Usaha Digital Printing Rumahan, Cocok untuk Fresh Graduate

 

Usaha digital printing rumahan
Usaha digital printing rumahan

CariUang - Usaha digital printing rumahan banyak ditempuh oleh sejumlah mahasiswa ataupun siswa SMK yang baru lulus. Pasalnya usaha digital printing ini memiliki peluang bisnis cukup luas dan bisa memberikan keuntungan tinggi terlebih jika strategi marketing tepat sasaran.

Table of Contents
 

Cara Memulai Usaha Digital Printing Rumahan

Dalam memulainya usaha printing rumahan perlu dipersiapkan sejumlah indikator penting. Hal ini bertujuan agar usaha printing rumahan mampu menjanjikan keuntungan sesuai keinginan. Berikut ini cara atau langkah memulainya usaha digital printing rumahan:

1. Menentukan Target Pasar

Menurut pemilik usaha printing rumahan, langkah paling pokok dalam menjalankan bisnis tersebut yakni menentukan target pasar. Apa itu target pasar? Jadi target pasar adalah pihak yang menjadi sasaran penjualan dari usaha print dan foto copy tersebut. 

Target marketing usaha printing
Target marketing usaha printing

Siapa saja pihak yang menjadi target pasar usaha print dan foto copy? Sejumlah pemilik usaha print dan foto copy ataupun printing digital lainnya beranggapan bahwa target pasar adalah kalangan masyarakat luas terutama pelajar/mahasiswa. 

Dengan menentukan target pasar dari usaha tersebut Kamu bisa menjalankan bisnis dengan menyesuaikan karakteristik ataupun kebutuhan Mereka. Tentu tahapan ini perlu diwujudkan guna membangun arah bisnis yang jelas dan lebih terperinci. 

2. Mengetahui Sejumlah Ketrampilan

Bagi Kamu yang masih pemula tentu wajib memiliki sejumlah keahlian guna menjalankan usaha digital printing rumahan. Ketrampilan apa saja yang perlu Aku persiapkan agar usaha tersebut mampu berjalan dengan lancar? 

Menurut pengalaman ku dalam mengamati usaha digital printing, ketrampilan yang wajib dimiliki berupa penguasaan sejumlah teknologi hingga kemampuan mengoperasikan sejumlah aplikasi ataupun situs desain grafis. 

Ketrampilan usaha percetakan
Ketrampilan usaha percetakan 

Sejumlah alat dan aplikasi wajib dikuasai Dengan tujuan untuk memudahkan pengupayaan pelayanan terhadap pelanggan setia. Kamu bisa mempelajari sejumlah teknologi ataupun aplikasi terkait printing dengan mengandaikan YouTube dan internet. 

3. Menyiapkan Keuangan untuk Modal

Hal yang tidak kalah penting dalam mengupayakan bisnis printing digital yakni modal. Berapa modal usaha percetakan rumahan? Modal usaha percetakan rumahan bagi pemula mulai dari 7-15 juta mencangkup beberapa kebutuhan pokok dari bisnis. 

Modal usaha printing
Modal usaha printing 

Untuk apa modal usaha percetakan rumahan? Modal usaha perlu dipersiapkan untuk melakukan pembelian sejumlah peralatan mulai dari print, komputer, mesin foto copy dan lain sebagainya. Modal juga digunakan untuk pembuatan tempat atau lokasi. 

Jika uang atau dana yang Kamu miliki tidak begitu banyak, maka bisa membeli beberapa alat terlebih dahulu. Sebagai contoh Kamu bisa melakukan pembelian alat print yang dapat diisi tinta berulang kali sekaligus mampu dipakai foto copy. 

4. Memahami Seluruh Bahan dan Jenis Media Cetak

Sejumlah pemilik usaha digital printing rumahan menjelaskan bahwa calon pengusaha pemula di bidang terkait wajib menyiapkan berbagai bahan untuk kebutuhan percetakan. Sebelum itu, Kamu wajib memahami berbagai macam jenis media cetak. 

Pemahaman jenis media cetak meliputi nama kertas, ukuran, dan fungsinya. Tahapan ini wajib dipelajari dengan seksama sehingga Kamu tidak pernah salah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen ataupun calon pelanggan setia. 

Alat percetakan
Alat percetakan 

Apa saja jenis kertas yang biasa digunakan untuk print? HVS, Buffalo, dan masih banyak lagi. Terdapat juga berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan keinginan atau request dari pelanggan setia saat akan melakukan percetakan. 

5. Lokasi

Hal yang tidak kalah penting dalam memulai usaha percetakan yakni menentukan lokasi. Sebaiknya lokasi dibuat di tempat yang tidak jauh dari pusat pelayanan umum. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan setia dalam jumlah banyak. 

Menurut pengalaman ku pribadi, rata-rata pemilik usaha percetakan memilih lokasi strategi atau sering dilewati oleh orang lain. Hal ini bertujuan agar usaha tersebut mudah dijangkau dan diketahui oleh banyak orang terutama target pasar. 

Lokasi strategi meliputi dekat sekolah, kampus, pinggir jalan dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyewa ruko di dekat tempat tersebut untuk menekuni usaha. Hampir semua orang memperhatikan tahapan ini guna memenuhi keinginan dari pelanggan. 

6. Menghitung Biaya Operasional

Kamu juga wajib mempersiapkan biaya operasional dalam mengupayakan usaha digital printing rumahan. Apakah biaya ini sudah termasuk modal? Beberapa pemilik usaha sudah memperhitungkan biaya operasional ke dalam modal. 

Namun biaya operasional bersifat gambaran lantaran kebutuhan tersebut akan dirasakan ketika usaha sudah berjalan. Jadi sebaiknya Kamu juga menyediakan dana cadangan ketika operasional sudah diperhitungkan ke dalam modal. 

Biaya operasional digunakan untuk membeli kebutuhan lain seperti tinta yang habis, bayar listrik, karyawan, promosi digital dan lain sebagainya. Menurut pendapat ku, biaya operasional merupakan salah satu kebutuhan pokok dari suatu usaha di bidang tertentu. 

7. Tenaga Kerja

Usaha digital printing rumahan skala menengah ataupun sudah besar tentu membutuhkan tenaga kerja. Tenaga kerja tersebut berperan membantu pemilik usaha dalam menyelesaikan berbagai macam permintaan dari pelanggan setia. 

Tenaga kerja
Tenaga kerja 

 Biasanya usaha percetakan yang telah memiliki tenaga kerja susah memiliki omzet terbilang stabil. Sebelum mencari tenaga kerja, tes dulu keahlian yang dimiliki. Cari tenaga kerja yang pekerja keras, menguasai bidang terkait printing dan lain sebagainya. 

Untuk mengupayakan kinerja karyawan yang meningkat, Kamu bisa memberikan sejumlah apresiasi. Hal ini bertujuan untuk membangun loyalitas terhadap pelanggan setia. Keberadaan loyalitas membuat tenaga kerja selalu memperbaiki kinerja dan memberikan kontribusi cukup tinggi bagi usaha Kamu. 

8. Jasa Printing Online

Beberapa pemilik usaha digital printing rumahan memilih membuka ada secara online. Biasanya usaha secara online dan offline dijalankan bersamaan sehingga mampu memberikan keuntungan ganda. Namun Kamu harus senantiasa berperan aktif dalam menyusun strategi pemasaran.

Terlebih calon pembeli atau pelanggan setia tidak perlu mendatangi lapak usaha Kamu untuk melakukan pemesanan. Jadi tawarkan semua jasa printing online tersebut dengan membuat katalog produk di sosial media ataupun marketplace. 

Bagaimana prosedur order jasa printing online? Nanti pembeli tinggal mencari nomor atau mars hubung usaha Kamu untuk mengirimkan sejumlah dokumen. Lakukan pelayanan sesuai permintaan kemudian kirimkan menggunakan jasa ekspedisi sesuai alamat tertera. 

9. Investasi Sarana Prasarana

Menurut pendapat ku, usaha percetakan cenderung mudah mengalami perkembangan secara pesat terlebih jika strategi yang dijalankan tepat sasaran. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik usaha untuk menempuh investasi sejumlah peralatan. 

Peralatan usaha printing digital
Peralatan usaha printing digital

Investasi peralatan dapat diupayakan dengan menyisihkan sedikit keuntungan guna membeli teknologi baru. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika alat lama rusak maka proses printing tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa mengurangi produktivitas. 

Gunakan peralatan yang semakin canggih dan mudah dioperasikan sehingga hasil percetakan juga berkualitas. Sejumlah pemilik usaha printing menjelaskan, investasi Sarana mampu memberikan keuntungan dalam jangka waktu panjang.

Usaha digital printing rumahan dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis bagi siswa baru lulus. Biasanya mereka sudah dibekali ilmu seputar percetakan sejak memasuki bangku SMK. Terapkan trik bisnis lain dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar