Cara Jualan di GoFood, Cocok untuk Pelaku UMKM

 

Tampilan GoFood
Tampilan GoFood

CariUang - Cara jualan di GoFood banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama UMKM di bidang kuliner. Pasalnya menerapakan bisnis tersebut mampu meningkatkan omzet pendapat dari UMKM yang sedang dijalankan.

Table of Contents

Bagaimana Cara Jualan di GoFood agar Laris? 

Menurut sejumlah orang, untuk melakukan jualan di aplikasi tersebut Kamu harus tergabung sebagai mitra GoFood. Bagaimana cara menjadi mitra GoFood? Lakukan pendaftaran agar bisa menjadi mitra GoFood. Berikut ini cara jualan di GoFood setelah menjadi mitra:

1. Buat Restoran Virtual

Cara jualan di GoFood yang pertama yang bisa ditempuh oleh pelaku usaha yaitu membuat restoran virtual. Restoran virtual seringkali disebut dengan nama akun. Untuk apa restoran GoFood perlu dibuat? Restoran GoFood secara virtual perlu dibuat untuk memudahkan pencarian oleh pembeli. 

Jadi pembeli yang membutuhkan segala sesuatu terkait dengan produk makanan tinggal mencari nama restoran milikmu. Cara ini sudah banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama yang menjual menu berbagai macam jenis. 

Cara membuat restoran GoFood tinggal memasukkan nama dan melengkapi sejumlah informasi yang dibutuhkan. Lengkapi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan sehingga proses pendaftaran restoran bisa berjalan lancar dan proses jualan segera dilakukan. 

2. Lengkapi Informasi yang Lengkap dan Menarik

Agar proses jualan di GoFood berjalan lancar dan omzet meningkat, Kamu bisa melengkapi sejumlah informasi. Cantumkan alamat warung asli sehingga jika sewaktu-waktu Mereka ingin berkunjung tidak perlu kebingungan. 

Pembuatan informasi yang bersifat menarik juga berfungsi sebagai salah satu bentuk promosi. Upayakan agar cara jualan di GoFood satu ini tidak terlewatkan lantaran berkaitan erat dengan sejumlah tahapan untuk meningkatkan strategi marketing. 

Tidak jarang juga pemilik akun GoFood melengkapi foto warung tersebut sebagai alternatif menarik perhatian dari calon pembeli. Gunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga target pasar bisa menjangkau informasi dari warung GoFood tersebut. 

3. Sediakan Berbagai Menu

Setelah warung virtual selesai dibuat, cara jualan di GoFood berikutnya yaitu dengan menyediakan sejumlah menu. Menu apa saja yang perlu disediakan? Menu makanan yang perlu disediakan bisa didasarkan pada produk dari warung tersebut. 

Sediakan berbagai menu
Sediakan berbagai menu


Namun ada juga beberapa warung GoFood yang menyediakan berbagai macam menu sesuai dengan permintaan pelanggan. Cara ini memang tergolong cukup menguntungkan namun harus dilakukan dengan sejumlah pertimbangan matang. 

Pastikan menu yang disediakan memiliki cita rasa lezat dan dibuat berdasarkan skill. Penyedia menu makanan bisa juga disesuaikan dengan riset pasar yang telah dilakukan. Tahapan ini tentu dilakukan dengan tujuan mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. 

4. Cantumkan Foto Makanan

Menurut pendapat sejumlah pembeli dari makanan GoFood, beberoa orang memutuskan memilih menu tertentu lantaran terpincut oleh foto yang tercantum. Jadi bisa dipastikan bahwa Kamu juga harus mencantumkan foto berkualitas dan jelas. 

Cantumkan semua foto dan menu makanan pada aplikasi tersebut untuk menarik perhatian target pembeli. Pastikan foto yang dicantumkan jelas dan sesuai produk makanan sehingga tidak mengecewakan pelanggan atau pembeli. 

Foto makanan
Foto makanan


Kamu juga wajib mencantumkan nama menu tersebut. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan secara offline nantinya juga lebih gampang. Cara ini telah diterapkan oleh beberapa penjual makanan di GoFood untuk meraih banyak keuntungan. 

5. Tentukan Harga

Sama halnya dengan berjualan secara langsung, Kamu juga wajib untuk menentukan harga pasaran. Bagaimana cara menentukan harga? Untuk menentukan harga biasnya disesuaikan dengan produk makanan yang ditawarkan oleh penjual tersebut. 

Sebagai contoh martabak, harga pasaran sekitar Rp 20.000 - Rp 50.000. Jadi antar menu tidak boleh disama ratakan. Pastikan harga yang Kamu tawarkan sesuai dengan pasaran sehingga produk makanan tersebut cepat habis atau laris. 

Penentuan harga juga bisa disesuaikan dengan porsi dan juga modal yang digunakan. Cara ini memang membutuhkan keahlian di bidang marketing keuangan. Lakukan perhitungan untuk menentukan harga jual dari produk makanan yang ditawarkan. 

6. Aktifkan Promo

Hampir semua orang di dunia menyukai yang namanya promo. Hal itu tentu juga berlaku pada jualan di GoFood. Aktifkan fitur promo tersebut sebagai salah satu bentuk meningkatkan loyalitas terhadap pembeli atau pelanggan setia dari restorasi virtual. 

Cara jualan di GoFood ini membuat penjualan semakin meningkat dan laris manis. Bahkan tidak jarang juga promo yang diaktifkan memberikan sejumlah keuntungan bagi pihak penjual. Apa keuntungan promo bagi pembeli yang klaim program atau event tersebut? 

Promosi
Promosi


Pembeli yang aktifkan program tersebut akan mendapatkan poin ataupun harga terjangkau. Jadi bisa dipastikan bahwa fitur ini sangat menguntungkan bagi pihak manapun. Pastikan promo dilakukan dengan seksama sehingga bisa dirasakan semua orang. 

7. Buat Rekomendasi

Beberapa pembeli pasti melihat restoran dan melakukan pembelian makanan berdasarkan rekomendasi dari pihak penjual. Kamu bisa mencantumkan rekomendasi menu paling laris di atas. Hal ini bertujuan agar memudahkan pembeli mencari produk paling populer.

Bagaimana menentukan produk populer? Biasanya produk populer akan diketahui secara otomatis berdasarkan ranting dan penjualan. Untuk menciptakan produk-produk best seller Kamu bisa mengupayakan sejumlah menu yang menarik dan lezat. 

Upayakan agar rekomendasi tersebut diurutkan mulai dari populer ke bawah. Manfaatkan pilihan dari Runchise yang memudahkan Kamu mengelola menu. Cara ini membuat Kamu bisa terhubung secara langsung dengan agen resmi GoFood. 

8. Tingkatan Kecepatan Pelayanan

Hampir semua pembeli yang melakukan pembelian produk pasti mengutamakan kecepatan. Bagaimana cara mengetahui orderan dari GoFood? Biasanya ada notifikasi yang menjelaskan bahwa sedang terdapat pesanan atau orderan dari pembeli.

Segera proses pesanan tersebut dalam kurun waktu singkat sesuai dengan harapan pembeli. Biasanya dalam pesanan terdapat beberapa request. Pastikan request pelanggan tersebut terpenuhi dengan baik sehingga proses jual beli bermanfaat bagi semua pihak. 

Kecepatan pengiriman makanan
Kecepatan pengiriman makanan


Kecepatan pelayanan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kepuasan dari pelanggan. Kamu bisa mengupayakan hal tersebut sebagai salah satu bentuk mencari pelanggan dalam jumlah sebanyak-banyaknya. 

9. Promosikan ke Sosial Media

Cara jualan di GoFood agar laris yakni dengan memanfaatkan sosial media sebagai promosi. Sebar akun GoFood yang Kamu miliki ke sosial media tertentu untuk menggaet banyak pembeli ataupun pelanggan baru dari restoran virtual tersebut.

Promosi pakai sosial media
Promosi pakai sosial media


Pastikan tidak hanya berpacu pada satu media sosial saja agar proses berjualan bisa berjalan dengan lancar. Promosi dilakukan agar orang lain atau target pelanggan mengetahui keberadaan warung GoFood yang telah Kamu sediakan sebagai jualan. 

Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media tersebut sebagai salah satu bentuk jualan. Arahkan alternatif tersebut ke akun GoFood milikmu agar penjualan semakin laris. Cara ini telah ditempuh oleh sejumlah kalangan masyarakat. 

Cara jualan di GoFood banyak diterapkan oleh pelaku UMKM sejak pandemi berlangsung. Dalam bisnis ini dibutuhkan keahlian di bidang kuliner. Perluas ilmu marketing dengan baca artikel lain di website Kami sehingga penjualan meningkat. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar