Bisnis Peti Mati, Usaha Menguntungkan yang Jarang diketahui

Peti mati
Peti mati

 CariUang - Beberapa umat tertentu biasanya membutuhkan peti untuk menunjang proses pemakaman seseorang. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai referensi memulai usaha berupa bisnis peti mati. Bisnis ini tergolong cukup menguntungkan lantaran banyak dibutuhkan.

Table of Contents
 

Cara Memulai Bisnis Peti Mati

Jasa pembuatan peti terdekat rata-rata memanfaatkan keberadaan sejumlah bahan unggulan sehingga bisa tahan lama. Hal ini sebenarnya mempengaruhi kepuasan batin pelanggan setia. Berikut ni cara memulai bisnis peti mati yang wajib diketahui:

1. Membuat Planning 

Sebelum membuka jasa pembuatan peta terdekat, Kamu wajib membuat planning usaha. Planning merupakan rencana mengenai hal-hal yang kedepannya dibutuhkan dalam menunjang proses bisnis peti. Apa saja hal yang biasanya dibutuhkan?

Modal, bahan, tenaga, marketing, tempat, dan lain sebagainya. Jangan sampai Kamu salah langkah dalam menentukan tahapan ini. Pasalnya jasa pembuatan peti terdekat memiliki daya saing cukup sedang jika planning tidak bisa diupayakan. 

Biasanya beberapa pemilik jasa pembuatan peti terdekat menjadikan planning sebagai ancang-ancang bisnis. Dengan begitu nantinya usaha ini biasanya diketahui arah kedepannya. Bahkan Kamu juga mudah melakukan evaluasi jika terdapat tahapan kurang maksimal. 

2. Menentukan Target Penjualan 

Sebenarnya siapa target penjualan peti jenazah murah? Target marketing dari peti jenazah murah adalah umat kristiani dan sejumlah rumah sakit ternama. Pasalnya dalam prosesi pemakaman umat kristiani membutuhkan peti jenazah. 

Sediakan berbagai macam peti jenazah sehingga pihak keluarga bisa melakukan pemilihan. Namun, sekarang ini target marketing dari peti jenazah tidak harus dari umat kristiani. Pasalnya beberapa umat Islam juga ada yang menggunakan peti ( jika kondisi tidak memungkinkan).

Kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit ternama untuk menawarkan peti jenazah murah. Dengan begitu target penjualan dari bisnis peti mati ini jelas dan mampu mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar. 

3. Mencari Tim Pengrajin 

Untuk melakukan pembuatan peti jenazah berkualitas tentu diperlukan tim sendiri yang telah ahli di bidangnya. Tim ahli yang biasa melakukan pembuatan peti jenazah berkualitas biasa disebut dengan pengrajin. 

Orang tersebut biasanya telah memahami sejumlah teknik pengelolaan kayu ataupun besi sehingga bisa mengupayakan berbagai macam model peti jenazah berkualitas. Untuk mencari tim Pengrajin yang berpengalaman, Kamu bisa membuka lowongan kerja. 

Seiring berjalannya waktu Kamu juga harus berusaha mendalami keahlian di bidang pembuatan peti sehingga bisnis lebih lancar. Keahlian yang dimiliki sendiri tentu jauh lebih menguntungkan terlebih jika dibekali dengan sejumlah pengalaman mumpuni. 

4. Bahan-bahan Berkualitas 

Dalam menunjang bisnis peti mati tentu Kamu membutuhkan sejumlah bahan-bahan ternama. Bahan-bahan apa saja yang digunakan? Bahan yang digunakan meliputi kayu, besi, paku, palu, alat ukur, dan masih banyak lagi (menyesuaikan jenis). 

Pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan disediakan dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini mencegah terjadinya pembelian berulang-ulang. Hal ini juga menghemat pengeluaran yang harus Kamu upayakan guna melakukan pembelian bahan-bahan. 

Bahan baku bisa berupa kayu
Bahan baku berupa kayu

Perhatian bahan-bahan tersebut lantaran nantinya berpengaruh pada hasil. Tentu pihak keluarganya menginginkan peti yang awet dan bisa digunakan selamanya. Oleh sebab itu dibutuhkan keahlian dalam riset bahan yang berkualitas dan terjangkau m 

5. Sediakan Berbagi Ukuran

Bisnis peti jenazah memang penuh dengan lika-liku salah satunya menyangkut ukuran. Kamu harus pandai-pandai menyediakan peti ke dalam ukuran. Biasanya pihak keluarga yang salah satu anggotanya sudah sakit parah akan melakukan pengukuran terlebih dahulu. 

Namun jika meninggal secara mendadak tentu hal ini tidak mungkin diukur dulu. Jadi untuk mengupayakan berbagai macam kebutuhan dengan ukuran berbeda, Jamu harus menyediakan dengan cara kira-kira. Nanti pihak keluarga akan memilih ukuran yang mendekati. 

Penyesuaian ukuran
Penyesuaian ukuran

Sediakan berbagai macam ukuran mulai dari untuk bayi, anak-anak orang dewasa, dan lansia. Penyediaan ukuran peti jenazah yang beragam membuat banyak orang menjadikann bisnis Kamu sebagai langganan jika mendapati kebutuhan serupa. 

6. Sediakan Berbagai Macam Jenis

Bisnis peti jenazah biasanya juga menyediakan berbagaiacam jenis. Poin ini sebenernya berkaitan erat dengan poin sebelumnya yakni bahan baku. Kamu wajib menyediakan bahan peti jenazah dengan berbagai macam jenis mulai dari tembaga, besi, kaju, hingga logam. 

Penyediaan jenis peti jenazah ini membuat masyarakat bisa menyesuaikanmya dengan kebutuhan dan keuangan tersedia. Semakin bagus jenis peti jenazah yang dipilih maka harganya akan terjangkau. Hal ini bisa dirundingkan terlebih dahulu sebelum proses transaksi berlangsung. 

Penyediaan berbagai macam jenis peti jenazah menjadikan usaha yang akan Kamu jalankan cenderung lebih mudah berkembang. Pasalnya dengan cara ini berarti Kamu mampu memenuhi kepuasan pelanggan atau keluarga yang ditinggalkan. 

7. Sediakan Berbagai Macam Model

Tidak hanya menyediakan berbagai macam jenis saja, Kamu juga harus mampu mengupayakan sejumlah model dari bisnis peti mati. Untuk menyediakan model tertentu Kamu harus pandai-pandai riset kompetitor dan target pasar. 

Ada beberapa model yang polosan hanya bewarna putih ataupun dihias aneka corak. Ada juga peti jenazah yang bewarna cokelat dengan ukuran tertentu. Sebenarnya hal ini bisa disesuaikan dengan mengikuti request pelanggan paling banyak. 

Contoh model peti mati
Contoh model peti mati 

Menyediakan banyak model peti tentu dapat dijadikan sebagai alternatif meningkatan minat dari masyarakat. Biasanya peti mati untuk anak-anak cenderung banyak disukai dengan jenis permakan ramai berupa desain-desain tertentu. 

8. Berikan Bonus 

Beberapa pemilik bisnis peti mati banyak yang mengupayakan bonus kepada pembeli dengan tujuan menarik minat. Bonus bisa berupa cashback ataupun potongan harga dari kesepakatan awal. Cara ini telah diterapkan oleh sejumlah kalangan bisnis bersangkutan. 

Menurut pendapat sejumlah orang yang pernah melakukan pembelian peti mati, bonus ini diberikan guna meringankan biaya pihak keluarga. Namun sebenarnya alternatif ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai marketing tambahan. 

Kamu bisa juga memberikan bonus berupa paket karangan bunga salib ( jika pembeli umat kristen). Dengan menerapkan langkah ini banyak orang akan merasa tertarik dengan bisnis peti mati yang Kamu tawarkan. 

9. Rajin Promosi 

Agar bisnis yang dijalankan sukses menggaet banyak pelanggan, tentu Kamu wajib menempuh tahapan promosi. Tahapan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media ataupun sejumlah situs website ternama. 

Rajin promosi menjadikan bisnis Kamu mudah dikenal atau diketahui banyak orang. Bahkan keberadaan bisnis tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif penolong jika orang sedang membutuhkan keberadaan peti untuk menunjang pemakaman tertentu. 

Promosi menggunakan seo
Promosi menggunakan seo

Semakin sering promosi maka besar potensi peti tersebut diminati banyak orang. Upayakan untuk menggunakan sejumlah media untuk promosi sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dari kalangan tertentu. 

Bisnis peti mati memang tergolong cukup anti mainstream. Namun, keuntungan besar bisa Kamu dapatkan jika bisnis ini berhasil Kamu terapkan. Usaha lain seputar bisnis bisa Kamu baca dengan memanfaatkan artikel di website ini. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar