Cara Menjadi Baby Sitter yang Baik, Jangan Coba Kalau Masih Tantrum!

  

Baby sitter menjaga bayi
Baby sitter menjaga bayi

CariUang - Kesibukan orang tua terkadang membuatnya harus menitipkan anak pada baby sitter. Namun banyaknya kasus penganiayaan hingga pembunuhan pada bayi oleh baby sitter membuat orang tua was-was. Sebenarnya cara menjadi baby sitter yang baik cukup mudah.

Table of Contents
 

Cara Menjadi Baby Sitter yang Baik dan Kompeten

Menurut sejumlah orang tua, jadwal kegiatan baby sitter juga harus menyesuaikan dengan jadwal bayi. Hal ini agar nantinya jadwal kegiatan baby sitter tersebut mampu menjadi kebiasaan. Berikut ini cara menjadi baby sitter yang baik dan benar:

1. Sehat

Syarat menjadi baby sitter yang pertama hendaknya harus sehat fisik dan non fisik. Pasalnya menjadi baby sitter tergolong pekerjaan yang cukup melelahkan terutama saat bayi sedang aktif-aktifnya. Kamu wajib mengecek riwayat kesehatan secara keseluruhan. 

Sehat menjadi syarat menempuh profesi baby sitter
Sehat menjadi syarat menempuh profesi baby sitter


Saat menjalani peran sebagai baby sitter kondisi tubuh juga harus sehat. Hal ini bertujuan agar tidak menulari anak majikan. Minta cuti jika dirasa tubuh sakit dan segeralah melakukan pengobatan dengan memanfaatkan pusat layanan kesehatan. 

Syarat menjadi baby sitter ini bersifat mutlak dan wajib dipenuhi oleh semua calon. Bagaimana jika memiliki penyakit? Jika memiliki penyakit segera lakukan berbagai penyembuhan. Namun jika penyakit menular, hindari melamar pekerjaan satu ini.

2. Gabung Lembaga Penyaluran Kerja

Untuk mendapatkan gaji baby sitter yang besar tentu Kamu harus memiliki majikan. Bagaimana cara mencari majikan agar gaji baby sitter besar? Kamu bisa tergabung dengan lembaga penyaluran kerja yang sudah terbukti terpercaya. 

Terdapat berbagai macam lembaga penyaluran kerja yang telah dipercaya oleh sejumlah orang. Pastikan memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan sebelum tergabung dalam lembaga penyaluran kerja khusus untuk pekerjaan baby sitter. 

Nantinya Kamu akan disalurkan ke majikan jika dirasa kriteria yang dibutuhkan ada pada dirimu. Sembari bergabung dengan lembaga penyaluran kerja, Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja di bidang bersangkutan sehingga tidak menunggu lama. 

3. Bertanggung Jawab

Cara menjadi baby sitter yang baik selanjutnya yakni bertanggung jawab pernuh saat diberikan amanah untuk menjaga dan merawat bayi majikan. Hindari clometan ataupun bekerja sesuka hati lantaran hal ini membuat penilaian majikan pada diri Kamu menurun. 

Bagaimana jika penilaian menurun? Menurut pengalaman sejumlah baby sitter, penilaian menurun membuat gaji susah naik hingga berujung pemutusan kerja. Hal ini sudah sering dialami oleh sejumlah baby sitter di berbagai macam daerah.

Gaji baby sitter umumnya akan mengalami kenaikan jika Kamu bisa diandalkan. Oleh sebab itu, pastikan agar semua keahlian dan keahlian dalam merawat bayi atau anak diterapkan dengan baik. Lakukan semua pekerjaan juga dengan totalitas agar bayi yang diasuh juga turut merasakan kenyamanan sesuai amanah dari orang tua atau majikan. 

4. Sukai Anak Kecil atau Bayi

Cara menjadi baby sitter yang baik dan wajib diterapkan sebelum melamar pekerjaan terkait yaitu menyukai dunia anak-anak. Pastikan Kamu memiliki ketertarikan dalam mengasuh anak kecil dengan baik. Bagaimana jika belum menyukai anak kecil?

Menyukai anak-anak menjadi kunci untuk mendalami profesi baby sitter
Menyukai anak-anak menjadi kunci untuk mendalami profesi baby sitter


Menurut sejumlah baby sitter berpengalaman, menyukai anak kecil bisa dimulai dengan interaksi langsung atau melibatkan diri dalam kurun waktu tertentu. Nantinya kecintaan pada anak kecil akan muncul dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. 

Kenapa cinta atau menyukai anak kecil menjadi dasar profesi baby sitter? Pasalnya jika Kita mencintai atau menyukai segala sesuatu pasti akan berusaha memberikan yang terbaik. Begitupun dengan anak kecil, jika Kita menyukainya pasti proses mengasuh akan lancar. 

5. Kenali Karakter Anak atau Bayi

Kamu juga wajib mengenali karakter anak sebagai cara menjadi baby sitter yang baik. Karakter anak umumnya berbeda-beda sehingga harus dipelajari sejak awal. Bagaimana cara mengenali karakter anak? Karakter anak bisa dikenali dengan mengajak bermain. 

Pengenalan karakter anak dapat dilihat dari cara bermain
Pengenalan karakter anak dapat dilihat dari cara bermain


Tidak hanya mengajak bermain, saat belajar hingga aktivitas sehari-hari anak cenderung mudah menampilkan karakter aslinya. Asuh anak-anak sesuai dengan karakter dan kesukaannya. Sebagai contoh A merupakan karakter anak yang suka belajar dengan mendengar. 

Kamu bisa mengajak anak tersebut belajar dengan cara menerangkan atau membacakan. Hampir semua anak akan nyaman dengan baby sitter yang mampu memahami karakteristik dan juga favoritnya. Bahkan tidak jarang anak lebih dekat dengan baby sitter. 

6. Pelajari Jadwal Bayi

Selain memahami karakteristik. Kamu wajib juga mengerti jadwal keseharian bayi atau anak. Cara menjadi baby sitter yang baik ini wajib diterapkan terutama jika Kamu mengasuh anak masih bayi. Biasanya cara ini akan diberitahukan oleh majikan.

Kenali jadwal memberi makan hingga mandi anak
Kenali jadwal memberi makan hingga mandi anak 


Jadwal bayi seperti apa yang harus dipelajari? Jadwal bayi yang harus dipelajari mulai dari waktu makan, mandi, bermain, minum asi, dan lain sebagainya. Dengan mengingat jadwal bayi ataupun anak profesi ini cenderung mudah untuk dijalankan bagi pemula. 

Hal yang tidak boleh dilupakan oleh baby sitter selanjutnya yakni mengenali hal-hal pemicu alergi pada bayi ataupun anak. Pastikan tanya kepada majikan selaku orang tua bayi atau anak terkait dengan makanan atau minuman pemicu alergi ( jika ada).

7. Pelajari Beberapa Cara Merawat Bayi atau Anak

Merawat bayi dan anak bukanlah hal yang mudah sehingga semunya butuh proses belajar. Saat ingin menjadi baby sitter Kamu wajib mengetahui beberapa cara merawat bayi mulai dari memandikan, mengganti popok, bermain dan masih banyak lagi. 

Cara memandikan anak yang benar
Cara memandikan anak yang benar


Mungkin tahapan ini akan terasa mudah jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, namun Kamu harus selektif saat umur masih tergolong baru dilahirkan. Pasalnya fase tersebut bayi rentan terkena penyakit hingga tulang masih lunak sehingga Kamu harus hati-hati. 

Bagaimana cara belajar merawat bayi? Kamu bisa membantu menjagakan anak tetangga. Dari situ Kamu bisa praktik langsung setelah ilmu yang dipelajari mumpuni. Jika belum mampu merawat bayi, lamar pekerjaan baby sitter dengan job desk merawat anak di atas usia 1 tahun. 

8. Mempunyai Sifat Kreatif

Setiap anak-anak pasti memiliki fase nakal sendiri-sendiri. Entah nakal dalam arti suka bermain tangan ataupun mogok makan hingga minum. Mengatasi situasi ini, seorang baby sitter hendaknya mempunyai sifat kreatif dan selalu inovatif dalam merawat anak majikan. 

Kreativitas baby sitter dalam mengasuh anak
Kreativitas baby sitter dalam mengasuh anak


Sebagai contoh anak tidak mau makan sayur, Kamu bisa mengreasikan menu makanan dengan bahan tersebut menjadi tokoh karakter yang disukai. Dengan cara ini tentu anak tertarik untuk memakan sayur tersebut meskipun pada dasarnya tidak menyukai. 

Berdasarkan pengalaman ku dalam melihat profesi ini, sifat kreatif menjadi salah satu bentuk pertimbangan. Kamu juga wajib memiliki keahlian lain seperti mampu mengoperasikan beberapa elektronik hingga mengendarai sepeda motor ( jika baby sitter anak yang sudah sekolah).

9. Punya Kesabaran dan Mampu Menahan Emosi

Beberapa belakangan marak penganiaya anak oleh baby sitter. Hal ini tentu bisa menjadi perhatian bagi orang tua. Cara menjadi baby sitter yang baik tentu harus memiliki kesabaran ekstra terutama menghadapi anak sedang rewel. 

Latih kesabaran sebelum menjadi baby sitter
Latih kesabaran sebelum menjadi baby sitter


Mungkin jika anak yang diasuh sudah bisa berbicara akan mudah. Namun, jika yang diasuh bayi Kamu harus mampu menahan kesabaran. Hindari memukul atau memberikan kekerasan pada bayi yang sedang rewel dan nangis.

Lantas gimana cara menenangkan bayi atau anak yang rewel? Jika bayi Kamu bisa menggendong dan mengajak bercanda biar tenang. Sementara mengasuh anak yang rewel Kamu bisa memberikan pengertian lebih sekaligus menjadi teman cerita.

Cara menjadi baby sitter yang baik bisa Kamu coba untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji cukup besar. Sebelum tergabung dalam agen penyalur kerja, pastikan PT tersebut legal. Gunakan trik lain seputar profesi dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar