Strategi Pemasaran Indomaret, Bisa ditiru agar Usahamu Untung Mulu

 

Penataan produk Indomaret
Penataan produk Indomaret 

CariUang- Indomaret merupakan salah satu swalayan yang terkemuka dan telah memiliki cabang di seluruh Indonesia. Terdapat strategi pemasaran Indomaret yang bisa ditiru oleh semua orang agar usaha serupa bisa mengalami peningkatan.

Table of Contents

Ragam Strategi Pemasaran Indomaret

Sebelum menyusun strategi pemasaran, pihak Indomaret biasanya mengetahui target pasar terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, berikut ini sejumlah strategi pemasaran Indomaret yang bisa dijalankan oleh sejumlah pengusaha agar untung lipat ganda:

1. Penempatan Gerai Strategis

Berdasarkan pengalaman ku pribadi dalam mengamati Indomaret terdekat, rata-rata cabang mereka terletak di tempat strategis. Indomaret terdekat juga memiliki plang berukuran besar di depan. Kenapa harus ada plang berukuran besar dan lebar?

Hal ini membuat orang-orang mudah melihat keberadaan toko dari kejauhan. Tidak hanya melakukan pembuatan gerai di lokasi strategis, mereka juga telah mengecek data saing. Biasanya lokasi Indomaret satu dengan lainnya cukup berjauhan. 

Lokasi strategis
Lokasi strategis 

Dengan cara ini orang bisa mengetahui Indomaret dan dijadikan sebagai bahan rujukan ketika sedang memerlukan kebutuhan-kebutuhan tertentu. Manfaatkan riset kompetitor untuk menempuh tahapan satu ini sehingga nanti usaha bisa berjalan lancar layaknya Indomaret. 

2. Karakteristik 

Karakteristik Indomaret juga menjadi salah satu strategi pemasaran tersendiri. Apa saja karakteristik Indomaret? Karakteristik Indomaret meliput warna dasar berupa merah, kuning, biru pada logo yang digunakan sebagai perwakilan bisnis ritel tersebut. 

Tidak hanya itu saja, karakteristik lain juga diberikan dari segi layanan. Pembelian di tempat tersebut juga disediakan plastik khusus. Hal ini dilakukan juga dengan mencantumkan logo Indomaret bersangkutan pada plastik tersebut. 

Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai referensi. Semakin unik dan punya karakteristik tersendiri biasanya usaha semakin mudah menjangkau banyak orang. Strategi ini bisa ditiru oleh bisnis waralaba ataupun toko sembako. 

3. Harga Bersaing

Strategi pemasaran Indomaret berikutnya yaitu dengan menerapkan harga bersaing. Umumnya strategi penetapan harga Indomaret didasarkan pada sejumlah tahapan. Tahapan apa saja yang dilakukan? Tahapan tersebut mulai dari riset kompetitor. 

Jadi mereka akan menawarkan harga produk dengan harga pasaran. Penetapan harga pasar Indomaret sesuai pasaran tentu dipengaruhi oleh sejumlah faktor salah satunya yaitu pencarian pemasok atas produk-produk yang ditawarkan oleh bisnis ritel tersebut. 

Penetapan harga produk di Indomaret
Penetapan harga produk di Indomaret 

Secara berkala mereka juga rutin melakukan riset pasar untuk menempuh penetapan harga Indomaret yang bersaing dan mudah dijangkau oleh orang-orang. Walaupun terkesan sepele, namun tahapan ini memberikan banyak keuntungan tersendiri. 

4. Charm Pricing

Menurut pengalaman mantan pekerja Indomaret, bisnis tersebut kerap menerapkan strategi pemasaran berupa Charm Pricing. Strategi pemasaran Indomaret ini memiliki banyak manfaat bagi penjualan produk terlebih jika mampu menghabiskan jumlah stok. 

Apa yang dimaksud dengan sistem Charm Pricing? Jadi pihak Indomaret menggunakan angka 9 sebagai penetapan harga. Sebagai contoh harga suatu produk Rp 1,999. Mereka tidak langsung menulis harga tersebut Rp 2.000. Kenapa demikian?

Charm Pricing
Charm Pricing

Menurut pendapat sejumlah orang yang telah ahli, penggunaan angka 9 pada harga terkesan jauh lebih menarik. Tidak hanya itu saja, mereka juga sering memberikan promo pada produk-produk tertentu terlebih jika mendekati masa kadaluwarsa. 

5. Promo Menarik

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, strategi pemasaran Indomaret yang paling menarik yakni pemberian promo. Tidak hanya promo potongan harga, mereka juga sering memberikan gift kepada pembeli seperti beli 2 gratis satu dan lain sebagainya. 

Promo
Promo

Kenapa langkah promo menjadi strategi yang diklaim efektif? Tentu banyak sekali orang yang menyukai promo dan hal ini diterapkan untuk menarik pelanggan agar kedepannya datang kembali. Tidak hanya Indomaret, beberapa bisnis ritel mulai menerapkan cara ini. 

Kerap menawarkan promo membuat tingkat kunjungan ke gerai tersebut mengalami peningkatan. Tidak hanya itu saja, dengan cara ini konsumen atau pelanggan setia juga cenderung akan merasa puas. 

6. Target Pasar Luas

Sebenarnya siapa sih target pasar Indomaret? Berdasarkan pengalaman ku dalam mengamati usaha satu ini, target pasar Indomaret merupakan lapisan masyarakat secara luas tanpa terbatas pada kriteria atau pengelompokan tertentu. 

Jadi bisa dikatakan bahwa target pasar Indomaret adalah semua orang. Jadi hal ini membuat pemilik gerai harus mampu mengupayakan sejumlah produk guna memenuhi permintaan dari target pasar tersebut sehingga kepuasan batin bisa diwujudkan. 

Target pasar
Target pasar 

Menariknya strategi pemasaran Indomaret ini juga dapat ditiru oleh perusahaan di bidang jasa ataupun pengelolaan produk. Dengan membuat target berupa masyarakat tentu usaha bersangkutan sering dijadikan sebagai tujuan ketika memerlukan kebutuhan tertentu. 

7. Pemberian Member

Pelanggan yang selalu melakukan pembelian di Indomaret biasanya akan diberikan member. Untuk apa member tersebut diberikan? Untuk mendapatkan potongan harga jika melakukan pembelian produk-produk tertentu di Indomaret. 

Bukan hanya memberikan potongan harga, Card Indomaret atau member ini bisa juga digunakan untuk meraih kesempatan hadiah tertentu. strategi marketing ini membuat masyarakat berlomba-lomba berbelanja di Indomaret sehingga bisa mendapatkan card. 

Sebenarnya tujuan utama pemberian member atau card ini mampu membuat hubungan antara pembeli dan penjual semakin bagus. Tidak hanya itu saja, loyalitas pelanggan juga bisa berlangsung jika Kamu mengupayakan strategi pemasaran Indomaret ini. 

8. Pelayanan Optimal

Jika Kamu melihat Indomaret, tentu penataan semua produk sangat rapi. Tidak hanya itu saja, bisnis ritel ini selalu bersih dan harum. Hal ini menjadi bukti bahwa pelayanan yang diberikan oleh karyawan dan karyawati di Indomaret selalu mengalami peningkatan. 

Pemberian layanan dapat diupayakan dengan membersihkan kotoran dan selalu ramah terhadap konsumen. Petugas Indomaret juga akan menata ulamg produk jika sekiranya terlihat berantakan. Mereka juga siap membantu pembeli jika mengalami kesulitan dalam mencari produk. 

Tidak hanya dari segi pelayanan karyawan dan karyawati saja yang lengkap, bisnis satu ini juga mempunyai stok produk melimpah. Produk yang ditawarkan oleh Indomaret juga meliputi berbagai macam jenis sehingga kebutuhan masyarakat bisa dicari di sini. 

9. Fasilitas Nyaman

Salah satu strategi pemasaran Indomaret yang disukai oleh banyak orang lagi yakni pemberian fasilitas. Apa saja fasilitas yang disediakan oleh Indomaret? Fasilitas meliputi tempat duduk di depan, AC, tempat penarikan uang atau ATM dan lain-lain. 

Keberadaan fasilitas inilah yang membuat banyak orang memilih berhenti di Indomaret untuk istirahat sejenak setelah perjalanan jauh. Apakah pihak Indomaret akan menegur? Tentu saja tidak, hal ini sudah menjadi perkara umum yang terjadi di Indomaret

Mesin ATM
Mesin ATM 

 Strategi ini bisa dijalankan atau ditiru oleh semua kalangan pengusaha agar terbangun hubungan harmonis dengan target penjualan. Selain menguntungkan cara ini juga terkenal memberikan feedback positif. 

Strategi pemasaran Indomaret bisa ditempuh dengan sejumlah tahapan tersebut. Upayakan melakukan persiapan matang sehingga usaha bisa mengalami peningkatan. Semua hal seputar usaha bisa dipelajari dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar