Budidaya Salak Pondoh, Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Pohon salak
Pohon salak pondoh


 CariUang - Salak pondoh merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Umumnya buah ini memiliki rasa yang manis dan khas. Budidaya salak pondoh tergolong gampang-gampang susah untuk diterapkan.

Table of Contents
 

Cara Budidaya Salak Pondoh agar Berhasil

Cara menanam salah agar cepat berbuah dapag diterpakan dengan menempuh sejumlah tahapan. Tahapan tersebut mulai dari pembibitan hingga perawatan. Berikut ini sejumlah tahapan yang harus Kamu tempuh untuk menjalankan bisnis budidaya salak pondoh:

1. Persiapkan Media Tanam

Langkah pertama yang dapat diterapkan sebagai cara menanam salak agar cepat berbuah bagi pemula yaitu menyiapkan media tanam. Media tanam bisa berupa kaleng bekas, polibag, plastik dan masih banyak lagi atau bisa disesuaikan selera. 

Buat media tanam yang mudah dipindah ( sangat disarankan plastik atau polibag. Media tanam ini perlu disiapkan untuk apa? Media tanam perlu disiapkan untuk menunjang proses penyemaian hingga bibit tumbuh optimal dan cepat. 

Pot sebagai media tanam
Pot sebagai media tanam


Umumnya setelah tumbuh nantinya bibit akan dipindahkan ke lahan yang lebih luas. Cara ini diterapkan oleh hampir sejumlah petani untuk mendapatkan keuntungan besar. Dalam usaha pertanian, Kamu harus menempuh memahami karakteristik tanaman salak. 

2. Pilih Bibit Salak

Setelah media tanam disiapkan, penting juga bagi Kamu untuk mengetahui bibit yang akan digunakan. Umumnya cara menanam salak agar cepat berbuah tergantung juga dengan bibit. Semakin berkualitas bibit yang digunakan maka pertumbuhan akan cepat. 

Cari biji salak pondoh yang telah disimpan kemudian masukkan pada media tanam tersebut. Timbun dengan tanah hingga biji salak pondoh tidak terlihat. Simpan di tempat dengan pencahayaan cukup namun jauh dari jangkauan sejumlah hewan peliharaan. 

Tunggu beberapa saat hingga salak pondoh mengeluarkan daun atau sering disebut semai. Budidaya salak pondoh memang tergolong gampang-gampang susah. Ganti biji salak tersebut jika tidak mengalami pertumbuhan sesuai dengan harapan. 

3. Siapkan Lahan Pertanian

Sembari menunggu biji salak pondoh tumbuh biasanya sejumlah petani memilih menyiapkan sejumlah keperluan termasuk lahan. Lahan harus diupayakan agar pertumbuhan pohon salak pilih semakin optimal dan maksimal sesuai harapan. 

Buat jarak tanam sesuai prosedur pada lahan tersebut. Lubangi lahan tersebut seusai dengan prosedur awal dan gemburkan tanah tersebut. Apakah lahan bisa langsung ditanami pohon salak pondoh?

Lahan pertanian
Lahan pertanian


Lahan yang telah selesai dipersiapkan tidak bisa ditanami langsung. Pasalnya lahan tersebut harus didiamkan selama beberapa hari hingga kuman dan bakteri mati. Jika kuman dan bakteri tersebut mati maka proses penanaman bisa cepat tumbuh. 

4. Pemindahan

Setelah berusia lebih dari 3 bulan biji salak tadi akan berubah menjadi pohon dengan daun masih sedikit. Pindahkan bibit salak tersebut ke media yang lebih lapang untuk menunjang pertumbuhan cepat. Cara ini menjadi dasar pertanian paling umum.

Pindahkan bibit salak pondoh tersebut beserta plastiknya sehingga akar tidak terputus. Pasalnya jika akar terputus maka pertumbuhan akan terhambat bahkan kemungkinan terburuknya tanaman salak bisa mati sehingga menimbulkan kerugian tersendiri. 

Lakukan pemindahan secara hati-hati dengan memanfaatkan keahlian di bidang pertanian. Umumnya pemindahan ini dilakukan menjelang musim penghujan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tahapan penyiraman yang butuh air dengan jumlah melimpah. 

5. Siram dan Beri Pupuk

Cara menanam salak pondoh akan optimal jika Kamu mampu mengupayakan sejumlah kebutuhan tanaman tersebut. Kebutuhan tanaman tersebut mulai dari air hingga pupuk. Umumnya penyiraman dilakukan hanya saat musim kemarau saja dengan takaran 2 kali sehari. 

Namun jika musim penghujan berlangsung, Kamu tidak perlu melakukan penyiraman. Buat sumber mata air yang tidak jauh dari lokasi sehingga proses penyiraman tidak membutuhkan waktu banyak. Tidak lupa berikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan. 

Pemupukan


Pupuk apa yang bisa digunakan dalam proses budidaya salak pondoh? Pupuk bisa berasal dari kotoran hewan seperti sapi, kambing, dan ayam. Tidak hanya itu saja, pupuk juga bisa berasal dari sampah dapur ataupun daun kering. 

6. Pangkas Daun

Agar proses panen nanti berlangsung sangat cepat, penting bagi Kamu untuk memangkas daun salak yang mulai rindang. Pemangkasan daun salak bisa menggunakan celurit berukuran sedang hingga besar yang telah diasah. 

Gunakan sarung tangan agar tidak terkena duri salak. Lakukan secara hati-hati dan menyeluruh pada semua pohon salak. Pemangkasan menggunakan celurit mampu membuat pohon tersebut tampak lebih rapi dan proses panen hanya memakan waktu singkat. 

Pemangkasan daun salak bisa pakai parang
Pemangkasan daun salak bisa pakai parang


Buang daun tersebut atau biarkan membusuk sendirinya. Cara menanam salak ini harus diupayakan terlebih jika anakan salak sudah muncul. Apa yang dilakukan jika muncul anakan dari pohon salak? Ambil dan tanam sesuai dengan prosedur budidaya. 

7. Pindahkan Anakan

Biasanya pohon salak akan muncul anakan yang berasal dari biji jatuh ataupun faktor pertumbuhan lainnya. Ambil anakan tersebut kemudian tanam di media lain atau lahan lain. Apa yang terjadi jika anakan tersebut dibiarkan tumbuh di tempat tersebut? 

Tentu saja pertumbuhan antara pohon baru dan lama akan terganggu. Kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut ku hal ini terjadi lantaran nutrisi yang harusnya digunakan oleh satu pohon harus terbagi secara rata sehingga membuat pertumbuhan terhambat. 

Cara menanam salak dari anakan sebenarnya sama saja. Namun biasanya beberapa petani memilih langsung menanam ke media lahan. Pasalnya proses penyemaian bisa berlangsung secara alami sehingga dipindah dalam kondisi sudah menjadi pohon kecil. 

8. Pengendalian Hama

Hak yang tidak boleh dilupakan dalam proses budidaya salak pondoh yaitu hama. Hama harus dikendalikan dengan seksama sehingga pertumbuhan tanaman tersebut tidak terhambat. Bagaimana cara mengendalikan hama pada tanaman dalam pondoh? 

Dalam konsep budidaya salak pondoh, pengendali hama bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan. Tidak hanya itu saja, pengendalian hama juga bisa dilakukan dengan rutin Mengecek kondisi. Kenapa hama perlu dibasmi? 

Hama perlu dibasmi lantaran mengganggu proses pertumbuhan dari tanaman salak tersebut. Tidak hanya itu saja, hama yang dibiarkan secara terus-menerus mampu membuat pohon salak kurang sehat sehingga produktivitas mengalami penurunan. 

9. Panen

Gunakan sarung tangan yang tebal saat melakukan proses panen tanaman salak. Berapa lama pohon salak akan berbuah? Pohon salak umumnya akan berbuah ketika mendekatinya tahun ke 8-12. Pastikan semua kebutuhan terpenuhi sehingga proses budidaya menghasilkan keuntungan berlipat ganda sesuai harapan utama. 

Proses panen biasanya hanya membutuhkan waktu singkat. Jual hasil panen tersebut ke penjual buah ataupun pihak-pihak tertentu. Umumnya penjualan dilakukan secara kiloan, kuintal hingga ton. 

Hasil panen
Hasil panen


Budidaya salak pondoh akan berhasil jika tahapan di atas berhasil Kamu terapkan. Upayakan agar proses penanaman senantiasa memenuhi pedoman pertanian. Ide budidaya lain bisa Kamu pelajari dari artikel yang telah Kami sediakan di website ini. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar