Tips Menjadi Food Vlogger Sukses, Cocok Bagi Pecinta Makanan

 

Food vlogger
Food vlogger 

CariUang - Food Vlogger merupakan profesi yang bertugas untuk memberikan penilaian terhadap makanan kemudian diposting di sosial media. Terdapat sejumlah tips menjadi food vlogger sukses yang bisa mulai Kamu terapkan untuk mendapatkan keuntungan tersendiri.

Table of Contents
 

Ragam Trik dan Tips Menjadi Food Vlogger Ternama

Umumnya cara jadi food Vlogger banyak ditempuh oleh mereka-mereka yang hobi dan doyan makan. Pembuatan konten food Vlogger seringkali memanfaatkan keberadaan layanan makanan dan UMKM. Berikut ini tips menjadi food Vlogger terkemuka:

1. Siapkan Peralatan Konten

Cara jadi food Vlogger pertama kali yakni harus mempunyai sejumlah peralatan untuk menunjang proses pembuatan konten. Alat tersebut berupa komputer, kamera, gedget dan masih banyak lagi yang harus dipersiapkan sejak awal merencanakan konten. 

Upayakan agar penyedia alat dilakukan dengan penuh pertimbangan dan cari yang bagus sekaligus. Pencarian alat yang bagus sekaligus membuat proses pembuatan konten jauh lebih mudah dan daya tahan cukup lama sehingga hemat pengeluaran. 

Peralatan konten
Peralatan konten

Apakah alat harus langsung dibeli? Menurut orang yang telah menerapkan cara jadi food Vlogger, alat bisa dicicil ataupun melakukan persewaan. Namun seiring meningkatnya penghasilan konten, Kamu harus beli alat sendiri. 

2. Siapkan Tim Kompeten

Konten mukbang membutuhkan banyak tim agar hasil sesuai dengan harapan. Tidak hanya mendukung hasil, pembuatan konten mukbang yang memakai banyak tim membuat Kamu tidak perlu mengatur sendiri jalannya konten tersebut. 

Pastikan tim tersebut ahli dalam bidangnya. Sebagai contoh ahli di bidang editing, pastikan orang tersebut masuk di bidang editing sebelum tayang. Begitupun juga dengan penempatan tim berpengalaman lainnya.

Tim kompeten
Tim kompeten

Apa yang terjadi jika pengerjaan dilakukan sendiri? Pengerjaan yang dilakukan sendiri membuat hasil konten cenderung kurang memuaskan bahkan bisa membuat jalannya produksi tayangan terhambat. Tentu bagi YouTubers ternama hal ini cukup mengganggu. 

3. Buat Ciri Khas atau Selogan

Tips menjadi food Vlogger sukses yakni dengan menciptakan slogan yang mudah diingat dan ditirukan banyak orang. Sebagai contoh farida nurhan, YouTubers tersebut punya slogan berupa "awur-awur emplok" yang mana hampir semua orang tau karakteristik tersebut. 

Kamu bisa meniru strategi tersebut untuk meningkatkan jumlah view tayangan konten sekaligus dikenal banyak orang. Semakin melekat slogan Kamu maka orang akan meminta pertimbangan ketika membeli produk makanan tertentu. 

Pembuatan slogan hendaknya harus unik, singkat dan mudah diingat. Hindari mengopas slogan orang lain lantaran bisa mengganggu jalannya pembuatan konten hingga memicu perdebatan dengan sejumlah kalangan terutama pemilik karakteristik tersebut. 

4. Bangun Kerja Sama dengan Pemilik Usaha Kuliner

Konten mukbang membuat Kamu harus menjalin kerja sama dengan pemilik usaha kuliner tertentu. Usahakan untuk memberikan breafing pembuatan konten dan izin menayangkan ke sosial media ataupun tayangan YouTube sesuai ketentuan. 

Hindari memaksa pemilik UMKM jika tidak ingin direview. Hal ini berarti Mereka tidak ingin rahasia seputar kuliner terusik. Biasanya Mereka tetap mengizinkan untuk review namun tidak dengan memasuki kawasan dapur atau area produksi kuliner. 

Lakukan review atau lihat proses produksi kuliner tertentu jika diperbolehkan atau diizinkan oleh pihak pemilik. Hal ini tentu sama-sama menguntungkan dan terasa lega. Terlebih kerja sama tersebut kedepannya akan menguntungkan kedua belah pihak. 

5. Utamakan Tetap Bayar

Beberapa waktu lalu, sedang heboh food Vlogger tidak membayar atas tayangan konten yang dilakukan. Hal ini dilakukan lantaran penayangan konten mukbang cenderung menguntungkan bagi pemilik usaha bersangkutan sehingga pembayaran tidak diperlukan. 

Hindari berfikir tidak perlu bayar atas konten yang ditayangan. Lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan atau makanan yang dipesan sejak awal. Hal ini lantaran nantinya Kamu juga diuntungkan atas penayang konten tersebut sesuai ketentuan. 

Pembayaran bisa dilakukan awal ataupun akhir sesuai kesepakatan. Jangan lupa untuk mencantumkan lokasi warung review yang sedang digunakan sebagai tempat pembuatan konten. Hal ini agar memudahkan pembeli melakukan kunjungan ke lokasi. 

6. Review Makanan yang Sedang Ramai

Tips menjadi food Vlogger sukses yakni selalu review makanan yang sedang trend kala itu. Apa saja makanan yang sedang trend? Untuk mengetahui trend makanan, Kamu bisa melihat pencarian paling banyak di tik tok ataupun akun X orang-orang. 

Cari penjual makanan yang sekiranya belum banyak terekspos. Hubungi pihak pemilik kemudian lakukan diskusi mendalam terkait dengan pembuatan mukbang kuliner tertentu. Cara menjadi YouTubers mukbang ini telah diterapkan oleh sejumlah orang. 

Salah satu jenis makanan trend
Salah satu jenis makanan trend

Beberapa food Vlogger memilih review UMKM yang belum banyak orang tau. Kenapa review kebanyakan UMKM? Walaupun tak selalu review UMKM, pembuatan konten dengan melibatkan pihak tersebut mampu membantu Mereka dalam promosi produk kuliner. 

7. Gunakan Bahasa yang Tidak Menjatuhkan 

Salah satu tips menjadi food Vlogger yang tidak boleh dilupakan oleh semua kalangan yakni menggunakan kata-kata sopan. Hindari menggunakan kata-kata yang bersifat menjatuhkan pihak pelaku usaha atau tempat review konten makanan tersebut. 

Cara menjadi YouTubers mukbang ini cukup berpengaruh terhadap jumlah tayangan. Bagaimana jika makanan yang di review kurang lezat? Tetap utarakan dengan kejujuran namun tidak menjatuhkan produk kuliner tersebut sehingga citra tetap positif. 

Sebagai contoh " teksturnya kalau bagi aku kurang lembut, tapi bagi orang yang gak suka makanan lembek mungkin ini cocok." Pengubahan bahasa lebih halus cenderung menjadikan konten mukbang tersebut disukai oleh banyak orang. 

8. Kolaborasi 

Lakukan kolaborasi dengan pihak-pihak tertentu sebagai tips menjadi food Vlogger sukses. Beberapa orang yang telah menerapkan cara menjadi YouTubers mukbang terbukti menerapkan alternatif ini untuk meningkatkan jumlah view atau penayangan. 

Dengan siapa kolaborasi bisa dilakukan? Kolaborasi bisa dilakukan dengan sejumlah influence ataupun selebgram yang sedang naik daun. Selain meningkatkan jumlah tayangan, cara ini terbukti efektif untuk meramaikan UMKM bersangkutan. 

Kolaborasi
Kolaborasi

Beberapa food Vlogger yang sering melakukan kolaborasi yakni Farida Nurhan, Tanboy Kun dan lain-lain. Pembuatan kolaborasi ini cenderung memudahkan Kamu untuk berekpresi terlebih jika dilakukan dengan orang yang telah berpengalaman di bidangnya. 

9. Editing 

Sebelum posting, tips menjadi food Vlogger ternama yakni melakukan editing. Editing bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan beberapa perangkat muslim dari laptop hingga komputer yang telah disetting sesuai dengan kebutuhan. 

Potong hal-hal yang dirasa kurang penting atau membuat durasi terlalu panjang. Sempurnakan konten tersebut dengan memanfaatkan keberadaan aplikasi tertentu. Cara ini membuat hasil konten yang tadi dibuat semakin meningkat kualitasnya. 

Editing
Editing

Bagikan konten yang telah selesai diposting ke sosial media ataupun saluran tertentu. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah view dan mengajak orang lain berpatisipasi dalam mengembangkan konten mukbang yang dibuat. 

Tips menjadi food Vlogger tersebut cocok diterapkan oleh sejumlah kalangan yang doyan makan atau kulineran. Dibutuhkan keahlian publik speaking mumpuni agar konten menarik. Trik konten lainnya bisa dibaca dengan memanfaatkan website ini.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar