Cara Menabung Uang Jajan 2.000 untuk Anak SD agar Cepat Terkumpul


Cara menabung uang jajan 2.000 bisa dimulai dengan cara hidup hemat


CariUang - Cara menabung uang jajan 2.000 bisa Kamu upayakan dengan membuat celengan. Dengan menabung Kamu akan terbiasa untuk hidup hemat sehingga kedepannya bisa menghargai uang tanpa memandang jumlah besar atau kecil. 

Bagaimana Cara Menabung Uang Jajan 2.000 untuk Anak SD?

Agar nabung berjalan lancar, tersisa beberapa tips jitu yang dulunya juga saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasakan untuk selalu menghargai nominal uang sehingga proses menabung lancar. Berikut cara menabung dengan uang jajan sekitar 2.000:

1. Buat Target

Sebelum menabung, Kamu harus memiliki target yang hendak dicapai. Sebagai contoh Kamu ingin membeli barang dengan harga tertentu, lihat dulu harganya. Setelah diketahui harga buat strategi menabung sesuai uang jajan yang dimiliki. 

Kamu juga harus membuat jangka waktu atau masa menabung hingga uang memenuhi target. Misalnya ingin membeli jam tangan seharga Rp 200.000 dengan uang jajan Rp 2.000 maka kumpulkan Rp 1.000 selama 7 bulan. 

2. Jangan Pakai Uang Tabungan Sediktpun

Dalam menabung Kamu harus mempunyai keahlian dalam memanajemen keuangan. Hindari mengambil tabungan tanpa pertimbangan secara matang. Hal ini membuat proses menabung yang telah Kamu jalankan gagal total. 

Gunakan uang jajan setengahnya sementara yang setengah untuk menabung. Jika uang jajan yang diberikan orang tua Rp 2.000 maka pakai untuk membeli makanan ringan Rp 1.000 dan sisanya masukkan ke dalam celengan. 

3. Simpan Uang dalam Rekening Bank

Jika tujuan menabung untuk keperluan di masa yang akan datang, Kamu bisa meminta bantuan orang tua untuk menyimpan uang tersebut ke bank. Hal ini lantaran menabung di bank memiliki sejumlah keunggulan terutama dari segi bunga. 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya dan sejumlah orang, menabung di bank lebih efektif. Bahkan potensi uang hilang, dicuri, hingga kepakai cukup minim. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai salah satu investasi di masa mendatang. 

4. Biasakan Hemat

Pakar keuangan menjelaskan bahwa dengan menabung nilai saldo atau uang akan bertambah besar. Cara menabung uang jajan 2.000 bisa dimulai dengan membiasakan hidup hemat. Dengan begitu nilai uang yang terkumpul nantinya akan bertambah besar.

Sejumlah pepatah juga mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Memulai hidup hemat bisa dilakukan dari hal sederhana seperti tidak beli barang yang fungsinya belum terlalu penting hingga menghargai jeripayah orang tua dalam mencari uang. 

5. Jualan di Sekolah

Zaman dulu banyak anak yang diberi uang jajan ditabung semua untuk berjualan. Dengan jualan Kamu bisa menyisihkan uang jajan 2.000 sehingga cepat terkumpul. Beberapa ide jualan yang bisa Kamu terapkan mulai dari nasi hingga kue kecil-kecilan.

Jika dapat keuntungan dari hasil jualan, pakai untuk menabung secara keseluruhan. Dengan berjualan di sekolah Kamu juga bisa belajar untuk terbiasa mandiri hingga tidak kaget saat sudah dewasa. 

6. Bawa Bekal 

Cara lain yang bisa ditempuh agar uang jajan 2.000 dapat ditabung yaitu membawa bekal dari rumah. Dengan membawa bekal, Kamu tidak perlu lagi menggunakan uang jajan yang diberikan oleh orang tua sehingga bisa ditabung secara keseluruhan. 

Bekal yang bisa Kamu bawa ke sekolah dapat berupa nasi hingga roti. Dengan membawa bekal, Kamu akan terbiasa hidup hemat dan target tabungan dapat terkumpul lebih cepat. 

Itulah cara menabung uang jajan 2.000 untuk anak SD agar cepat terkumpul. Dengan menabung, Kamu akan mudah management keuangan. Pelajari sejumlah cara mendapatkan uang dengan baca artikel di website ini sebagai. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar