Dijamin Cuan, Ini Strategi Bisnis Ketupat Lebaran!Terapkan Biar Raih Keuntungan

 

Ilustrasi penjualan ketupat lebaran
Ilustrasi penjualan ketupat lebaran

CariUang - Momen lebaran puncaknya terjadi pada 10 April 2024 atau kemarin. Namun hingga satu mingguan biasanya momen lebaran masih berlangsung. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis ketupat lebaran lengkap dengan lauknya.

Table of Contents

Cara Memulai Bisnis Ketupat Lebaran agar Raih Banyak Keuntungan. 

Menurut pengalaman ku pribadi, membuat ketupat cukup mudah sehingga tidak menuntut kemungkinan bisnis ini akan mengalami keuntungan. Sebelum itu, berikut ini sejumlah cara memulai bisnis ketupat lebaran agar meraih banyak keuntungan:

1. Mempertimbangkan Modal

Modal dalam memulai usaha pembuatan ketupat lebaran harus menjadi indikator yang dipertimbangkan. Berapa modal yang digunakan untuk memproduksi ketupat lebaran? Modal yang perlu dipersiapkan mulai dari 2-5 juta atau sesuaikan skala bisnis. 

Modal usaha
Modal usaha

Tidak hanya mempertimbangkan modal, Kamu juga harus menghitung skala pengeluaran usaha. Gunakan modal tersebut untuk membeli sejumlah bahan baku hingga promosi. Biasanya dalam tahapan ini akan dianalisa dari berbagai indikator. 

Seberapa penting modal usaha? Sangat penting lantaran tanpa modal, usaha pembuatan ketupat lebaran tidak bisa berjalan lancar. Gunakan keahlian di bidang tata boga atau kuliner agar usaha penjualan ketupat lebaran berjalan sesuai harapan. 

2. Tentukan Target Penjualan

Jual ketupat lebaran harus memiliki target yang jelas. Siapa target jual ketupat lebaran yang benar? Target penjualan ketupat lebaran tentunya umat muslim yang merayakan momen hari raya idul Fitri bersama keluarga dan tidak sempat membuat makanan tersebut. 

Target penjualan ketupat lebaran
Target penjualan ketupat lebaran

Tidak hanya itu saja, sejak muncul konten war target jual ketupat lebaran semakin luas. Jadi Kamu juga bisa menawarkan makanan khas lebaran tersebut pada non Islam. Pembuatan target jualan ini harus ditentukan sejak usaha penjualan didirikan. 

Umumnya pembuatan target penjualan direncanakan sejak planning bisnis. Dengan menempuh tahapan tersebut maka usaha jual ketupat lebaran mampu memberikan keuntungan besar sesuai harapan mendirikan bisnis. 

3. Kenali Kompetitor 

Meskipun bisnis ketupat lebaran termasuk usaha yang musiman, persaingan juga cukup ketat. Pasalnya banyak orang memilih untuk menjual ketupat lebaran dengan harapan yang sama yaitu meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dalam jangka pendek. 

Bagaimana agar tidak kalah saing dengan kompetitor? Kamu wajib mengenali siapa saja kompetitor Kamu, keunggulan, kelemahan, metode promosi dan lain sebagainya. Gunakan sejumlah kekurangan untuk evaluasi bisnis jualan ketupat Kamu. 

Bagaimana cara mengenali kompetitor? Kamu bisa melihat ulasan atau mengamati strategi penjualan. Tidak hanya itu saja, Kamu bisa membeli produk jualan dari mereka untuk mengentalkan kekurangan dan kelebihan bisnis ketupat lebaran yang dijalankan.

4. Siapkan Bahan-Bahan

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan kompetitor, penting bagi Kamu untuk mempersiapkan sejumlah bahan. Apa saja bahan membuat ketupat lebaran? Bahan membuat ketupat lebaran yaitu nasi biasa yang terbukti pulen dan kualitasnya. 

Bahan dasar ketupat lebaran
Bahan dasar ketupat lebaran

Apakah ada bahan lain yang diperlukan untuk membuat ketupat lebaran? Bahan membuat ketupat lebaran lainnya yaitu air dan daun kelapa. Kamu wajib menyiapkan kedua bahan tersebut untuk menempuh proses pembuatan ketupat lebaran yang lezat dan bergizi. 

Tidak hanya perlu mempersiapkan bahan, peralatan juga wajib diupayakan. Apa saja peralatan dalam membuat ketupat lebaran? Peralatan membuat ketupat lebaran meliputi panci, wadah besar, dandang, dan masih lain sebagainya. 

5. Buat Wadah Ketupat

Dalam mengupayakan ketupat lebaran untuk berjualan tentu Kamu harus menyiapkan wadahnya. Wadah untuk membuat ketupat berupa anyaman yang berasal dari daun kelapa muda. Bagaimana cara membuat wadah ketupat lebaran dari daun kelapa?

Wadah ketupat lebaran
Wadah ketupat lebaran

Buat anyaman dengan mengikuti prosedur dari google ataupun internet. Pastikan semua tahapan tidak terlewatkan sama sekali. Dibutuhkan keahlian tersendiri berupa kreativitas untuk menempuh pembuatan wadah ketupat yang benar dan rapi. 

Gunakan daun kelapa muda dan tua agar hasil wadah terlihat cantik. Namun hindari memilih daun yang terlalu tua lantaran dibentuk akan sulit. Pilih daun yang berusia sedang sehingga pembuatan anyaman jauh lebih mudah dan efektif waktu. 

6. Mulai Produksi Ketupat

Setelah wadah dibuat dengan bagus, Kamu bisa langsung memproduksi ketupat sesuai skala usaha. Bagaimana cara membuat ketupat lebaran? Cara membuat ketupat lebaran bisa dilakukan dengan mengikuti sejumlah resep dari google atau internet. 

Rebus ketupat lebaran
Rebus ketupat lebaran 

Cuci beras yang akan digunakan untuk membuat ketupat, masukkan pada wadah dari daun kelapa tadi kemudian rebus hingga matang. Ketupat lebaran siap disajikannya. Namun, ada juga wadah ketupat yang terbuat dari plastik biasa sehingga mirip lontong. 

Cara membuat ketupat lebaran tersebut bisa disesuaikan dengan selera ataupun permintaan dari pelanggan. Pelajari resep lain terkait pembuatan ketupat lebaran agar hasil sesuai lidah banyak orang sehingga nantinya penjualan selalu optimal. 

7. Buat Paket-paket

Bisnis ketupat lebaran umumnya dijajakan berdasarkan paket-paket tertentu. Setiap paket berisikan 1-10 biji ketupat. Namun hal ini bersifat opsional bisa diterapkan ataupun tidak. Ideal ha pembuatan paket-paket ini bertujuan untuk memudahkan penjualan. 

Usahakan membuat paket dari yang termurah dan termahal. Bagaimana jika tidak membuat paket? Diperbolehkan, jadi Kamu bisa melayani semua permintaan pembeli sesuai dengan request. Penjualan berdasarkan paket juga bikin dagangan cepat habis. 

Buat paket-paket ketupat ikat ujungnya
Buat paket-paket ketupat ikat ujungnya

Untuk membuat paket menarik, Kamu bisa mengikat ujung ketupat sebagai wadah sehingga pembeli lebih mudah membawa ketupat tersebut. Kamu juga bisa mengemas ketupat lebaran dengan rapi agar nantinya menarik perhatian sejumlah orang. 

8. Jual Lauk atau Hidangan Lain

Dalam menekuni bisnis ketupat lebaran, Kamu juga bisa menjajakan sejumlah lauk pauk. Lauk pauk seperti apa yang ditawarkan? Lauk yang ditawarkan bisa berupa sate, rendang, gulai, dan opor ayam dan masih banyak lagi. 

Mengupayakan penjualan sejumlah lauk pauk beserta ketupat lebaran bertujuan untuk melayani permintaan pembeli. Biasanya lauk pauk tersebut ditempuh oleh sejumlah orang yang ingin merayakan hari Fitri namun tidak sempat membuat hidangan. 

Lauk pauk yang cocok untuk ketupat lebaran
Lauk pauk yang cocok untuk ketupat lebaran 

Patok harga sesuai dengan hidangan yang dipilih oleh pembeli. Berapa harga yang ideal untuk satu biji ketupat lebaran? Idealnya ketupat lebaran dibanderol dengan harga Rp 5.000 - Rp 7.000. Berikan potongan harga jika pembelian dilakukan berjumlah banyak. 

9. Mulai Jualan

Setelah semua persiapan dalam bisnis ketupat lebaran selesai, Kamu bisa langsung menjajakan. Kamu bisa menjual dengan menitipkan ke warung-warung makan. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa membuka stand khusus selama bulan Syawal. 

Umumnya penjualan ketupat lebaran memiliki target masyarakat sekitar baik antar RT ataupun kecamatan. Bagaimana jika berjualan secara online? Jika berjualan secara online, Kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi seperti grab dan GoFood. 

Dalam menjual ketupat lebaran Kamu wajib mengupayakan layanan dan juga kebersihan. Terlebih jika penjualan ketupat lebaran sudah diimbangi kuliner lain. Tentu Kamu harus selektif agar nantinya penjualan pasca lebaran menguntungkan.

Itulah strategi bisnis ketupat lebaran yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha musiman. Perhatikan semua tahapan agar memberikan untung besar. Pelajari tahapan bisnis lainnya dengan membaca artikel yang tersedia di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar