Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Cocok diterapkan di Kampung dan Kota

Lauk nasi padang
Lauk nasi padang

 CariUang - Hampir semua manusia pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Fakta itu bisa Kamu manfaatkan untuk menerapkan ide jualan makanan modal kecil. Terdapat berbagai jenis makanan yang laku dijual di desa ataupun kota.

Table of Contents

Ragam Ide Jualan Makanan Modal Kecil 

Terdapat berbagai macam jenis ide jualan modal kecil di bidang kuliner atau makanan. Umumnya usaha satu ini bisa ditempuh sebagai pekerjaan ataupun bisnis utama. Berikut ini sejumlah ide jualan makanan modal kecil yang bisa diterapkan di desa atau kota:

1. Soto Ayam

Makanan satu ini cukup disukai oleh hampir semua kalangan masyarakat. Bahan dasar soto ayam yakni daging, bumbu rempah, sayur ( kubis, kecambah, daun bawang, dan sledri). Makanan ini cocok dijadikan sebagai ide jualan modal kecil di desa dan kota. 

Soto ayam
Soto ayam

Umumnya penyajian makanan ini menggunakan mangkok berukuran sedang. Penjualan baiknya dilakukan saat masih hangat. Beberapa penjual biasanya meracik kuah soto dari rumah sehingga nanti jika ada pembeli bisa langsung mengabulkan permintaan tersebut. 

Usahakan agar kuah senantiasa panas sehingga cita rasa pada soto tidak berkurang. Sediakan lauk lain seperti kerupuk, gorengan, sundukan dan lain sebagainya. Makanan ini cocoknya dijual saat masih pagi hari atau menjelang malam hari. 

2. Nasi Uduk

Ide jualan modal kecil di bidang kuliner bisa Kamu tempuh dengan menyediakan menu sarapan berupa nasi uduk. Makanan ini cukup disukai oleh sejumlah kalangan masyarakat lantaran terjangkau dan memiliki citra rasa yang sangat unik. 

Sediakan berbagai macam lauk pauk untuk menambah selera makan pembeli. Ide jualan makanan ini banyak dilakukan saat pagi hari. Berikut kesempatan pembeli untuk request harga dari makanan ini. Biasanya pembungkusan menggunakan kertas nasi. 

Nasi uduk
Nasi uduk

Seiring berjalannya waktu, penjualan nasi uduk ini juga banyak dilakukan dengan membuka gerai. Hal ini tentu hanya bisa dilakukan ketika modal yang dimiliki telah mencukupi untuk sewa lapak berupa ruko atau warung emperan. 

3. Bubur Ayam

Ide makanan kekinian yang cocok dijadikan sebagai jualan yakni bubur ayam. Makanan satu ini menjadi ide jualan makanan modal kecil yang sering jadi alternatif pilihan masyarakat untuk sarapan. Penjualannya baiknya dilakukan saat masih pagi hari. 

Bahan baku bubur ayam yakni nasi, santan, penyedap rasa, ayam dan lain sebagainya. Tambahkan pilihan kerupuk sebagai lauk yang dapat mengupayakan kepuasan makan dari pelanggan setia. Biasanya penjualan bubur bisa dilakukan dengan makan di tempat atau dibungkus. 

Bubur ayam
Bubur ayam

Penjualan ide makanan kekinian ini bisa dilakukan di pinggir jalan atau membuka stand di daerah potensial. Kamu juga bisa menyediakan aneka gorengan sebagai bentuk penambahan produk yang bisa dijadikan pilihan atau teman makan oleh pembeli. 

4. Nasi Ayam Panggang 

Beberapa warung makan banyak yang menyediakan menu utama berupa ayam panggang. Selain rasanya yang lezat, menurut sejumlah orang menu ini cukup mengenyangkan. Kamu bisa mengupayakan ide makanan kekinian ini sebagai jualan. 

Penjualan makanan berupa nasi ayam panggang baiknya disertai dengan sejumlah minuman. Biasanya ide jualan yang laris ini ditempuh oleh penjual yang telah memiliki gerai atau lapak sendiri. Bagaimana jika lapak belum memiliki sendiri? Kamu bisa jualan di pinggir jalan dengan membuat tenda. 

Ayam panggang
Ayam panggang 

Sediakan berbagai macam pilihan paket ayam panggang sebagai bentuk pertimbangan pembeli. Ide jualan modal kecil ini menjanjikan dan cocok diterapkan mulai pagi hingga malam hari banyak penjual yang telah sukses pasca menerapkan ide jualan makanan yang laris ini. 

5. Nasi Goreng

Nasi goreng juga tergolong sebagai ide jualan makanan yang laris. Bahan baku nasi goreng yakni nasi, telur, cabe, dan sejumlah bumbu lainnya. Penjualan baiknya dilakukan saat menjelang malam hari lantaran menu ini cocok dijadikan penolong saat lapar melanda. 

Penjualan ide jualan makanan modal kecil ini biasanya dilakukan secara dadakan. Jadi penjual dari rumah telah meracik bumbu. Namun nantinya setelah bumbu disiapkan dan nasi telah dibuat maka proses pembuatan nasi goreng bisa dilakukan. 

Beberapa penjual nasi goreng menjelaskan bahwa bisnis ini cukup potensial dan memberikan keuntungan besar jika omzet senantiasa stabil. Untuk mengupayakan hal tersebut Kamu bisa menambahkan karakteristik pada jualan sehingga pembeli meningkat. 

6. Bakso

Ide jualan makanan modal kecil berikutnya yang tidak kalah menguntungkan yakni bakso. Makanan ini disukai oleh hampir semua kalangan masyarakat dari berbagai usia. Bakso sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam ataupun sapi. 

Sediakan berbagai macam bakso yang menarik perhatian orang-orang. Beberapa jenis bakso yang laris meliputi bakso urat, bakso telur, bakso mercon dan lain sebagainya. Menurut pendapat pembeli, semakin banyak pilihan maka proses makan semakin menyenangkan. 

Bakso
Bakso

Kamu bisa menerapkan ide jualan makanan modal kecil ini dengan membuka stand, keliling atau menjalankan keduanya. Modal yang diperlukan untuk berjualan bakso pemula sekitar 1-2 juta rupiah. Pastikan memilih bahan berkualitas agar rasa bakso terjamin. 

7. Nasi Pecel 

Makanan khas Madiun ini juga dapat diterapkan sebagai menu jualan makanan modal kecil. Nasi pecel merupakan nasi yang dibuat dengan lauk berupa sayuran dan disiram sambal kacang. Menu ini cocok dijadikan sebagai makanan sarapan saat pagi hari. 

Penjualan pecel biasanya dilakukan dengan lauk pauk lain seperti gorengan, kerupuk, dan masih banyak lagi. Beberapa pendapat menjelaskan bahwa penjualan nasi pecel sangat lezat jika dikemas menggunakan daun jati. Hal ini lantaran menimbulkan sensasi berbeda. 

Kamu bisa menempuh hal tersebut sebagai bentuk pengupayaan minat pembeli. Tetapkan harga jual yang kompetitif. Hal ini bertujuan agar kedepannya penjualan bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan. 

8. Nasi Padang

Nasi Padang juga tergolong sebagai salah satu makanan yang kerap dijual dengan modal kecil. Makanan ini cocok dikonsumsi setiap momen baik pagi, siang hingga malam. Penjualan. Nasi Padang umumnya dilakukan dengan membuka lapak atau stand. 

Namun banyak juga penjual nasi Padang yang membuat tenda di pinggir jalan sebagai alternatif jualan. Penjualan nasi Padang umumnya menyediakan berbagai macam pilihan menu. Lauk tersebut bisa berupa rendang, sayur dan masih banyak lagi. 

Ide jualan makanan modal kecil ini disukai lantaran memiliki harga cukup terjangkau. Selain harganyapun terjangkau, makanan ini juga terkenal akan kelezatannya. Tidak heran jika banyak orang menyukai nasi Padang sebagai alternatif mengisi perut. 

9. Pecel Lele

Beberapa daerah pasti membuat Kamu akan menjumpai Wadung yang menyediakan menu utama berupa pecel lele. Sebenarnya menu ini cukup mudah dijalankan alias bisa disediakan dengan berbagai pilihan lain seperti pecel ayam ataupun soto. 

Pecel lele merupakan makanan yang terdiri dari nasi, lele ,sambal, dan lalapan. Harga jual pecel lele mulai dari Rp 15.000 per porsi. Penjualan bisa dilakukan dengan membuat tenda di pinggir jalan sehingga tersedia lesehan untuk pembeli. 

Pecel lele
Pecel lele

Beberapa penjual pecel lele juga sering menyediakan berbagai macam menu tambahan. Menu tersebut meliputi gorengan, minuman, dan aneka lauk pauk lainnya. Hal ini bertujuan untuk menempuh minat sejumlah pembeli. 

Ide jualan makanan modal kecil bisa ditempuh dengan menyediakan berbagai menu tersebut. Upayakan Kamu memiliki keahlian di bidang kuliner agar bisa menempuh usaha tersebut. Ilmu seputar bisnis kuliner bisa dipelajari melalui artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar