Peluang Bisnis di IKN, Benarkah Kuliner Termasuk?

Ibu Kota Nusantara
Ibu Kota Nusantara
IG/ @ikn.id

 CariUang- Sejak pembangunan IKN muncul banyak masyarakat yang mulai memikirkan bisnis sesuai di wilayah tersebut. Terlebih saat ini banyak sekali investor yang melakukan pendanaan untuk pengembangan IKN tersebut sejak tahun 2024.

Table of Contents
 

Ragam Peluang Bisnis di IKN

Menurut sejumlah media, terdapat berbagai bisnis yang bisa diterapkan di IKN beberapa waktu kedepan. Apa saja? Berikut ini sejumlah peluang bisnis di IKN yang bisa dijadikan sebagai ladang pendapatan:

1. Kuliner

Di IKN restoran hingga warung makan masih sangat minim dan susah ditemukan. Hal ini membuat peluang bisnis kuliner bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan. Bahkan pemerintah menobatkan salah satu perusahaan ternama untuk memulai bisnis kuliner. 

Bagi Kamu yang memiliki keahlian di bidang tata boga sebaiknya memanfaatkan hal tersebut untuk memulai bisnis kuliner. Terlebih UMK di IKN tergolong tinggi sehingga penjualan cenderung menguntungkan dalam jangka panjang. 

Usaha kuliner
Usaha kuliner 

Untuk memenuhi pemasokan Kamu bisa melakukan pembelian dari daerah yang memiliki UMK rendah. Pasalnya daerah dengan UMR rendah biasanya menawarkan harga jual cenderung murah sehingga pemanfaatan bahan baku cenderung efektif. 

2. Transportasi

Kamu juga bisa membuka bisnis di bidang transportasi di IKN untuk mendapatkan keuntungan atau peluang investasi jangka panjang. Pasalnya akses transportasi di wilayah tersebut belum begitu padat layaknya kota-kota besar di Indonesia.

Manfaatkan sejumlah platform yang ada untuk memulai bisnis transportasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan layanan sekaligus pendapatan. Lakukan kerja sama dengan perusahaan tertentu untuk memperluas layanan kepada masyarakat. 

Meskipun penduduk IKN belum begitu banyak, Kamu dapat merencanakan bisnis ini sebagai planning masa depan. Siapkan kendaraan yang masih layak digunakan untuk memberikan pelayanan. 

3. Hotel

Layanan penginapan hingga villa di area IKN masih sangat jarang ditemukan. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh sejumlah kalangan masyarakat untuk melakukan investasi jangka panjang dengan mendirikan hotel. 

Untuk mendirikan hotel tentu dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Calon pengusaha bisa memanfaatkan keberadaan sektor swasta untuk mendapatkan pendanaan berupa saham. Cara ini tergolong efektif lantaran banyak pihak swasta yang berlomba-lomba mendorong perkembangan di IKN. 

Hotel
Hotel

Buat hotel ataupun penginapan yang legal dan tidak menyalahi aturan baik dadi segi peraturan hingga operasional. Pastikan agar pembuatan hotel juga mengikuti perkembangan zaman sehingga nantinya menarik pengunjung. 

4. Layanan Kesehatan

Di daerah IKN masih jarang dijumpai layanan kesehatan baik rumah sakit ataupun klinik. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mendirikan layanan kesehatan berupa klinik ataupun rumah sakit. Untuk mendirikan layanan tersebut dibutuhkan keahlian di bidang medis. 

Tidak hanya keahlian di bidang medis saja, Kamu harus mengurus legalitas hingga sertifikasi. Dengan begitu rumah sakit ataupun pusat layanan bisa memberikan manfaat bagi semua orang. 

Rumah sakit
Rumah sakit

Jika Kamu belum mempunyai keahlian di bidang kesehatan, bisa memanfaatkan keberadaan tim ahli atau kompeten. Hal ini bertujuan agar pelayanan lebih optimal dan sesuai kebutuhan masing-masing pasien yang datang. 

Peluang bisnis di IKN tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Dilansir dari sejumlah sumber terpercaya, pembangunan IKN juga sudah tergolong memasuki skala lumayan. Informasi dan berita hangat lainnya bisa didapat dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar