Cara Menjadi MC, Terapin Biar dapat Job Tiap Hari!

MC sedang membawakan acara
MC sedang membawakan acara

CariUang - MC merupakan orang yang bertugas memandu atau membawa jalannya acara. Keberadaan pihak ini sangat berpengaruh besar dalam kesuksesan suatu acara penting. Tentu hal ini membuaf banyak orang tertarik mempelajari cara menjadi mc.

Table of Contents
 

Jadi Bagaimana sih Cara Menjadi MC Profesional?

Menurut pengalaman ku pribadi, untuk menjadi seorang MC diperlukan keahlian di bidang publik speaking. Bahkan publik speaking menjadi syarat menjadi mc yang bersifat mutlak. Berikut ini tips dan trik menjadi mc profesional dan berpengalaman:

1. Sering Berlatih

Trik pertama atau cara menjadi mc profesional yakni dengan berlatih. Bagaimana cara berlatih? Berlatih menjadi mc bisa diupayakan dengan berbagai cara mulai dari otodidak hingga sering mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu.

Berlatih mc
Berlatih mc

Beberapa instansi atau pihak yang menyelenggarakan pelatihan publik speaking ( modal MC) rata-rata menawarkan benefit cukup menggiurkan. Sayangnya beberapa instansi mengeluarkan patokan biaya yang harus Kamu bayar sebelum mulai belajar detail. 

Sementara belajar secara otodidak bisa dijadikan sebagai pemenuhan syarat menjadi mc. Bagaimana cara belajar secara otodidak? Menurut pengalaman ku pribadi, belajar secara otodidak dapat diupayakan dengan sering praktik dan menerapkan trik dari internet. 

2. Upayakan Sertifikasi

Masih berkaitan erat dengan poin nomor 1, umumnya beberapa MC rela mengeluarkan pundi-pundi uang untuk menempuh sertifikasi. Gunanya sertifikasi MC untuk apa? Sertifikasi MC berguna sebagai alternatif menunjukkan kemampuan pihak tersebut. 

Sertifikasi MC profesional
Sertifikasi MC profesional 

Walaupun sertifikasi bukan syarat menjadi MC, namun keberadaan dokumen tersebut membuat Kamu bisa meyakinkan calon klien. Biasanya semakin bagus sertifikasi yang didapat mampu menunjukkan bahwa keahlianmu di bidang MC sudah cukup mumpuni. 

Untuk menempuh tahapan ini umumnya memakan biaya cukup banyak. Namun hal tersebut tidak akan sebanding dengan manfaat yang nanti Kamu rasakan. Pasalnya orang dengan kemampuan MC yang baik cenderung mudah dalam pendekatan klien. 

3. Percaya Diri

Beberapa orang yang pernah menggunakan jasa MC pasti menginginkan acara berjalan dengan lancar. Tentu acara akan berjalan lancar jika kemampuan MC tersebut sudah sangat mumpuni. Cara menjadi mc berikutnya yaitu berlatih percaya diri dan optimis. 

Orang percaya diri
Orang percaya diri 

MC yang tidak percaya diri cenderung mudah nervous, gugup, hingga nantinya kesulitan merangkai kata. Hal ini tentu bisa mengecewakan pihak pelanggan yang telah membayar mahal. Bagaimana cara menjadi mc yang percaya diri dan optimis?

Sejak awal Kamu harus berkomitmen untuk berani tampil di hadapan orang-orang. Untuk mencegah nervous, gugup, hingga kesulitan berbicara, siapkan teks berukuran kecil. Sering-seringlah latihan di hadapan teman agar nantinya sifat percaya diri muncul. 

4. Mampu Managemen Acara

Dalam teks menjadi mc tentu terdapat serangkaian acara yang harus Kamu pandu. Namun, dalam menempuh hal tersebut Kamu tidak boleh terlalu berpacu teks menjadi mc. Kenapa kalau berpacu pada teks saja? Acara akan berjalan kaku dan tegang. 

Atur jalannya acara dengan mengikuti teks
Atur jalannya acara dengan mengikuti teks

Atur teks tersebut mulai dari pembukaan hingga akhir. Sesekali cantumkan candaan yang tidak berlebih-lebihan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang cari namun tetap hikmat. Dalam membuat teks menjadi mc juga hindari terlalu besar. 

Buka acara dengan salam dan perkenalan. Gunakan bahasa sesuai dengan tingkat audiens. Misal audiens atau tamu kalangan remaja, gunakan bahasa friendly. Jika isi tamu kalangan orang dewasa hingga paruh baya pakai bahasa yang sopan dan halus. 

5. Harus Bisa Adaptasi

Cara menjadi MC profesional berikutnya yaitu mampu beradaptasi dengan sejumlah pihak yang terlibat dalam acara. Hal ini bertujuan untuk memudahkan jalannya acara mulai pembukaan hingga akhir. Biasanya tahapan ini ditempuh dengan breafing. 

Proses adaptasi dengan pihak terkait acara
Proses adaptasi dengan pihak terkait acara

Bagaimana jika tidak ada briefing sama sekali? Jika tidak ada briefing sama sekali, Kamu harus punya inisiatif untuk bertanya terlebih dahulu. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan selama acara berjalan. 

Siapa saja yang harus Kita dekati selama acara agar bisa adaptasi? Menurut pengalaman ku pribadi, pihak yang harus kita ajak diskusi meliputi panitia, pengisi acara lain, tamu, dan lain sebagainya. Hal ini sebenarnya terkesan sangat sepele namun penting. 

6. Perluas Pengalaman dan Wawasan

Cara menjadi mc profesional yang tidak kalah penting yakni harus mampu meningkatkan wawasan dan pengalaman di berbagai bidang. Pasalnya selama acara berjalan Kamu harus memikirkan cara membuka acara hingga nanti selesai. 

Bagaimana cara membuka acara yang baik? Membuka acara yang baik harus diawali dengan salam sekaligus perkenalan. Setiap MC profesional pasti punya karakteristik dan trik tersendiri dalam menerapkan cara membuka acara yang baik dan benar. 

Kamu juga harus mampu mengendalikan acara jika terjadi kemungkinan tidak diinginkan. Sebagai contoh terjadi gaduh atau ricuh. Di sini Kamu harus tetap tenang dan mampu mengalihkan hal tersebut dengan cekatan agar keributan tidak membesar. 

7. Harus Rajin Berlatih Kesabaran

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, menurut pengalaman ku pribadi sebagai seorang MC butuh kesabaran tinggi. Pasalnya dalam menempuh job, Kamu harus menghadapi calon klien yang kebanyakan tanya hingga suka nawar fee.

Tenang dan sabar saat terdapat masalah saat acara
Tenang dan sabar saat terdapat masalah saat acara

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh MC yakni perubahan jalannya acara hingga suasana gaduh. Kamu harus mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan kepala dingin dan tetap tersenyum. Trik ini wajib diterapkan untuk membangun kepercayaan klien. 

Meskipun suasana sedikit tegang atau terjadi perdebatan antar panitia, Kamu harus tetap sabar dan senantiasa tenang. Hal ini berkaitan erat dengan profesionalitas seorang MC. Upayakan untuk ramah terhadap semua orang sehingga audiens nyaman. 

8. Kreatif

Cara menjadi mc profesional berikutnya yakni kreatif dalam memandu jalannya acara. Bagaimana contoh hasil kreativitas dalam profesi MC? Menyisipkan sedikit humor saat acara berlangsung. Kenapa seorang MC harus punya selera humor yang kocak?

Beberapa audiens atau tamu menjelaskan, seorang MC yang punya honor kocak cenderung membuat acara berjalan lebih hidup alias meriah. Di sini Kamu tidak akan menemukan audiens yang ngantuk ataupun berbicara sendiri saat acara berlangsung. 

Hampir semua MC yang memiliki selera humor pasti disukai oleh tamu atau audiens. Kamu juga harus membuat audiens tertarik menyimak acara salah satunya dengan melempar candaan. Gunakan suara sedikit lantang agar audiens tidak seperti mendengarkan dongeng. 

9. Jaga Penampilan

Terlepas dari keahlian publik speaking dan problem solving yang harus dikuasai, cara menjadi mc profesional yakni menjaga penampilan. Kenapa harus menjaga penampilan? Pernah mendengar nilai diri tergantung dengan cara berpakaian?

Penampilan mc saat acara non formal
Penampilan mc saat acara non formal

Hampir semua orang pasti menilai segala sesuatu dari sampulnya. Begitu juga dengan seorang MC. Mereka pasti akan melihat MC dari pakaian dan penampilannya. Baiknya Kamu memakai baju yang sopan dan mampu menyesuaikan dengan acara. 

Gunakan make up sewajarnya sehingga tetap terkesan natural. Cara ini umumnya sering diterapkan oleh semua orang khususnya yang menjadikan MC sebagai pekerjaan utama. Walaupun sepele tapi manfaat yang diberikan lumayan gede. 

Cara menjadi mc profesional bisa ditempuh dengan berbagai macam cara tersebut. Upayakan rajin berlatih dan selalu optimis. Berlatih bisa ditempuh secara otodidak dengan membaca berbagai artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar