan bagi semua pihak. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar