Bisnis Minuman Bawa Lulusan SMK Raih Kesuksesan

 

Ilustrasi perasan air lemon
Ilustrasi perasan air lemon

CariUang - Sepertinya kesuksesan memang tidak dilihat dari latar belakang pendidikan ataupun gelar. Hal ini dibuktikan oleh Muhammad Azka Farhan seorang pria lulusan SMKN 9 Bandung yang berhasil meraih kesuksesan di usia tergolong cukup muda. 

Pria yang sering disapa dengan Azka ini berhasil meraup keuntungan ratusan juta berkat bisnis rintisannya. Keberhasilan yang diraih Azka diwujudkan sejak dirinya berusia 18 tahun atau masih duduk di bangku SMK. 

Bisnis yang dijalankan oleh Azka bisa berjalan dengan lancar berkat dukungan proyek atau project based learning (PBL). Kurikulum tersebut membuat masa pendidikan lebih didominasi oleh praktik. Hal ini tentu bisa berdampak positif bagi siswa terutama Azka. 

"Kita jadi lebih kreatif menemukan ide-ide untuk menyelesaikan permasalahan. Apalagi saat praktik kerja lapangan (PKL), wawasan serta mental kita diasah. Kita bisa saling bertukar pikiran satu sama lain dan itu yang melatih mental saya dan sangat amat membantu saat menekuni kewirausahaan ini," ucap Azka dalam situs Vokasi Kemdikbud RI.

Kurikulum yang ada dimanfaatkan Azka untuk mengasah pengalaman di bidang bisnis. Hal itulah yang menjadikan Azka memilih untuk terjun ke dunia wirausaha meskipun usianya terbilang cukup muda. 

"Jadi, ya tidak ada gengsi-gengsian apalagi foya-foya. Saya memilih fokus berwirausaha agar bisa selangkah lebih maju dibanding yang lain dan menuju kesuksesan lebih cepat," terangnya.

Mulanya Azka memulai bisnis minuman. Ide ini berdasarkan pada kebiasaan keluarganya yang menyukai minuman perasan lemon. Terlebih sejak masa pandemi banyak sekali orang membutuhkan vitamin C yang mana salah satunya berasal dari lemon. 

"Saat COVID-19 saya sendiri merasakan manfaat sari lemon untuk tubuh. Dari situ muncul ide kenapa nggak jualan online sari lemon saja," ungkapnya.

Hal yang tidak kalah menarik dari perjalanan karir Azka, usai mulai merintis bisnis sekolahnya membuat pelatihan bisnis digital. Kala itu pihak sekolah bekerja sama dengan pemilik platform digital cukup ternama di Indonesia. 

"Kurikulum di sekolah ini sangat membantu untuk siswa yang ingin bisnis online dan kurikulum bisnis digital ini sesuai dengan mata pelajaran yang ada di SMKN 9 Bandung," jelas Azka.

Berkat keberadaan platform tersebut Azka mengaku mendapatkan ide mengembangkan bisnis. Bisnis minuman yang dijalankan Azka tersebut kemudian diberi nama OneD Lemon. Tidak sampai di situ, pria tampan ini juga turut praktik membuka toko online sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, pria yang berusia 20 tahun ini juga kerap membawa produknya ke sejumlah event. Hal ini dilakukannya untuk memperluas relasi bisnis dan juga menambahkan pengetahuan ilmu pengetahuan kewirausahaan. 

Pada tahun 2022 keuntungan yang didapatkan Azka menyentuh angka 100 juta per bulan. Berkat kesuksesan itulah itu, Azka berhasil dinobatkan sebagai Top 1 Jawa Barat Siswa Pencetak Wirausaha 2021-2022.

Menariknya bisnis minuman yang dikembangkan oleh Azka ini berhasil merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa rumah sakit dan layanan kesehatan sudah banyak yang mempercayai minuman tersebut. 

Reseller minuman buatan Azka juga tersebar di wilayah Indonesia. Azka ingin kedepannya bisnis yang dijalankan mampu membantu orang-orang terutama dari segi lapangan pekerjaan. 

"Harapan dan tujuan saya berjualan selain mendapatkan penghasilan dan keuntungan, dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan. Selain itu produk yang saya jual juga bermanfaat untuk masyarakat yang mengonsumsinya," ucapnya dalam unggahan Instagram Direktorat SMK Kemdikbud RI, dikutip Senin (8/1/2024).

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar