Cara Menjadi Teller Bank yang Baik, Dijamin Customer Suka

Teller bank
Teller bank 

 CariUang - Teller bank merupakan salah satu jenis pekerjaan yang cukup diidam-idamkan oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama kaum hawa. Cara menjadi teller bank yang baik harus dipelajari sejak awal jika ingin menekuni profesi ini.

Table of Contents
 

Ragam Cara Menjadi Teller Bank yang Baik

Setiap teller bank memiliki kriteria tersendiri yang tidak jauh beda antar satu cabang dengan lainnya. Salah satu profesi serupa paling diminati yakni teller bank BRI. Pasalnya pekerjaan sebagai teller bank BRI cukup menarik. Berikut ini cara menjadi teller bank yang baik:

1. Memiliki Pendidikan di Bidang Terkait

Umumnya untuk menempuh profesi ini Kamu harus menuntaskan pendidikan terlebih dahulu. Apakah ada kriteria tertentu terkait pendidikan? Biasanya teller bank harus berasal dari latar belakangnya pendidikan diploma ataupun sarjana. 

Tidak semua sarjana ataupun diploma berkesempatan menjadi teller bank. Pasalnya bidang kerja ini mengutamakan mereka yang lulus dari bidang keahlian akuntansi, administrasi, hingga perpajakan sehingga sudah berpengalaman dalam pelayanan. 

Seiring berjalannya waktu beberapa pihak bank memperbolehkan mereka yang berasal dari lulusan SMK untuk mencoba melamar kerja sebagai teller bank. Hal ini tentu dengan catatan berasal dari jurusan atau bidang keahlian yang bersangkutan. 

2. Kemampuan Berhitung Cepat

Skill teller bank yang wajib dikuasai oleh sejumlah orang yakni berhitung cepat. Pasalnya tugas utama dari teller bank yakni menghitung uang yang dipinjam ataupun disetorkan nasabah kepada lembaga keuangan tersebut sebagai bentuk transaksi. 

Bagaimana jika tidak mempunyai keahlian di bidang tersebut? Jika Kamu tidak pandai berhitung sebaiknya belajar terlebih dahulu. Utamakan kecepatan dalam berhitung sehingga proses pelayanan terhadap pelanggan atau customer nantinya tidak terhambat. 

Berhitung cepat
Berhitung cepat

Penghitung sekarang tidaklah susah. Kamu bisa juga memanfaatkan keberadaan alat hitung berupa mesin untuk memberikan pelayanan terhadap pelanggan setia. Tentu skill teller bank satu ini juga tetap harus dikuasai sehingga tidak berpacu pada satu alternatif. 

3. Mengoperasikan Teknologi

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, cara menjadi teller bank yang baik harus memiliki skill. Skill teller bank yang tidak kalah penting berikutnya yaitu kemampuan mengoperasikan teknologi tertentu. Teknologi apa saja yang harus dikuasai?

Teknologi yang harus dikuasai meliputi alat hitung otomatis hingga komputer. Keduanya menjadi salah satu teknologi yang sering diletakan di bank ataupun kantor tertentu. Keberadaan kedua alat tersebut tentu bertujuan untuk meningkatkan layanan. 

Mengoperasikan komputer
Kemampuan mengoperasikan komputer

Pastikan agar mengoperasikan teknologi sesuai dengan prosedur dan instruksi. Hal ini bertujuan agar nantinya proses pelayanan optimal dan keberadaan alat bisa tahan lama. Penggunaan alat dan teknologi sesuka hati mampu memicu kerusakan dasar. 

4. Teliti

Seperti yang diketahui, resiko teller bank sangatlah tinggi. Salah satu resiko teller bank yakni selisih uang yang membuatnya mau tidak mau harus melakukan ganti rugi. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir jika Kamu memiliki sifat teliti dan selektif. 

Bagaimana cara menanamkan sifat teliti? Menurut pengalaman ku pribadi, sifat teliti bisa dimulai dengan membiasakan diri sendiri peka terhadap segala sesuatu. Amati nasabah yang sedang setor, kemudian hitung menggunakan dua alternatif. 

Menurut pengalaman salah satu seorang teller bank, mengecek dan menghitung dengan dua alternatif bertujuan mencegah terjadi kekeliruan. Raba uang dan perhatikan keaslian sehingga nantinya resiko teller bank mengalami ganti rugi tidak terjadi. 

5. Jujur

Salah satu sifat utama yang wajib diterapkan oleh petugas teller bank yakni menanamkan sifat jujur. Cara menjadi teller bank yang baik ini ini harus ditanamkan sejak awal menggandrungi profesi tersebut sehingga terbangun suatu profesionalisme kerja. 

Kejujuran dimulai pada saat menghitung hingga nanti membuat laporan. Biasanya jika terdapat selisih, Kamu harus mengganti uang tersebut. Oleh sebab itu pastikan menanamkan sifat kejujuran, ketelitian, dan juga disiplin dalam menjalani profesi ini. 

Bagaimana jika tidak jujur? Menurut pengalaman ku dalam mengamati teller bank, jika tidak terbiasa jujur makan kesulitan bertahan dalam lingkungan kerja tersebut. Bisa dikatakan bahwa kejujuran menjadi dasar atau pondasi utama dalam menekuni profesi ini. 

6. Berpenampilan Menarik dan Rapi

Cara menjadi teller bank yang baik berikutnya yakni senantiasa berpenampilan rapi. Tidak hanya rapi, penampilan juga harus fresh, bersih, dan selalu tersenyum. Hal ini menunjukkan bahwa Kamu mampu dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik. 

Apakah teller bank tidak boleh menggunakan kerudung? Semua pihak berkesempatan menjadi teller bank asalkan memenuhi kriteria. Bahkan profesi ini juga bisa ditekuni oleh mereka-mereka yang menggunakan kerudung atau hijab. 

Penampilan menarik
Penampilan menarik

Biasakan merapikan pakaian dan ber-make up tipis sehingga terkesan natural. Gunakan parfum yang menenangkan sehingga nasabah yang datang nyaman dengan diri Kamu. Cara ini diterapkan oleh sejumlah teller bank untuk mengupayakan kepuasan pelayanan. 

7. Ramah

Seorang teller bank dituntut untuk senantiasa bersifat ramah terhadap semua orang terutama nasabah. Sifat ini harus dilakukan baik pada calon nasabah peminjam atau yang akan nabung. Kenapa sifat ramah ini harus dipertimbangkan sejak awal?

Sifat ramah harus diterapkan lantaran mempengaruhi kualitas dan loyalitas dalam pemberian layanan. Utamakan untuk berbicara dengan nada sedang, lembut, dan hindari menunjuk ke nasabah saat sedang memberikan pelayanan. 

Menunjuk seseorang terlihat kurang sopan sehingga kedepannya nasabah bisa saja kapok untuk datang kembali. Usahakan untuk senyum walaupun sedang lelah. Hal ini sudah bisa dipastikan menjadi dasar dari profesi sebagai teller bank. 

8. Cekatan

Sifat cekatan juga wajib dimiliki oleh petugas teller bank. Umumnya pekerjaan ini harus diupayakan dengan dengan memberikan pelayanan dengan cepat. Tidak hanya cepat, pelayanan juga harus tepat. Upayakan tidak hanya bergantung pada instruksi. 

Ketika ada pelanggan yang datang langsung tanya apa kebutuhan atas kedatangannya. Lakukan pelayanan jika hal tersebut sesuai dengan tugas Kamu. Namun biasanya cara ini terlebih dahulu dihandle oleh pihak customer service. 

Cekatan dalam pelayanan
Pelayanan dengan cekatan.

Jangan pernah sekalipun menunggu untuk disuruh baru dikerjakan. Cara ini wajib dihindari agar kedepannya terbangun suatu hubungan kerja yang menyenangkan dan harmonis. Sifat cekatan juga memberikan kepuasan pada pihak bank uang memperkerjakan Kamu. 

9. Komunikasi

Cara menjadi teller bank yang baik berikutnya yakni harus mempunyai skill komunikasi. Skill komunikasi ini bertujuan untuk memudahkan transaksi antara nasabah dengan pihak bank. Gunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi yang efektif. 

Apa yang terjadi jika teller bank tidak punya keahlian komunikasi? Tentu pelayanan kurang efektif. Namun hal tersebut tidak mungkin terjadi. Pasalnya kemampuan komunikasi sekarang menjadi salah satu dasar melamar kerja sebagai teller bank. 

Skill komunikasi
Skill komunikasi

Tingkatan komunikasi dengan mengikuti kursus ataupun webinar yang diselenggarakan pihak-pihak tertentu. Dengan begitu kemampuan dalam hal komunikasi bisa meningkat seiring berjalannya waktu terutama jika diiringi belajar secara otodidak. 

Cara menjadi teller bank yang baik bisa ditempuh dengan sejumlah alternatif di atas. Upayakan membaca Kriteria dan persyaratan sebelum melamar pekerjaan ini. Pemenuhan kriteria tertentu bisa diupayakan dengan baca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar