Tips Sukses Memulai Bisnis Minuman, Yakin Gak Mau Lirik?

 

Jualan minuman
Jualan minuman

CariUang - Tips sukses memulai bisnis minuman banyak diterapkan oleh pemilik UMKM. Pasalnya usaha ini dapat dijadikan sebagai sampingan oleh sejumlah kalangan baik ibu rumah tangga, pelajar, ataupun mahasiswa yang ingin memperoleh pendapatan tambahan.

Table of Contents
 

Ragam Tips Sukses Memulai Bisnis Minuman

Terdapat beberapa tahapan yang bisa ditempuh untuk mewujudkan usaha minuman Kekinian. Tentu hal ini diperlukan dengan tujuan agar usaha minuman kekinian mendapatkan keuntungan. Berikut ini sejumlah tips sukses memulai bisnis minuman:

1. Lakukan Survei Lokasi

Sebelum memulai usaha minuman Kekinian penting sekali bagi Kamu mengetahui lokasi berjualan. Dimana lokasi berjualan paling strategis? Lokasi jualan paling strategis bisa di depan rumah, depan sekolah, dekat kota dan masih banyak lagi. 

Kenapa lokasi harus dipertimbangkan? Hal ini memudahkan proses jualan dan mencari target marketing produk tersebut. Hindari memilih lokasi yang padat penduduk namun tidak ada target Marketing cocok untuk menjalin usaha. 

Riset lokasi
Riset lokasi

Sesuaikan lokasi tersebut dengan produk yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar nantinya proses bisnis tidak ada hambatan dari segi penjualan. Hampir semua orang melakukan survei lokasi sebelum memulai usaha di bidang tertentu. 

2. Siapkan Modal dan Rancangan Usaha

Setelah mengetahui lokasi berjualan yang tepat dan sesuai produk ditawarkan, langkah berikutnya yaitu membuat rancangan dan menyiapkan modal. Berapa modal yang diperlukan untuk menjual minuman kekinian secara kecil-kecilan?

Modal usaha minuman kekinian sekitar Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000. Untuk apa modal usaha minuman kekinian diperlukan? Modal usaha minuman kekinian diperlukan untuk membeli cup, sejumlah bahan, alat dan strategi marketing bisnis tersebut agar semakin luas. 

Jangan lupa juga untuk membuat rancangan usaha sehingga arah bisnis semakin luas. Biasanya rancangan dibuat dengan mempertimbangkan berbagai macam hal penting. Rancangan bisa dibuat dengan menyusun bagaimana tahapan jualan diterapkan. 

3. Siapkan Merk

Sebelum jualan tentu Kamu harus menyiapkan berbagai macam hal penting terutama peralatan. Tidak hanya peralatan saja, penting bagi Kamu untuk menciptakan brand sendiri. Brand atau merk bertujuan untuk meningkatkan branding ataupun penjualan. 

Manfaatkan keberadaan aplikasi desain untuk menciptakan brand sendiri. Diperlukan keahlian di bidang desain grafis dan analisis untuk mengupayakan suatu logo atau merk dagang. Buat brand atau merk yang unik dan menarik sehingga mudah diingat orang-orang. 

Semakin meningkat penilaian orang-orang terhadap brand tersebut maka besar potensi bisnis tersebut memberikan keuntungan besar. Biasanya merk mempengaruhi harga jual sehingga benar-benar harus diupayakan dengan seksama. 

4. Pakai Bahan Baku Berkualitas

Dalam membuat minuman kekinian tentu diperlukan sejumlah bahan baku. Tips sukses memulai bisnis minuman yakni dengan menyiapkan bahan baku berkualitas. Dimana aku bisa mendapatkan bahan baku minuman Kekinian? Dengan cara melakukan pembelian. 

Apa saja bahan baku minuman Kekinian? Bahan baku minuman kekinian dapat disesuaikan dengan jenis minuman yang dibuat. Sebagai contoh minuman tersebut Boba, maka bahan minuman kekinian meliputi Boba, susu, caramel, dan lain sebagainya. 

Pengupayaan bahan baku mempengaruhi kualitas rasa yang dihasilkan sehingga benar-benar harus didapatkan. Jangan lupa untuk membeli bahan baku dari brand atau merk ternama sehingga soal kualitas tidak perlu dipertanyakan lagi. 

5. Sediakan Berbagai Macam Jenis Minuman

Tips sukses memulai bisnis minuman yakni jika Kamu mampu menyediakan berbagai macam jenis produk tersebut. Apa saja jenis minuman yang sedang populer? Jenis minuman yang sedang populer meliputi Boba, es kopi susu, Thai Tes, alpukat kocok dan lain sebagainya. 

Penyediaan berbagai macam menu tersebut dapat disesuaikan dengan jenis minuman yang paling banyak diminati. Lakukan riset pasar seiring dengan meningkatnya usaha minuman yang dijalankan sehingga bisnis bersangkutan mengalami perkembangan. 

Jenis minuman
Jenis minuman

Bagaimana jika menu tersebut tidak dikembangkan? Menu tidak dikembangkan menyebabkan usaha tersebut sudah mengalami kemajuan. Hal ini tentu bisa memicu usaha mangkrak begitu saja terlebih jika pengelolaan tidak mengikuti perkembangan zaman. 

6. Buat Kemasan Menarik

H yang tidak boleh ketinggalan dalam mengupayakan bisnis minuman yaitu kemasan. Hampir semua pembeli menginginkan minuman dengan kemasan unik, praktis dan mudah dibawa pulang jadi sebaiknya Kamu membagi kemasan tersebut ke dua bagian. 

Bagi pembeli yang minum ditempat sebaiknya kemasan memanfaatkan keberadaan cup biasa. Namun jika minum dibawa pulang sebaiknya cari kemasan yang ada tutupnya. Hal ini mencegah minuman tumpah saat dibawa pulang ke rumah. 

Cup minuman
Cup minuman

Sediakan kemasan ke berbagai macam ukuran dan menyesuaikan harga. Cara ini telah diterapkan oleh hampir semua pemilik UMKM minuman. Dengan menyediakan berbagai macam kemasan maka proses jualan bisa memberikan keuntungan ganda. 

7. Lakukan Inovasi

Seiring berjalannya waktu Kamu harus berinovasi untuk menciptakan menu-menu baru. Tips sukses memulai bisnis minuman ini telah diterapkan oleh banyak orang sehingga tidak ada salahnya Kamu mencoba agar bisnis bersangkutan memberikan keuntungan. 

Bagaiamana cara melakukan inovasi? Kamu bisa melakukan inovasi dengan cara mencari beberapa menu yang potensial kemudian coba produksi dalam jumlah terbatas. Cara ini diklaim cukup efektif dalam meningkatkan penjualan minuman. 

Inovasi
Inovasi

Kenapa usaha perlu inovasi? Usaha yang tidak mengalami inovasi cenderung akan kalah saing dengan kompetitor. Terlebih jika Kamu tidak mampu melakukan inovasi setiap bulan maka besar potensi usaha mengalami keterlambatan. 

8. Buat Harga Terjangkau

Tidak hanya inovasi, tips sukses memulai bisnis minuman yakni dengan menetapkan harga terjangkau. Pastikan harga tersebut benar-benar terjangkau terutama oleh pihak target pasar. Berapa idelanya harga minuman Kekinian yang paling ideal?

Harga minuman Kekinian mulai dari Rp 5.000 per cup. Namun harga tersebut menyesuaikan dengan jenis minuman dan juga ukuran cup. Semakin enak dan populer minuman tersebut maka harga tentu mengalami kenaikan. 

Penetapan harga
Penetapan harga

Masalah harga Kamu juga bisa bandingkan dengan kompetitor. Jangan sampai mematok harga terlalu tinggi sehingga pembeli memilih melakukan pembelian di tempat lain yang menawarkan produk-produk minuman serupa dengan usaha mu. 

9. Penjualan Online

Beberapa UMKM di bdiang minuman banyak yang memanfaatkan digitalisasi sebagai salah satu bentuk meningkatkan jualan. Sebenarnya usaha ini tergolong cukup menguntungkan jika diterapkan terlebih saat ini digitalisasi telah mendarah daging. 

Penjualan minuman secara online dapat dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan Go Food, Grab Food dan lain sebagainya. Daftarkan usaha pada aplikasi-aplikasi yang mampu mengupayakan penjualan secara online sehingga kedepannya pendapatan meningkat. 

Menurut pendapat ku pribadi, jualan minuman secara online ini dapat dijadikan sebagai peluang baru. Kamu harus mampu mengupayakan produk menarik dan unik sehingga penjualan bisa habis. 

Jualan online
Jualan online

Trik memulai bisnis minuman bisa diupayakan dengan sejumlah tahapan tersebut. Pastikan agar bisnsi yang dijalankan penuh pertimbangan. Ilmu seputar bisnis dan usaha lainnya bisa dipelajari dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar