Persiapan Memasuki Dunia Kerja, Nomor 2 Jangan Sampai Lupa

 

Dunia kerja
Dunia kerja

CariUang - Persiapan memasuki dunia kerja harus diupayakan sejak Kamu lulus SMK atau kuliah. Pasal ya mencari pekerjaan zaman sekarang sangatlah susah. Dunia kerja adalah tempat dimana Kamu harus berupaya menuntaskan berbagai tugas agar dapat uang.

Table of Contents
 

Ragam Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Dunia kerja adalah salah satu momen yang mendebarkan bagi sebagian orang. Pasalnya dunia kerja adalah tempat yang penuh tantangan sehingga dibutuhkan persiapan matang. Berikut ini persiapan memasuki dunia kerja:

1. Bangun Jaringan

Kamu yang masih menempuh pendidikan wajib membangun jaringan atau relasi seluas-luasnya. Untuk apa relasi atau jaringan harus dijalin dengan luas? Menurut pendapat sebagian orang, relasi menjadi jembatan yang mampu mengantarkan Kamu. 

Ilustrasi relasi dalam dunia kerja
Ilustrasi relasi dalam dunia kerja


Bagaimana cara membangun jaringan? Membangun jaringan bisa diupayakan dengan ikut organisasi, seminar, komunitas, dan melibatkan diri dalam pengabdian. Contoh persiapan kerja ini sudah banyak diterapkan oleh sebagian besar mahasiswa. 

Dalam beberapa kasus, contoh persiapan kerja ini banyak ditempuh oleh sejumlah lulusan SMK. Mereka cenderung memiliki waktu pendidikan yang lebih singkat sehingga persiapan masuk dunia kerja harus diupayakan sejak awal atau semasa sekolah. 

2. Perluas Wawasan dan Ketrampilan

Hampir semua perusahaan baik swasta maupun instansi pemerintah pasti membutuhkan pekerja yang kompeten dan ahli di bidangnya. Hal itu bisa Kamu upayakan dengan memperluas wawasan agar nantinya masuk dunia kerja sudah terbiasa. 

Ikuti webinar dan pelatihan untuk mengembangkan skil ataupun keterampilan
Ikuti webinar dan pelatihan untuk mengembangkan skil ataupun keterampilan


Bagaimana cara meningkatkan wawasan? Kamu bisa belajar bersama orang yang lebih ahli dengan cara ikut webinar atau seminar. Cara ini sudah Aku terapkan dan terbukti memberikan pengaruh positif dalam upaya persiapan memasuki dunia kerja. 

Sementara' ketrampilan pada diri seseorang bisa dilatih dengan mengikuti kursus atau belajar secara otodidak. Kedua cara tersebut banyak diterapkan oleh lulusan SMK ataupun kuliah. Pastikan ikut kursus sesuai dengan passion yang Kamu miliki. 

3. Pastikan Nilai Akademik Stabil

Strategi memasuki dunia kerja wajib dipersiapkan sejak duduk di bangku sekolah menengah kejuruan ataupun kuliah. Menurut sejumlah pemilik usaha, rata-rata mereka akan mengambil pekerja yang mempunyai nilai akademik stabil atau selalu meningkat. 

Kenapa nilai akademik berpengaruh? Pasalnya beberapa orang beranggapan bahwa nilai stabil menunjukkan kemapuan pada calon pekerja. Rutin belajar dan selalu ikuti bimbel agar nilai akademik senantiasa mengali peningkatan dari sebelumnya. 

Terlebih beberapa perusahaan akan melirik nilai akademik terlebih dahulu sebelum mencari pekerja. Sebelum itu, pastikan Kamu tidak kebanyakan izin agar nantinya nilai raport ataupun ijazah tetap terlihat bagus. 

4. Ikuti Magang

Bagi siswa SMK pasti akan mengikuti magang sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Program magang ini bisanya diupayakan berdasarkan bidang kejuruan yang diambil saat SMK. Sebagai contoh jurusan akuntansi pasti magang di bidang terkait. 

Anak magang
Anak magang


Apa bidang yang terkait dengan akuntansi? Bidang yang terkait dengan akuntansi antara lain bank, konsultan pajak, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan mahasiswa? Mahasiswa nantinya juga akan tetap mengikuti program magang sesuai bidang jurusan. 

Sebenarnya apa tujuan dari magang? Menurut sejumlah orang, magang dilakukan dengan tujuan untuk memperluas keahlian hingga membuktikan bahwa teori yang dipelajari mampu diterapkan di dunia kerja. Setelah magang nanti akan dapat sertifikat. 

5. Kumpulkan Prestasi

Selain nilai, persiapan memasuki dunia kerja juga bisa diupayakan dengan mengumpulkan prestasi. Hal ini sudah Aku lakukan sejak memasuki bangku kelas 2 SMK. Prestasi seperti apa yang perlu diupayakan agar bisa dijadikan persiapan?

Sertifikat prestasi akademik
Sertifikat prestasi akademik


Prestasi yang berasal dari akademik dan non akademik seperti kedutaan, olimpiade, turnamen olahraga tunggal dan masih banyak lagi. Prestasi sering dipertimbangkan lantaran mampu menimbulkan citra positif pada diri calon pelamar kerja. 

Umumnya orang dengan prestasi banyak cenderung mudah mendapatkan ruang. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai strategi memasuki dunia kerja. Lakukan persiapan optimal sebelum kompetisi agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. 

6. Buat CV dan Portofolio

Penting juga bagi Kamu untuk membuat CV dan portofolio sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Bagaimana cara membuat CV? Cara membuat CV bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan aplikasi desain online seperti Canva. 

Portofolio manual
Portofolio manual


Lantas bagaimana cara membuat portofolio? Cara membuat portofolio juga bisa memanfaatkan keberadaan Canva. Keduanya wajib dibuat dengan optimal agar nantinya dilirik oleh HRD suatu perusahaan yang sudah diidam-idamkan. 

Apa saja yang harus ada di CV dan portofolio? CV harus berisi data diri, pengalaman, dan prestasi ( tambahan). Sementara portofolio harus berisikan data diri dan contoh hasil kinerja yang telah ditempuh selama bekerja atau menempuh pendidikan. 

7. Pelajari Etika Kerja

Sebelum memasuki dunia kerja, Kamu wajib memahami etika profesi atau yang sering disebut dengan etika kerja. Dalam memahami etika kerja setiap profesi dan perusahaan mempunyai ketentuan yang berbeda-beda sehingga harus dipelajari sejak awal. 

Etika kerja mencangkup beberapa norma-norma atau nilai-nilai penting dalam industri kerja. Di sini Kamu harus mampu adaptasi dengan tenaga kerja yang lain agar tidak kalah saing. Apa saja manfaat dari etika kerja yang diterapkan dengan baik?

Menurut sejumlah pengusaha, etika kerja yang dijalankan dengan baik mampu membawa pengaruh positif seperti memudahkan adaptasi hingga tidak menghambat berbagai macam tugas selama berkerja di instansi atau industri tertentu. 

8. Tingkatkan Skill Komunikasi

Hampir semua perusahaan hingga industri mencari tenaga kerja yang mudah diajak berkomunikasi atau berbicara. Bisa dikatakan publik speaking atau ilmu komunikasi menjadi dasar dalam mengikuti serangkaian proses penerimaan pekerja baru.

Publik speaking dalam dunia kerja
Publik speaking dalam dunia kerj


Tidak hanya itu saja, orang yang pandai berkomunikasi cenderung mudah untuk melakukan interaksi hingga koordinasi. Hal inilah yang membuat hampir semua perusahaan mengharuskan tenaga kerjanya memiliki skill komunikasi dasar. 

Bagaimana cara melatih skill komunikasi? Melatih skill komunikasi dapat diupayakan dengan mengikuti webinar hingga kursus tersendiri. Selain mampu meningkatkan skill komunikasi, cara ini juga berpotensi membuat individu lebih percaya diri. 

9. Siapkan Semua Persyaratan Melamar Kerja

Persiapan memasuki dunia kerja yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan yakni mengikuti semua persyaratan. Sejak awal Kamu harus melihat persyaratan yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi idaman. 

Proses melamar kerja
Proses melamar kerja


Hal ini bertujuan agar nantinya Kamu bisa menyesuaikan dengan persyaratan tersebut. Terlebih jika persyaratan tersebut butuh tahapan dengan proses panjang. Dalam melamar kerja Kamu juga harus menempuh serangkaian tahapan penting. 

Pastikan semua tahapan yang dikeluarkan oleh perusahaan diikuti dengan baik. Hal ini bertujuan agar kedepannya proses melamar kerja bisa memuaskan. Salah satu persiapan paling menonjol yaitu wawancara. Persiapkan jauh-jauh hari agar hasil sesuai harapan. 

Persiapan memasuki dunia kerja tersebut dapat Kamu upayakan sejak awal agar proses melamar di suatu perusahaan berjalan lancar. Dapatkan informasi seputar pekerjaan atau profesi dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar