Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu Bagi Anak Kos

 

Membawa bekal bisa dijadikan sebagai cara menghemat uang 100 ribu seminggu

CariUang - Menghemat uang menjadi salah satu cara seseorang untuk menabung. Lantas apakah semua orang bisa berhemat? Sebenarnya semua orang bisa hemat asal Kamu membiasakan diri. Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu bisa dicoba. 

Bagaimana Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu?

Untuk menghemat uang 100 ribu dalam seminggu terdapat sejumlah cara yang bisa Kamu terapkan. Dulu zaman SMA Aku juga menerapkannya agar pengeluaran lebih hemat. Berikut ini sejumlah cara agar uang 100 ribu hemat dalam waktu seminggu:

1. Biasakan Sarapan dari Kos

Bagi Kamu anak rantau yang bekerja atau menempuh pendidikan biasakan sarapan dari kos. Dengan sarapan setidaknya uang yang harusnya Kamu pakai untuk membeli sarapan di kantin atau warteg bisa disisipkan atau ditabung sebagai biaya jaga-jaga. 

Meniadakan sarapan di kos membuat seseorang lebih hemat tanpa perlu mengurangi porsi makan. Cara ini bisa Kamu terapkan agar uang 100 ribu bisa hemat dan cukup dalam kurun waktu sekitar 1 Minggu. 

2. Bawa Bekal

Selain membiasakan sarapan dari kos, agar uang 100 ribu bisa hemat dan cukup untuk seminggu Kamu bisa membawa bekal. Bawa bekal yang sesuai porsi makan Kamu sehingga pengeluaran tidak banyak. Kamu bisa bawa nasi atau roti sebagai bekal. 

Dalam dunia kerja ataupun pendidikan cara ini bukanlah hal yang baru. Pasalnya sebagian orang memilih membawa bekal saat bekerja ataupun sekolah lantaran lebih sehat dan hemat. Dengan begitu pengeluaran menipis dan kesehatanmu tetap terjaga. 

3. Hemat Biaya Transportasi

Agar uang 10 ribu hemat, Kamu juga perlu mengurangi biaya transportasi. Untuk mengurangi biaya transportasi, Kamu bisa membiasakan diri jalan kaki hingga naik kendaraan umum. Kendaraan umum biasanya dibanderol dengan harga cukup murah. 

Memakai kendaraan umum atau sesekali jalan kaki jika jarak dekat membuat Kamu tidak perlu mengatur keuangan untuk membeli bensin. Terlebih harga bensin seringkali mengalami kenaikan. Hal ini tentu menjadi salah satu cara hemat paling efektif. 

4. Kurangi Jatah Belanja

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu bisa Kamu upayakan dengan mengurangi belanjaan. Hindari membeli segala sesuatu yang bersifat belum terlalu penting. Hal ini sangat penting untuk diterpakan lantaran mempengaruhi pengeluaran.

Lantas bagaimana cara mengurangi jatah belanja? Untuk mengurangi jatah belanja Kamu bisa beli barang dengan nilai ganda, memakai promo, hindari membeli jika belum terlalu butuh dan lain-lain. Dengan cara ini pengeluaran mingguan tidak terlalu banyak. 

5. Tidak Terlalu Sering Hang Out

Menurut pendapat sejumlah pemuda, uang bisa habis begitu saja lantaran keseringan nongkrong atau hang out. Kamu bisa memulai langkah hemat dengan mengurangi yang out. Jadwal hang out atau nongkrong yang berkurang membuat pengeluaran menipis. 

Namun Kamu juga perlu membuat jadwal nongkrong sebagai alternatif berbaur dengan orang lain. Hindari memilih tempat nongkrong atau hang out yang bersifat mahal atau mewah. Hal ini lantaran membuat gaya hidup hemat gagal secara keseluruhan. 

6. Buat Rencana Pengeluaran

Agar uang 100 ribu cukup untuk satu Minggu biasanya aku membuat rencana pengeluaran dalam kurun waktu tersebut. Pembuatan rencana anggaran meliputi jatah makan, biaya transportasi, saku, hingga kuota internet. 

Dengan membuat rencana pengeluaran Kamu juga bisa memastikan bahwa dalam kurun waktu tersebut hemat atau tidak. Dalam Membuat rencana pengeluaran dibutuhkan keahlian dalam perhitungan dan management keuangan. 

Bagaimana cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu bagi anak kos? Cara hemat uang 100 ribu bisa Kamu lakukan dengan alternatif di atas. Biasakan hidup hemat agar bisa menabung. Pelajari juga cara cari uang dari artikel di website ini sebagai penambah pendapatan. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar