Ide Usaha Milenial dan Gen Z, Cocok diterapkan Mulai Sekarang


Gen Z
Gen Z


 CariUang - Generasi milenial atau Gen Z tentu sudah dipermudah dengan keberadaan teknologi. Hal itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana menunjang suatu usaha. Terdapat beberapa ide usaha milenial dan gen Z yang cocok untuk diterapkan mulai dari sekarang.

Table of Contents
 

Ragam Ide Usaha Milenial dan Gen Z

Usaha milenial di desa umumnya banyak ditempuh lantaran masyarakat daerah tersebut memiliki sumberdaya yang masih melimpah. Terdapat berbagai macam jenis usaha milenial di desa atau di kota yang bisa diterapkan, berikut diantaranya:

1. Bisnis Fashion

Ide usaha milenial dan gen Z pertama yang bisa Kamu tekuni yakni menjual berbagai macam jenis fashion. Kenapa penjualan fashion sangat disarankan? Menurut pengalaman ku banyak milenial yang suka sekali bergonta-ganti pakaian. 

Bisnis fashion
Bisnis fashion


Jadi hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menerapkan ide usaha milenial dan gen Z berupa penjualan fashion. Lakukan riset pasar untuk mengetahui produk fashion yang sedang trend atau populer di kalangan masyarakat. Kenapa fashion harus trend?

Agar menjadi alternatif rujukan bagi sejumlah pembeli yang menginginkan pakaian populer. Kamu bisa berjualan di pasar, rumahan, ataupun secara online. Dengan memanfaatkan berbagai metode penjualan maka keuntungan yang didapat maksimal. 

2. Salon Kecantikan

Tidak hanya di bidang fashion usaha untuk anak muda juga bisa ditempuh dengan menekuni kecantikan. Umumnya ide usaha milenial dan gen Z ini diterapkan oleh mereka yang menyukai bidang kecantikan seperti make up hingga penataan riasan tertentu. 

Salon kecantikan
Salon kecantikan


Dalam membuat salon kecantikan Kamu wajib menyiapkan sejumlah alat kosmetik hingga tempat. Tidak hanya itu saja, usaha untuk anak muda ini juga membutuhkan skill di bidang penataan kecantikan mulai dari perawatan wajah hingga make up. 

Bagaimana jika tidak memiliki keahlian di bidang kecantikan sama sekali? Menurut pengalaman ku, Kamu bisa mempelajari secara otodidak, ikut webinar,kursus, hingga menempuh pendidikan di bidang kecantikan untuk memperluas skill dan keahlian. 

3. Nail Art

Masih di bidang kecantikan, produk yang digemari anak muda biasanya berkaitan dengan hal berbau kecantikan. Hampir semua gen Z pasti ingin terlihat sempurna terutama perempuan. Kamu bisa membuka usaha nail art sebagai bisnis baru. 

Ide usaha milenial dan gen Z ini sudah banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat. Kamu wajib menyediakan berbagai macam perlengkapan untuk mengupayakan nail art sendiri. Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk usaha nail art?

Bisnis nail art
Bisnis nail art


Alat yang dibutuhkan untuk naik art meliputi kutek, kuku palsu dan lain sebagainya. Sebelum memulai usaha menawarkan produk yang digemari anak muda ini Kamu wajib mengurus izin. Hal ini bertujuan agar kedepannya usaha tidak merugikan banyak orang. 

4. Jualan Skin Care

Kamu bisa menjual produk yang digemari anak muda dengan menawarkan sejumlah skincare. Biasanya ide bisnis milenial dan gen Z ini ditempuh melalui jalinan mitra kerja sama dengan sejumlah pemilik brand kecantikan ternama agar penjualan laris. 

Jualan produk skincare
Jualan produk skincare


Terdapat beberapa brand uang menyediakan produk skincare berkualitas. Tawarkan produk-produk tersebut dengan harga tertentu. Menurut salah satu penjual produk skincare, pembelian secara seller akan mendapatkan potongan harga lumayan besar. 

Jadi Kamu bisa menjual berdasarkan HET sehingga tidak kalah saing. Pastikan produk skincare yang ditawarkan telah BPOM dan mampu bersaing dengan brand lain. Kenapa kalai tidak BPOM? Bisa menimbulkan efek bagi pembeli yang memakai produk tersebut. 

5. Thrift Shop

Ide usaha milenial dan gen Z juga bisa diupayakan dengan menawarkan berbagai macam produk bekas yang diimpor dari luar negeri. Bisnis ini umumnya ditempuh oleh mereka yang memiliki modal banyak. Kenapa modal yang dimiliki harus banyak?

Pasalnya bisnis ini mengharuskan Kamu membeli produk bekas di luar negeri dengan harga tertentu. Tidak hanya itu saja, Kamu juga wajib melakukan pemotongan pajak. Usaha ini tentu bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang oleh pemilik bisnis. 

Sediakan berbagai macam barang yang potensial dan bermerk. Biasanya pembeli memilih menempuh barang bekas lantaran jika melakukan pembelian baru menekan biaya lebih. Penjualan bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs marketplace. 

6. Cafe Shop

Bisnis di bidang penjualan kuliner berupa cafe shop juga bisa ditempuh oleh sejumlah pelaku usaha. Cafe shop umumnya banyak digandrungi gen Z lantaran menjadi tempat nongkrong oleh sejumlah kalangan mulai dari remaja, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya.

Cafe shop
Cafe shop


Kamu harus mampu menguasai lokasi ide usaha milenial dan gen Z ini dengan optimal sehingga mereka betah berlama-lama. Buat lokasi cafe yang strategis dan mudah dijangkau. Hal ini bertujuan agar kedepannya menjalankan bisa menjangkau banyak orang. 

Sediakan juga berbagai macam menu kekinian dan fasilitas lengkap. Apa saja fasilitas yang bisa ditawarkan dalam usaha cafe shop? Fasilitas yang ditawarkan bisa berupa tempat duduk nyaman hingga keberadaan live music pada hari-hari tertentu. 

7. Jualan Camilan

Salah satu ciri umum yang mendominasi kalangan Gen Z yakni mengonsumsi makanan ringan atau camilan. Kamu bisa menjual berbagai macam cemilan ringan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media hingga situs marketplace yang ada. 

Cemilan
Jualan cemilan


Pastikan mencari supplier cemilan ringan yang amanah dan berkualitas. Hal ini bertujuan agar nantinya Kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis cemilan dengan harga murah. Jual kembali cemilan tersebut dengan kemasan baru. 

Menurut sejumlah penjual cemilan ringan, biasanya mereka akan melakukan pembelian secara kiloan. Kemudian pengemasan dilakukan dengan memanfaatkan bungkus versi mini. Cantumkan brand pada kemasan agar memudahkan orang lain mengetahui bisnis Kamu. 

8. Hampres

Banyak juga gen Z yang memilih berjualan hampres, buket, hingga hias mahar. Pasalnya usah sini selalu dibutuhkan oleh kalangan gen z lainnya. Terlebih menjelang momen-momen tertentu seperti wisuda, hari guru, hingga valentine. 

Buket bunga
Buket bunga


Kamu bisa memanfaatkan sejumlah momen tersebut untuk terus berinovasi dalam mencipta produk hampers sesuai dengan request pembeli. Gunakan sosial media sebagai promosi produk-produk hampers tersebut sehingga mudah dikenal. 

Beberapa pemilik usaha hampers juga membuat brand kuat. Hal ini bertujuan agar kedepannya usaha yang dijalankan mampu menjangkau banyak orang. Semakin terkenal brand yang dimiliki maka besar potensi dikenal oleh banyak orang terutama target penjualan. 

9. Jualan Makanan Kekinian

Selera makan gen Z sangat susah untuk ditebak. Hal itu tentu bisa Kamu manfaatksn untuk menawarkan berbagai macam produk makanan kekinian. Biasanya makanan kekinian selalu menarik lantaran menimbulkan kesan penasaran bagi sejumlah orang. 

Apa saja makanan kekinian yang menarik perhatian? Menurut pendapat ku, makanan kekinian seperti seblak, takoyaki, dimsum, ramen dan masih banyak lagi. Kamu bisa open order dan mengabulkan request dari kalangan masyarakat atau target penjualan. 

Dari mana Kita mendapatkan makanan untuk dijual lagi? Kamu bisa masak sendiri ataupun menjalin mitra kerja sama dengan sejumlah pelaku UMKM. Manfaatkan sejumlah aplikasi penjualan makanan agar kedepannya usaha meningkat.

Ide usaha milenial dan gen Z tersebut bisa diupayakan untuk meraih sejumlah keuntungan. Pastikan usaha yang dijalankan didasarkan pada sejumlah pertimbangan. Pelajari juga ilmu lain di bidang bisnis dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar