Cara Menulis Artikel SEO, Strategi Baru Bisnis Jasa

Orang menulis artikel
Orang menulis artikel 

 CariUang - Cara menulis artikel SEO seringkali dipertanyakan oleh sejumlah kalangan masyarakat. Umumnya konten berupa artikel SEO dapat dijadikan sebagai pusat informasi oleh sejumlah kalangan masyarakat hingga pusat iklan bisnis tertentu.

Table of Contents
 

Cara Menulis Artikel SEO Bagaimana?

Artikel SEO friendly cenderung disukai oleh sejumlah masyarakat lantaran mudah dicerna. Dalam membuat artikel SEO friendly dibutuhkan pemahaman terhadap poin-poin tertentu. Berikut ini sejumlah cara menulis artikel SEO yang bisa Kamu terapkan:

1. Riset Keyword 

Langkah pertama agar bisa menulis artikel SEO friendly yakni melakukan riset keyword. Riset keyword dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah tools ternama. Masukkan website kompetitor milik pelanggan yang order kemudian nanti akan muncul kata kunci potensial. 

Kata kunci potensial akan muncul disertai dengan volume angka tertentu. Gunakan keyword tersebut sebagai salah satu bentuk dasar penulisan artikel. Kamu juga harus memahami penggunaan beberapa tools sehingga tidak hanya berpacu pada satu tools.

Riset keyword
Riset keyword 

Apa saja tools riset keyword? Tools riset keyword mulai dari google trend. Terdapat sejumlah tools lainnya yang bisa Kamu manfaatkan untuk mengupayakan kelancaran dalam bisnis jasa kepenulisan artikel SEO yang ramah dan disukai banyak orang. 

2. Pahami Target Kepenulisan 

Setiap pesanan tentu digunakan untuk menarget pihak-pihak tertentu. Pastikan agar tulisan yang dibuat mampu mengenai dan mudah dipahami oleh target pembaca. Target pembaca bisa berupa masyarakat umum ataupun kalangan-kalangan tertentu. 

Pemahaman target kepenulisan penting dilakukan lantaran berkaitan erat dengan gaya bahasa yang akan digunakan. Sebagai contoh target anak-anak maka gunakanlah bahasa yang mudah dicerna oleh kalangan tersebut sehingga informasi terserap dengan sempurna. 

Target pelanggan
Target pasar

Bagaimana cara memahami target pembaca? Kamu bisa membaca dengan detail orderan. Biasanya orderan mencangkup pokok bahasan tertentu. Jadikan hal tersebut sebagai salah satu bentuk alternatif untuk memahami target kepenulisan artikel. 

3. Sesuaikan Keyword dengan Pesanan

Cara menulis artikel SEO yang tidak kalah penting yaitu menyesuaikan keyword dengan topik pesanan. Gunakan keyword yang berkaitan erat dengan tema permintaan dari pelanggan. Sebagai contoh pesanan di bidang kedokteran atau kesehatan. 

Gunakan keyword dengan cara riset dari website ternama dan daya saing rendah. Cara satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu strategi untuk menarik banyak pelanggan. Kenapa bisa begitu? Lantaran kebutuhan yang mereka inginkan bisa dipenuhi dengan sempurna. 

Pahami dan kuasai berbagai macam bidang tertentu. Kamu bisa membaca informasi dari artikel yang telah terbit ataupun jurnal sebagai referensi. Hindari menulis konten secara asal-asalan lantaran bisa mengurangi kepuasan batin pelanggan setia. 

4. Pahami Struktur Artikel SEO 

Pernahkah Kamu berfikir tentang struktur artikel seo? Cara menulis artikel SEO ini jarang sekali diperhatikan oleh sejumlah agensi penyedia layanan terkait. Sebenarnya bagaimana sih struktur artikel seo yang benar itu?

Struktur artikel seo yang benar mencangkup pembuka, isi dan penutup. Terdapat hal yang wajib disisipkan pada artikel SEO yakni keyword utama dan turunan. Kamu bisa mengupayakannya hal tersebut pasca proses riset keyword berhasil dilakukan.

Struktur artikel
Struktur artikel 

Kenapa struktur artikel harus diterapkan? Agar pembaca mudah menyerap inti. Cantumkan keyword pada judul, sub judul, paragraf pembuka hingga penutup. Biasanya peletakan kata kunci disesuaikan dengan jumlah kata dan sistem 1%.

5. Langsung Mulai Menulis

Setelah memahami semua prosedur terkait cara menulis artikel SEO, Kamu bisa langsung menempuh kegiatan tersebut. Bagaimana cara menulis artikel SEO? Sediakan perangkat yang bisa mendukung proses pembuatan artikel SEO yang mudah dan tepat. 

Berangkat tersebut bisa berupa komputer, laptop, ataupun hp. Kamu bisa memilih salah satu perangkat yang dianggap mudah. Menurut pengalaman dari sejumlah penulis yang berpengalaman, perangkat mempengaruhi hasil dan kecepatan dalam penulisan. 

Proses menulis artikel
Proses menulis artikel 

Setiap orang yang menerapkan cara menulis artikel SEO biasanya memilih untuk menyesuaikan kenyamanan sendiri-sendiri. Jadi pastikan bahwa perangkat yang dipilih paling dikuasai dan paling mudah untuk digunakan dalam proses penulisan. 

6. Baca Kembali Artikel 

Setelah proses penerapan cara menulis artikel SEO berhasil dilakukan, penting bagi Kamu untuk membaca kembali hasil tulisan. Hasil tulisan yang bagus tentu akan disukai oleh sejumlah kalangan masyarakat atau target pelanggan setia. 

Apa tujuan membaca berulang? Menurut pengalaman ku pribadi, proses membaca ulang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kesalahan dalam kepenulisan. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan oleh tim editing. Namun untuk mempersingkat waktu penulis tetap bisa melakukannya. 

Baca dengan teliti dan cermat sehingga hasil tulisan sesuai dengan harapan. Hindari membaca hanya poin-poin tertentu. Hindari juga langsung mengirimkan hasil tulisan artikel SEO secara mentah-mentah kepada pemesan. 

7. Cek Typo 

Cara menulis artikel SEO tidak luput dari sejumlah kesalahan ketik atau kepenulisan. Bagaimana cara mencegah hal tersebut agar tidak terjadi? Kamu bisa memanfaatkan sejumlah situs untuk mengecek typo atau salah ketik pada artikel SEO. 

Biasanya laptop atau perangkat yang digunakan untuk menulis juga akan melakukan perbaikan. Namun untuk memastikan sekali lagi tulisan yang dihasilkan sudah benar, Kamu bisa membaca secara berulang -ulang sesuai dengan anjuran poin sebelumnya. 

Cek typo
Cek typo

Kenapa kalau banyak typo? Artikel yang banyak typo cenderung kurang disukai dan informasi berpotensi mengalami kesalahan pahaman. Hal ini tentu jika dibiarkan akan mengganggu kenyamanan dan juga stigma pihak pemesan ( terlebih jika artikel untuk bisnis). 

8. Cek Plagiarisme 

Kegiatan copy paste karya milik orang lain tentu harus dihindari oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama penulis SEO. Untuk menghindari tersebut biasanya klien meminta untuk hasil tulisan dicek kembali secara berulang kali sehingga tulisan uniq. 

Bagaimana cara mengecek plagiarisme? Cara pengecekan plagiarisme bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah tools ternama. Pastikan agar tools tersebut benar-benar akurat sehingga hasil tulisan original sesuai dengan permintaan dari pelanggan. 

Cek plagiarisme
Cek plagiarisme

Bagaimana jika tulisan tidak unik? Lakukan revisi hingga tulisan tersebut uniq. Biasanya nanti tools akan menyediakan persentase yang menunjukkan seberapa jauh tulisan tersebut uniq atau tidak. Beberapa penulis memilih memakai tools premium agar hasil akurat. 

9. Cantumkan Gambar

Ada beberapa klien yang order artikel disertakan juga dengan publikasi ke website mereka. Tentu hal ini membuat Kamu harus mampu memahami suatu website milik klien sehingga nantinya proses pengerjaan orderan tersebut bisa berjalan lancar. 

Bagaimana jika tidak perlu update ke website? Kamu tinggal mengirimkan dalam bentuk dokumen beserta gambar pendukungnya. Ada beberapa klien yang meminta artikel yang dimuat dilengkapi dengan gambar pendukung. 

Gambar tersebut bisa Kamu dapatkan dengan download di internal atau tools gratis tertentu. Pastikan agar gambar yang dicantumkan gratis sehingga kedepannya tidak menimbulkan permasalahan terkait dengan royalti atau hak cipta. 

Cara menulis artikel SEO bisa Kamu terapkan dengan langkah-langkah tersebut. Pastikan agar gambar yang digunakan memenuhi sejumlah pedoman situs tertentu. Pelajari trik seputar bisnis dengan membaca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar