Jual Kue Kering Lebaran, Bisnis Anti Rugi Menjelang Hari Fitri

 

Kue kering khas lebaran
Kue kering khas lebaran

CariUang - Momen lebaran identik dengan sejumlah kue kering hingga makanan ringan lainnya. Dalam menjalankan usaha ini, Kamu harus memiliki keahlian di bidang tata boga. Pasalnya jual kue kering lebaran lebih efektif jika membuat sendiri atau home made.

Table of Contents

Trik Jual Kue Kering Lebaran Buatan Sendiri

Usaha kue kering rumahan tentu lebih sehat lantaran Kita mengetahui proses atau tahapan pembuatan. Dalam hal ini Kamu bisa lebih selektif saat menempuh proses pembuatan usaha kue kering. Berikut ini trik jual kue kering lebaran buat sendiri:

1. Buat Business Plan

Tahapan pertama yang harus dipersiapkan untuk berjualan kue kering lebaran yakni membuat planning bisnis. Kamu harus menyusun modal usaha kue kering kiloan, strategi penjualan, jenis-jenis hingga siapa saja target sasaran bisnis tersebut. 

Buat rencana bisnis yang matang
Buat rencana bisnis yang matang


Tidak hanya itu saja, business plan usaha kering kiloan juga harus mempertimbangkan modal. Umumnya modal usaha kue kering kiloan digunakan untuk membeli bahan baku, toples, operasional, penjualan, hingga pengiriman ke tangan pembeli ( jika jual online).

Persiapkan semua perencanaan dengan matang dan tepat sehingga usaha kue kering memberikan keuntungan yang optimal. Biasanya persiapan bisnis plan ini dilakukan setelah riset pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis kue yang akan dikembangkan. 

2. Tentukan Jenis Kue Kering

Menurut pengalaman orang yang jual kue kering lebaran, setelah riset pasar Kamu akan mengetahui jenis paling laku di pasaran. Berdasarkan pengalaman ku pribadi, kue paling laris meliputi kastengel, putri salju, nastar dan masih banyak lagi. 

Jenis kue kering paling laris yakni nastar
Jenis kue kering paling laris yakni nastar


Buka juga opsi pembuatan kue sesuai dengan request pembeli. Tidak jarang penjual melakukan open order dengan tujuan untuk menyesuaikan kue kering yang disukai oleh pembeli. Hal ini bisa diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. 

Nantinya Kamu bisa juga menentukan cara jual kue kering online dengan memanfaatkan sejumlah sosial media maupun marketplace. Pastikan jenis kue kering yang dibuat disukai banyak orang sehingga penjualan lebih cepat habis. 

3. Pelajari Resep Kue Kering

Jual kue kering lebaran akan optimal jika Kamu bisa menerapkan resep dari sejumlah chef ternama. Pelajari Resep tertentu dengan membaca buku, internet atau menonton tutorial dari YouTube. Cara ini membuat hasil pembuatan kue kering lebih nikmat. 

Baca panduan resep untuk membuat kue kering yang lezat
Baca panduan resep untuk membuat kue kering yang lezat


Dalam mempelajari resep kue kering, Kamu juga bisa mengikuti kursus tertentu. Usaha kue kering kiloan umumnya mudah dijalankan jika Kamu sudah memiliki dasar memasak. Bagaimana jika keahlian memasak belum mumpuni sama sekali?

Usaha kue kering rumahan bisa memanfaatkan tenaga kerja orang lain. Cari satu karyawan yang nanti bisa membantu Kamu untuk membuat kue kering. Nantinya jika keahlian sudah mumpuni Kamu bisa membuatnya secara mandiri. 

4. Silakan Alat dan Bahan

Sebuah usaha kue kering rumahan tentu membutuhkan bahan baku dan sejumlah peralatan. Bahan baku kue kering sebaiknya dibeli di toko khusus yang menyediakan sejumlah keperluan pembuatan makanan ringan tersebut. 

Bahan pembuatan kue kering
Bahan pembuatan kue kering


Biasanya pembelian di toko khusus bahan kue cenderung lebih murah dan pilihan lengkap. Bahkan Kamu bisa memilih bahan berdasarkan merk berkualitas. Apa saja bahan dasar pembuatan kue lebaran? Bahan dasar tepung, telur, gula, pengembang, dan lain sebagainya. 

Sementara peralatan yang digunakan untuk menempuh cara jual kue kering online yakni mixser, ovend, cetakan, wadah, dan lain sebagainya. Pastikan semua peralatan lengkap sehingga tidak menghambat proses jual kue kering lebaran yang untung dan laris manis. 

5. Buat Kemasan Unik

Kamu wajib membuat kemasan yang unik dan menarik saat menjual kue kering lebaran. Hal ini berlaku juga bagi Kamu yang menerapkan cara jual kue kering online. Sebaiknya kemasan seperti apa yang bagus untuk membungkus produk jual kue kering? 

Kemasan kue kering lebaran yang unik
Kemasan kue kering lebaran yang unik


Kemasan yang bagus berasal dari toples bening. Sediakan berbagai macam ukuran toples sehingga nantinya pembeli bisa memilih dengan leluasa. Menurut sejumlah penjual, toples mempengaruhi harga jual dari kue kering lebaran. 

Semakin besar ukuran toples kue kering lebaran, maka harganya cenderung mahal. Rapatkan toples menggunakan isolatif agar cita rasa tetap terjaga. Kemas dengan koran jika hendak dikirim ke alamat tertentu. Hal ini agar kue kering tidak pecah. 

6. Bangun Branding

Jual kue kering akan optimal jika branding yang dimiliki sudah sangat kuat. Branding sendiri merupakan indikator yang sangat penting bagi keberlangsungan usaha. Bisa dikatakan branding merupakan visi dan misi suatu perusahaan. 

Logo merupakan salah satu bentuk branding
Logo merupakan salah satu bentuk branding


Sebelum membuat branding, Kamu bisa mengidentifikasi target penjualan. Pembuatan branding bisa diupayakan dengan menciptakan logo atau merk. Buat logo dengan memanfaatkan keberadaan aplikasi desain grafis yang bisa diakses secara gratis. 

Cantumkan logo tersebut pada toples kue kering dengan tujuan agar usaha Kamu mudah dikenal. Langkah ini juga bertujuan untuk membedakan kue kering lebaran yang sedang Kamu jual. Jual kue kering lebaran akan laris jika tahapan ini diterapkan. 

7. Tetapkan Harga

Hampir semua masyarakat yang melakukan pembelian suatu produk makanan atau cemilan pasti akan melihat harga. Bisa dikatakan harga merupakan indikator yang mempengaruhi omzet suatu usaha baik jasa maupun penjualan produk tertentu. 

Patok harga yang standar agar penjualan lancar
Patok harga yang standar agar penjualan lancar


Jadi Kamu wajib menentukan harga jual dari produk kue kering yang sedang Kamu buat. Bagaimana cara menentukan harga jual yang benar? Kamu bisa menghitung sejumlah modal kemudian ambil keuntungan sedikit. Cara ini umumnya banyak diterapkan penjual. 

Berikan potongan harga bagi pelanggan yang melakukan pembelian lebih dari satu produk. Biasanya pembelian banyak atau grosiran akan mendapatkan harga khusus. Pemotongan harga juga berlaku bagi pelanggan yang ingin kembali jual kue kering lebaran.

8. Tingkatkan Kualitas Kue Kering

Dalam menempuh usaha jual kue kering lebaran tentu masyarakat menyukai produk yang lezat dan berjumlah banyak. Hal itu tentu bisa dijadikan sebagai bentuk evaluasi bagi usaha Kamu agar senantiasa meningkat kualitas kue kering yang ditawarkan. 

Bagaimana cara meningkatkan kualitas kue kering? Meningkatkan kualitas kue kering dapat dilakukan dengan mengevaluasi rasa dari produk makanan tersebut. Benahi beberapa takaran bahan yang dirasa memicu pengurangan rasa pada kue kering. 

Meningkatkan kualitas bisa juga diupayakan dengan menambah varian lain. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai bentuk evaluasi, tahapan ini tentu dapat berguna sebagai pengembang usaha. Terus dengarkan request pelanggan agar jualan laris. 

9. Pasarkan Produk 

Membangun usaha kue kering lebaran yang penuh pertimbangan tentu berharap agar bisnis tersebut memberikan keuntungan jangka panjang. Keuntungan sebenarnya bisa dioptimalkan dengan rutin memasarkan produk kue kering. 

Produk kue kering yang siap di pasarkan
Produk kue kering yang siap di pasarkan


Pemasaran bisa diupayakan dengan menitipkan pada toko atau swalayan terdekat hingga memanfaatkan sosial media. Keberadaan sosial media memang sering dijadikan sebagai alternatif menjual berbagai macam produk termasuk kue kering. 

Pemanfaatan sosial media sebagai lapak jualan sebenarnya mulai meningkat sejak pandemi berlangsung. Kamu juga bisa ikut sejumlah bazzar yang diselenggarakan pemerintah setempat untuk memasarkan produk kue kering lebaran. 

Jual kue kering lebaran dapat ditempuh dengan sejumlah trik tersebut. Siapkan perencanaan dan keahlian memasak agar usaha berjalan optimal. Cara usaha lainnya bisa Kamu pelajari dengan membaca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar