Risma TKW Lulusan SD yang Kini Sukses jadi Owner Bisnis

Ilustrasi bisnis kuliner
Ilustrasi bisnis kuliner 


 CariUang - TKW menjadi profesi yang seringkali menjadi bahan cibiran oleh sejumlah kalangan masyarakat. Padahal dari segi pekerjaan TKW tidak memandang latar belakang pendidikan sehingga bisa dilakukan oleh sejumlah kalangan masyarakat bahkan yang tidak pernah merasakan bangku pendidikan sama sekali. 

Hal ini sepertinya juga dialami oleh Risma, salah satu TKW asal Madura Jawa Timur yang kini sukses usai bekerja di Arab Saudi. 

"Tak lulus SD. Risma menceritakan saat dirinya masih kecil tepatnya saat kelas 5 SD, karena kondisi dia tidak menamatkan sekolah dan ikut orang tua yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi," ujar narator dalam video tersebut.

Risma merupakan salah satu diantara TKW sukses yang berhasil mengubah nasib usai bekerja. Dari segi pendidikan memang Risma bisa dibilang gagal lantaran dirinya hanya lulusan SD. Namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan baginya untuk menjemput kesuksesan meskipun harus merantau terlebih dahulu. 

Di Arab Saudi Risma bukanlah asisten rumah tangga melainkan sebagai penjual makanan atau catering. Dengan mengikuti kedua orang tuanya bekerja di Arab Saudi dirinya benar-benar bisa membuktikan bahwa kesuksesan tidak dilihat dari segi pendidikan. 

Walaupun banyak sekali rintangan dan juga halangan yang terkadang menyulitkannya, hal tersebut mampu diatasi oleh Risma. Kemunculan Risma di Indonesia ini sangat menarik perhatian banyak orang terutama warganet. 

Bagaimana tidak? Risma muncul saat mudik lebaran ke Indonesia dengan menggunakan emas seberat 3 kg. Emas yang dibawa oleh Risma tersebut juga harus terkena pajak hingga Rp 360 juta. 

Usut punya usut ternyata Risma ini sudah viral sejak tahun 2022. Bahkan dirinya sempat diundang dalam acara channel YouTube Faiz Slamet pada Rabu, 3 Agustus 2022. Berkat pengalamannya di Arab Saudi, Risma mempunyai usaha katering sendiri. 

Bahkan karena usahanya terbilang cukup maju, Risma berhasil memenuhi rekening banknya dengan pundi-pundi uang hingga milyaran rupiah. Meskipun usaha katering miliknya tak terletak di Indonesia, namun cukup terkenal di Arab Saudi. 

Diketahui usaha katering milik Risma ini terletak di Makkah, Jeddah, Madinah hingga Taif di Arab Saudi. Dilansir dari Bangkapos, Risma mengaku bahwa selama ini usaha tersebut berdasarkan pengalamannya sendiri. Bahakan dirinya tidak pernah bekerja di perusahaan sama sekali. 

Kini Risma berhasil menjadi owner katering dan juga camilan ringan di Arab Saudi. Tak cukup hanya itu saja, Risma juga mengaku bahwa kini telah mempunyai usaha di bidang persewaan tempat. Hal ini dilakukan Risma dengan menjalankan kerja bersama Ustadz Abdul Djalil.

Tamu hotel milik Ustadz Abdul Djalil seringkali meminta catering dari Risma. Atau tamu Risma seringkali menginap di tempat Ustadz Abdul Djalil.

"Kalau kerjasama dengan sales, meskipun keuntungannya tipis tetapi pembayarannya lebih terjamin dari pada droping."

"Selain kemungkinan bermasalah kita juga akan kehabisan waktu kalau distribusinya dilakukan sendiri," jelas Risma dalam video yang dilansir dari YouTube Faiz Slamet.

Sementara bisnis jualan cemilan dibuat oleh Risma lantaran ingin mengisi kekosongan waktu selama pandemi. 

"Sebenarnya usaha camilan ini sekedar untuk mengisi waktu selama pendemi," pungkasnya. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar