Mengintip Bisnis Wisata Gunung yang Bikin Kamu Makin Untung

 

Daerah pengunungan bisa dimanfaatkan untuk membangun berbagai bisnis
Daerah pengunungan bisa dimanfaatkan untuk membangun berbagai bisnis

CariUang - Bisnis wisata gunung umumnya banyak ditempuh oleh sejumlah masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Dalam mengupayakan usaha tersebut tentu Kamu harus tinggal di daerah pegunungan yang masih asri dengan akses sudah mudah.

Table of Contents
 

Ragam Jenis Bisnis Wisata Gunung

Umumnya wisata gunung mampu dijadikan peluang bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang pariwisata. Terlebih bisnis satu ini tergolong masih sangat jarang ditempuh. Berikut ini berbagai macam jenis bisnis wisata gunung yang bisa Kamu jadikan pekerjaan:

1. Wisata Perkebunan

Kamu yang punya lahan di sekitar gunung bisa membuka area perkebunan sebagai destinasi pariwisata baru. Umumnya wisata gunung ini digarap oleh sejumlah petani berpengalaman agar pertumbuhan tanaman pada daerah perkebunan subur-subur. 

Wisata perkebunan teh
Wisata perkebunan teh


Apa saja yang cocok dijadikan sebagai tanaman perkebunan di wisata gunung? Kamu bisa membuat perkebunan teh, strawberry, jeruk, aneka sayur-sayuran dan masih banyak lagi. Di daerah pegunungan seperti sarangan wisata ini sangat mudah ditemukan. 

Menurut pengalaman ku pribadi, wisata perkebunan cukup diminati oleh masyarakat lantaran selain bisa rekreasi juga dapat mencoba panen. Sediakan berbagai alat mulai dari gunting hingga keranjang untuk menampung berbagai macam hasil panen. 

2. Peternakan

Bagi Kamu yang belum memiliki keahlian di bidang pertanian, bisa membuat peternakan sebagai bisnis di pegunungan. Destinasi di bidang perkebunan sebenarnya hampir mirip dengan kebun binatang yang mudah ditemukan di daerah kota. 

Peternakan bisa dijadikan sebagai wisata edukasi
Peternakan bisa dijadikan sebagai wisata edukasi


Kamu bisa menyediakan berbagai macam hewan ternak mulai dari domba, rusa, kelinci, sapi, dan masih banyak lagi. Beberapa wisata yang menyediakan hewan produktif seperti sapi juga turut memberikan kesempatan pengunjung untuk memeras susu. 

Bisanya usaha pariwisata di bidang peternakan turut kerja sama dengan usaha agen perjalanan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung mendatangi bisnis wisata gunung milik kamu. Pastikan usaha agen perjalanan yang dipilih telah terbukti amanah. 

3. Pemandu Pendakian

Bagi Kamu yang hobi naik gunung sangat disarankan untuk mencoba bisnis memandu pendakian. Umumnya profesi ini ditempuh oleh orang yang sudah memahami rute pegunungan setempat sehingga acara berwisata mampu berjalan dengan lancar. 

Bisnis wisata gunung bisa diupayakan dengan menjadi pemandu pendakian
Bisnis wisata gunung bisa diupayakan dengan menjadi pemandu pendakian


Sebelum memulai bisnis wisata gunung ini, Kamu wajib memiliki kesehatan yang mumpuni dan fit. Kenapa mendaki gunung tubuh harus dalam kondisi fit? Pasalnya mendaki gunung membutuhkan kesiapan mental, tenaga dan waktu tertentu. 

Jadi semuanya harus dilakukan dengan kondisi tubuh yang benar-benar sehat agar upsemua proses berjalan lancar. Himbau pengunjung atau calon pendaki untuk membawa sejumlah peralatan dan keperluan. Kamu bisa bekerja sama dengan bisnis persewaan. 

4. Lahan Camping

Menurut pemilik usaha lahan perkemahan di gunung, mereka yang malas ribet bisa mengupayakan bisnis satu ini. Umumnya lahan camping membutuhkan tanah luas sehingga usaha yang dijalankan mampu menjaring target berjumlah banyak.

Biasanya pengunjung akan meminta bantuan usaha agen perjalanan untuk memudahkan pencarian lahan camping. Buat Kamu yang punya lahan nganggur disarankan untuk mencoba bisnis satu ini sehingga keuntungan lebih besar lagi. 

Sewa lahan perkemahan
Sewa lahan perkemahan


Dalam mengupayakan lahan camping, Kamu harus memastikan bahwa tempat tersebut aman dari serangan sejumlah hewan buas. Dengan begitu pengunjung yang hendak menyewa lahan camping tetap merasakan nyaman dan liburan tampak menyenangkan. 

5. Menyewakan Alat Camping dan Mendaki

Bisnis wisata gunung juga bisa diupayakan dengan menyewakan sejumlah alat camping. Kamu bisa memulai bisnis persewaan ini dengan menawarkan berbagai macam produk mulai dari tenda, kompor, tikar, alat masak, dan lain sebagainya. 

Bisnis persewaan lainnya juga bisa diupayakan dengan menawarkan produk perlengkapan pendakian mulai dari tas, tenda, tongkat, dan masih banyak lagi. Kenapa harus bisnis persewaan? Kamu juga bisa menawarkan produk jualan lainnya di gunung. 

Beberapa produk yang potensial jika ditawarkan di gunung mulai dari makanan untuk bekal pendakian hingga sejumlah cemilan ringan. Umumnya usaha ini banyak ditempuh oleh masyarakat yang memiliki rumah tidak jauh dari lokasi gunung.

6. Area Outbound

Kegiatan mahasiswa hingga anak-anak tertentu seringkali diadakan di pegunungan ataupun hutan. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyediakan area outbound lengkap dengan sejumlah perlengkapan yang menarik minat pengunjung. 

Sediakan berbagai macam permainan yang menantang nyali dan cocok dijadikan sebagai selingan. Umumnya area outbound ini banyak diincar oleh sejumlah mahasiswa yang ingin mengisi kegiatan liburan bersama organisasi atau teman satu kelas. 

Buat area outbound yang menarik perhatian banyak orang sehingga nantinya pengunjung akan merekomendasikan pada pihak-pihak lain. Biasanya hal ini sering disebut dengan promosi dari mulut ke mulut. Meskipun terkesan sepele manfaat cukup gede. 

7. Warung Makan 

Bisnis wisata pegunungan dapat Kamu upayakan dengan membuka warung makan. Usaha ini cukup potensial pasalnya daya saing masih minim sehingga bisnis bisa dijalankan dengan mudah. Siapa target penjualan makanan di warung tersebut? 

Menurut pendapat penjual warung di pegunungan, target penjualan adalah mereka yang hobi berwisata di daerah tersebut hingga pendakian. Suhu udara di gunung cukup dingin sehingga sebaiknya Kamu menawarkan berbagai macam makanan yang hangat. 

Beberapa makanan yang disukai oleh pendaki meliputi soto, pecel, mie instan, dan masih banyak lagi. Ketika buka malam hari, bisanya warung di pegunungan akan ganti menu ke gorengan hingga sejumlah minuman hangat seperti kopi hingga wedang jahe. 

8. Taman 

Saat ini sudah banyak daerah pegunungan yang disulap menjadi taman indah. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai referensi untuk membangun bisnis. Dalam menjalankan usaha ini dibutuhkan keahlian pengelola agrowisata yang dengan skala luas. 

Sediakan berbagai macam wahana mulai ayunan, tempat duduk, dan masih banyak lagi. Semakin lengkap wahana dan permainan yang Kamu sediakan biasanya mampu menarik perhatian banyak orang terutama target kunjungan wisata tersebut. 

Menumbangkan agrowisata berupa taman juga membutuhkan modal yang cukup besar. Berapa modal untuk membuat taman? Modal yang dibutuhkan untuk membuat taman sekitar 50-100 juta atau menyesuaikan dengan jumlah wahana yang tersedia.

9. Villa Klasik

Berwisata di pegunungan atau mendaki gunung seharian tentu membuat tubuh terasa lelah bukan main. Hal ini tentu membuat pengunjung membutuhkan tempat singgah sejenak seperti villa klasik. Bagaimana penampakan villa klasik yang menarik?

Villa klasik bisa dibuat dengan memanfaatkan sejumlah bahan sederhana seperti kayu dan bambu. Walaupun tidak mewah umumnya tempat ini menarik lantaran memunculkan kesan sederhana sehingga pengunjung villa klasik merasa nyaman. 

Villa klasik
Villa klasik


Apakah usaha ini butuh modal banyak? Tentu, usaha ini membutuhkan modal yang banyak. Kamu bisa menyicil modal tersebut dengan membuat rumah untuk dihuni sendiri ala villa. Nantinya Kamu bisa menyewakan kepada pengunjung.

Bisnis wisata gunung tersebut tergolong menguntungkan jika dijalankan terlebih usaha ini memiliki daya saing cukup rendah. Perluas ilmu seputar bisnis pariwisata dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar