Usaha Kolam Pancing, Terapin Biar Akhir Bulan Tak Merinding

 

Orang yang mancing di kolam
Orang yang mancing di kolam

CariUang - Usaha kolam pancing umumnya banyak ditempuh oleh orang yang menyukai hobi tersebut. Dalam memulai bisnis ini dibutuhkan keahlian di bidang wirausaha. Sebelum itu Kamu perlu mempertimbangkan berbagai indikator agar untung besar.

Table of Contents
 

Ragam Tahapan Memulai Usaha Kolam Pancing

Keuntungan usaha pemancingan bisa didapat jika bisnis ini dijalankan dengan baik dan benar. Terdapat serangkaian tahapan yang bisa ditempuh agar usaha berjalan dengan lancar. Berikut ini tahapan menempuh keuntungan usaha pemancingan bernilai besar:

1. Buat Anggaran Usaha

Biaya pembuatan kolam pemancingan harus dipikirkan sejak awal. Hal ini bertuah agar keuntunga usaha pemancing bisa diupayakan. Dalam menganalisis biaya pembuatan kolam pemancingan harus didasarkan dengan Berbagai macam faktor internal. 

Buat anggaran usaha
Buat anggaran usaha

Beberapa faktor mulai dari tempat, biaya pembuatan, bibit ikat, pengembang dan lain sebagainya. Dalam merancang biaya pembuatan kolam pemancingan, Kamu harus punya keahlian khusus di bidang keuangan agar anggaran sesuai sasaran. 

Berapa perkiraan biaya pembuatan kolam ikan untuk pemancing? Kira-kira biaya yang dibutuhkan sekitar 7-15 juta ( jika lahan sudah milik sendiri) jika lahan belum punya sendiri, Kamu bisa menyewa atau mengumpul dana terlebih dahulu. 

2. Pilih Lokasi

Setelah anggaran yang akan digunakan berhasil disiapkan, Kamu bisa memilih lokasi usaha yang strategis. Biasanya lokasi yang dipilih bisa di dekat permukiman warga hingga tak jauh dari area persawahan. Hal ini perlu diperhatikan agar bisnis ramai. 

Pilih lokasi usaha kolam yang strategis
Pilih lokasi usaha kolam yang strategis 

Dalam memilih lokasi Kamu harus pandai menganalisis potensi usaha kolam pancing didatangi banyak orang. Pemilihan lokasi yang strategis biasanya membuat banyak orang tertarik menyambangi tempat pemancingan ikan tersebut. 

Usahakan membuat benner atau plang yang mengarahkan ke lokasi jika tempat pemancingan tersembunyi. Keberadaan plang ini bertujuan untuk mengarahkan orang menuju ke lokasi tempat pemancingan yang Kamu sediakan sebagai bentuk usaha. 

3. Buat Kolam Pemancingan

Usaha kolam pancing akan optimal jika penyediaan wadah berukuran besar atau menyesuaikan kapasitas ikan. Keuntungan usaha pemancingan sebenarnya tergantung dengan jenis ikan yang disediakan hingga ukuran kolam pada bisnis tersebut.

Buat kolam pemancingan yang strategis
Buat kolam pemancingan yang strategis 

Berapa idealnya ukuran kolam untuk usaha? Menurut pengakuan sejumlah orang, ukuran kolam pemancingan untuk bisnis bisa dibuat sekitar 200 m² - 300 m². Namun ukuran kolam tersebut bisa disesuaikan dengan kapasitas ikan yang akan disebar. 

Buat usaha kolam pancing berdasarkan jenis ikan yang disediakan. Misal terdapat ikan nila, gurame, mas, kakap, dan lele pisahkan kolam tersebut. Pasalnya perawatan jenis ikan berbeda-beda sehingga usaha kolam pemancingan tetap berjalan dengan lancar.

4. Pilih Jenis 

Resiko usaha pemancingan cukup tinggi. Hal itu bisa dicegah dengan berbagai macam cara. Bagaimana cara mencegah resiko usaha pemancingan agar tidak bangkrut? Selektif dalam memilih jenis ikan yang nantinya akan ditebar pada kolam pemancingan. 

Pilih jenis ikan yang akan ditebar di kolam
Pilih jenis ikan yang akan ditebar di kolam

Jenis ikan apa yang paling sering ditebar di kolam pancing? Menurut sejumlah orang yang hobi mancing, jenis ikan paling sering ditebar mulai dari gurame, nila, hingga lele. Pastikan menyediakan bibit dengan banyak agar nantinya usaha bisa untung besar. 

Dalam mengurangi resiko usaha pemancingan, Kamu juga harus selektif dalam memilih bibit. Cari bibit yang berasal dari budidaya petani berpengalaman agar diketahui kualitasnya. Biasanya bibit berkualitas dari petani ikan dibanderol dengan harga murah. 

5. Tebar Benih Ikan

Setelah mengetahui jenis ikan yang cocok dibudidayakan, Kamu bisa langsung menyebarnya pada kolam. Sebelum itu, pastikan sebelum ditebar benih ikan sudah cukup umur. Berapa idealnya usia bibit ikan untuk usaha kolam pancing?

Idealnya usia bibit ikan mulai dari 2-3 bulan baru bisa disebar di kolam pemancingan. Upayakan penyebaran merata dan dilakukan sesuai dengan jenisnya. Hal ini bertujuan agar nantinya perawatan ikan untuk usaha kolam pancing bisa lebih optimal. 

Apa yang perlu dilakukan sebelum benih disebar? Menurut pengalaman sejumlah pemilik usaha bersangkutan, sebelum penyebaran benih upayakan kondisi kolam bersih dari kuman dan bakteri. Gunakan air yang bersih juga agar nantinya pertumbuhan optimal. 

6. Beri Perawatan

Dalam mengupayakan usaha kolam ikan pancing diperlukan perawatan ekstra. perawatan ini diperlukan dengan tujuan agar ikan tumbuh dengan cepat dan besar-besar. Terlebih beberapa tempat pemancingan menetapkan tarif berdasarkan bobot ikan. 

Berikan perawatan seperti pakan
Berikan perawatan seperti pakan

Lakukan perawatan dengan berbagai macam cara mulai dari rutin mengganti air hingga memberikan pakan. Beberapa pemilik usaha bersangkutan seringkali melupakan perawatan dan beranggapan bahwa ikan bisa kenyang lantaran hidup di air. 

Beri pakan berupa pelet hingga campuran nasi agar ikan lebih cepat kenyang. Jika terdapat ikan yang mati segera angkat dan buang. Pasalnya membiarkan ikan mati terapung mampu menulari yang lain.

7. Beri Fasilitas Mewadahi

Dalam mengupayakan usaha kolam pancing Kamu wajib menyediakan berbagai macam fasilitas. Fasilitas yang perlu disediakan mulai dari tempat duduk, tempat sampah, alat pancing, tempat buang air kecil ( toilet), parkir, dan masih banyak lagi. 

Sediakan fasilitas seperti toilet agar pelanggan betah
Sediakan fasilitas seperti toilet agar pelanggan betah

Dengan menyediakan fasilitas mewadahi, Kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung kolam setiap hari. Tidak hanya menyediakan fasilitas saja, Kamu juga wajib menjaga pelayanan kepada pelanggan setia. Hal ini bertujuan agar terbangun loyalitas. 

Pengupayaan fasilitas yang lengkap dan sesuai kebutuhan biasanya mempengaruhi patokan harga. Jadi bisa disimpulkan bahwa jika ingin mematok harga lebih Kamu bisa mengupayakan sejumlah fasilitas hingga meningkatkan berbagai layanan tambahan. 

8. Tambah Layanan 

Sejumlah pemilik usaha kolam pancing rata-rata juga menyediakan tambahan layanan. Layanan tambahan apa yang diupayakan? Menambah jumlah ikan yang dipancing, makanan, minuman, hingga tempat istirahat sejenak pasca memancing ikan. 

Kamu bisa berjualan ikan segar di lokasi dekat pemancingan. Biasanya ikan segar yang dijual akan dimanfaatkan oleh pemancing untuk buah tangan saat pulang. Kamu bisa juga menjual berbagai makanan dan minuman di area pemancingan ikan. 

Jika Kamu tidak memiliki keahlian dalam management usaha lainnya', libatkan pihak UMKM sekitar. Selain mampu membuat usaha pemancingan semakin laris, Kamu juga bisa memajukan perekonomian masyarakat sekitar kolam pancing ikan. 

9. Promosi

Agar jumlah pengunjung semakin meningkat kamu bisa mengoptimalkan promosi. Promosi bisa diupayakan dengan berbagai cara yakni online dan offline. Promosi online dilakukan dengan memanfaatkan platform sosial media dan layanan internet. 

Buat plang agar pemancingan rame
Buat plang agar pemancingan rame

Sementara promosi offline bisa diupayakan dengan sebar brosur, pasang spanduk hingga plang. Kedua cara tersebut memiliki plus minus masing-masing yang dapat Kamu jadikan sebagai alternatif pilihan meningkatkan peluang usaha kolam. 

Kenapa promosi wajib diupayakan? Agar orang lain tau keberadaan usaha Kamu. Hal ini berlaku bagi semua usaha terutama bagi yang lokasinya jauh dari tempat umum. Bagi Kamu yang malas promosi bisa diupayakan dengan memilih lokasi strategis. 

Usaha kolam pancing merupakan bentuk bisnis yang bisa ditempuh oleh sejumlah kalangan masyarakat. Pastikan membuat planning bisnis dengan benar agar usaha lancar. Pelajari trik planning bisnis dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar