Ragam Usaha Kaki Lima yang Menguntungkan, Nomor 3 dijamin Cepat Kaya

Lapak penjualan makanan kaki lima
Lapak penjualan makanan kaki lima

 CariUang - Usaha kaki lima yang menguntungkan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis jangka pendek ataupun panjang. Tidak sedikit dari orang yang menerapkan contoh pedagang kaki lima berhasil membuka gerai sendiri hingga meraih omzet puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Table of Contents
 

Ide Usaha Kaki Lima yang Menguntungkan

Terdapat berbagai macam contoh pedagang kaki lima yang bisa dijadikan sebagai ide jualan. Umumnya kunci sukses pedagang kaki lima terletak pada produk yang ditawarkan. Berikut ini sejumlah produk yang cocok dijadikan ide usaha kaki lima yang menguntungkan:

1. Pentol

Contoh pedagang kaki lima yang seringkali diterapkan oleh orang-orang yakni berjualan pentol. Makanan ini umumnya terbuat dari tepung dan daging yang telah dihaluskan kemudian dibentuk bulatan. Menurut sejumlah pelaku usaha pemula, penjualan pentol bisa memakai gerobak.

Penjualan pentol gerobakan
Penjualan pentol gerobakan

Buat berbagai macam varian pentol yang lezat, unik, dan murah sehingga mampu menggaet banyak orang. Menurut pengalaman ku dalam mencari makanan ini, penyajian bisa ditempuh dengan dua hal yakni menggunakan plastik bening ataupun cup bening berukuran sedang. 

Penyajian pentol umumnya dilakukan dengan menyediakan kecap, sambal, dan saus. Beberapa penjual menjelaskan, baiknya sambal dibuat sendiri sehingga terdapat ciri khas pada produk jualan yang ditawarkan. Tahapan ini juga bertujuan membangun brand pada ide jualan tersebut. 

2. Takoyaki

Jajanan kaki lima paling laris biasanya dimiliki oleh kuliner yang unik dan memiliki bentuk menarik seperti takoyaki. Makanan khas Jepang ini banyak dijual oleh pemilik usaha kaki lima yang menguntungkan. Penyajian takoyaki umumnya bisa memakai mika hingga Bento. 

Kunci sukses pedagang kaki lima yang menawarkan takoyaki terletak pada topping. Jadi usahakan topping yang Kamu sediakan banyak dan melimpah sehingga menarik banyak orang. Penyajian takoyaki sangat lezat jika masih hangat hal ini tentu harus bisa dijadikan evaluasi. 

Hampir sejumlah penjual jajanan kaki lima paling laris berupa takoyaki akan memasak secara dadakan. Selain mempertahankan cita rasa tahapan ini bertujuan untuk menyesuaikan selera masing-masing pembeli. Jangan lupa sediakan berbagai varian menu yang menarik pembeli. 

3. Minuman Kekinian

Tidak hanya menawarkan berbagai macam makanan khas saja, Kamu juga bisa menjual aneka minuman kekinian. Berbagai macam minuman yang ditawarkan bisa berupa dingin atau hangat. Hal ini biasanya disesuaikan juga dengan cuaca atau musim yang sedang berlangsung. 

Pembuatan minuman kekinian
Pembuatan minuman kekinian 

Terlebih jika menjual minuman kekinian berarti kamu telah menempuh usaha kaki lima yang menguntungkan. Beberapa minuman kekinian meliputi cappucino cincau, boba, aneka jus, dan masih banyak lagi. Kunci sukses pedagang kaki lima berupa minuman terletak pada aneka menu. 

Jadi bisa dipastikan jika ingin usaha meningkat drastis maka menu yang disediakan harus bervariasi. Kemas minuman menggunakan cup kecil, sedang dan besar. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan permintaan dari pembeli dan juga patokan harga yang dikeluarkan. 

4. Gorengan

Menurut sejumlah pemilik UMKM, usaha kaki lima yang menguntungkan bisa diupayakan dengan menjual berbagai macam gorengan. Kunci sukses pedagang kaki lima yang menjajakan gorengan yakni membuat adonan secara cepat dan selalu mengupayakan kelezatan produk. 

Sediakan berbagai macam gorengan mulai dari tempe goreng, tape goreng, pisang goreng, tahu isi, singkong goreng dan masih banyak lagi. Menurut pendapat ku, penjual yang menyediakan berbagai macam menu cenderung menjadi alternatif pilihan oleh sejumlah kalangan pembeli. 

Pastikan harga yang dibanderol juga terjangkau sehingga tidak kalah saing. Berapa idealnya harga jual gorengan? Harga jual gorengan mulai dari Rp 1.000 - Rp 2.000. Sediakan berbagai lalapan seperti cabe dan juga sambal sebagai cocolan dari gorengan tersebut. 

5. Martabak

Jajanan kaki lima paling laris bisa juga diupayakan dengan menawarkan martabak. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjual kaki lima yang memilih menawarkan martabak. Penjualan martabak cenderung cukup mudah lantaran bahan-bahan bisa dijumpai di pasaran. 

Apa bahan dasar pembuatan martabak? Bahan dasar pembuatan martabak meliputi telur, sejumlah topping dan penyedap rasa. Menariknya Kamu bisa menjual dua jenis martabak sekaligus dalam satu lapak. Apa saja jenis martabak yang biasanya ditawarkan oleh UMKM?

Penjualan martabak
Penjualan martabak 

Jenis martabak yang ditawarkan meliputi asin dan manis. Sediakan juga berbagai macam topping atau isian martabak agar bisa disesuaikan selera calon pembeli. Kamu bisa menjual martabak dengan harga mulai dari Rp 25.000 -70.000 per porsi.

6. Batagor

Usaha kaki lima yang menguntungkan menurutku juga bisa diwujudkan dengan menjual batagor. Makanan satu ini cenderung disukai oleh sejumlah orang lantaran mampu dijadikan sebagai alternatif menunda lapar. Umumnya batagor dijual di pinggir jalan saat pagi hingga sore. 

Bahan utama batagor yakni bakso tenggiri, kulit pangsit, dan timun. Siram semua jenis bahan yang sudah diolah tersebut menggunakan sambal kacang. Peracikan batagor bisanya disesuaikan dengan request dari pembeli. Hal ini tentu membuat Kamu harus menyediakan berbagai pengemasan. 

Pengemasan batagor menggunakan apa? Pengemasan batagor menggunakan plastik bening. Sediakan tusuk ataupun sendok plastik yang memudahkan pembeli mengonsumsi makanan tersebut. Umumnya harga jual batagor bisa disesuaikan dengan request dari pembeli. 

7. Jajanan Kekinian

Sejumlah UMKM banyak menerapkan usaha kaki lima yang menguntungkan dengan menjual berbagai macam jajanan kekinian. Apa saja jajanan kekeinian yang bisa diupayakan? Jajanan yang bisa disediakan meliputi tempura, aci telur, aci colok, telur gulung dan lain sebagainya. 

Makanan kekinian
Jajajan kekinian 

Penjualan jajanan kekeinian biasanya memiliki target marketing berupa anak-anak hingga remaja. Jual berbagai macam jajanan kekeinian dengan harga terjangkau atau menyesuaikan request dari pembeli. Idealnya harga jajanan kekinian dibanderol mulai dari Rp 5.000. 

Gunakan plastik ataupun cup sebagai pengemasan jajanan kekinian. Biasanya penjualan jajanan kekinian diupayakan oleh pelaku usaha dengan memanfaatkan keberadaan gerobak. Namun tidak sedikit juga penjual memilih menawarkan jajanan kekinian dengan membuat stand jualan. 

8. Mie Ayam Bakso

Usaha kaki lima yang menguntungkan menurut sejumlah pelaku bisnis juga terdapat pada penjualan mie ayam dan bakso. Menu berupa mie ayam banyak disukai oleh sejumlah kalangan masyarakat lantaran mengenyangkan, murah, dan mampu dijangkau oleh banyak orang. 

Penjualan bakso
Penjualan bakso

Hal ini juga berlaku pada penjualan bakso. Selain daging yang menyehatkan, makanan ini disukai lantaran mampu menunda lapar. Penjualan bakso dan mie ayam umumnya bisa dimakan di tempat atau dibungkus untuk dibawa pulang ke rumah. 

Sediakan berbagai macam perlengkapan atau alat jualan yang mumpuni agar bisa melayani permintaan pembeli. Kamu bisa menjual kedua makanan tersebut hanya dengan mengandalkan satu gerobak. 

9. Nasi Goreng

Menjelang malam hari masyarakat banyak yang mencari nasi goreng sebagai alternatif mengatasi rasa lapar. Kamu bisa menjual nasi goreng sebagai upaya mendapatkan penghasilan tambahan. Nasi goreng memang banyak dijual saat menjelang malam hari. 

Penjualan nasi goreng
Penjualan nasi goreng

Pembuatan nasi goreng baiknya diupayakan dengan cara dadakan. Jadi masak produk tersebut ketika pembeli datang. Kenapa proses memasak harus dadakan? Hal ini bertujuan untuk mempertahankan cita rasa dari nasi goreng. 

Jual juga berbagai macam menu tambahan seperti gorengan hingga ayam. Hal ini bisa disesuaikan dengan request pembeli. 

Usaha kaki lima yang menguntungkan bisa Kamu upayakan dengan menawarkan berbagai menu tersebut. Pastikan mempertimbangkan berbagai faktor agar usaha lancar. Kamu bisa mempelajari sejumlah hal terkait jualan dengan baca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar