Cara Mendirikan Biro Psikologi, Usaha Terkini yang Jarang diketahui

Ilustrasi penanganan mental health
Ilustrasi penanganan mental health 

CariUang- Belakangan ini banyak sekali orang yang memutuskan bunuh diri lantaran tidak mampu mengatasi sejumlah permasalahan. Hal ini juga kurangnya pemahaman terkait keberadaan biro psikologi sebagai sarana untuk berkonsultasi masalah sikis.

Table of Contents
 

Tahapan Mendirikan Biro Psikologi 

Biro psikologi adalah bidang jasa yang bergerak memberikan penanganan terkait dengan masalah konseling. Biro psikologi adalah layanan yang bisa membantu masyarakat menyelesaikan masalah. Berikut cara mendirikan biro psikologi:

1. Menempuh Pendidikan di Bidang Psikologi atau Konseling 

Setelah mengetahui pengertian biro psikologi adalah jasa konseling, perlu dipahami bahwa jasa ini hanya bisa ditempuh oleh orang-orang dengan gelar pendidikan tertentu. Kamu bisa menempuh pendidikan dengan bidang berupa psikologi ataupun bimbingan konseling. 

Sarjana psikologi
Sarjana psikologi 

Sangat disarankan berasal dari bidang psikologi agar pembekalan terkait penanganan lebih luas. Pasalnya jika Kamu mengambil bidang bimbingan konseling cenderung akan mengarah pada penanganan masalah pada siswa atau lembaga pendidikan tertentu. 

Selesaikan kuliah di bidang psikologi sebelum mendirikan biro terkait. Umumnya pendidikan ini banyak ditempuh oleh mereka yang memiliki minat dalam melibatkan diri di dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya jika menjadi psikolog Kamu akan bertemu banyak orang. 

2. Izin Pemerintah Setempat 

Sebelum membuka biro psikologi Kamu harus mendapat izin dari pemerintah setempat terkait mendirikan usaha. Biasanya tahapan ini berkaitan dengan surat izin praktik psikologi secara mandiri. Bagaimana cara mendapatkan surat izin praktik psikologi?

Mendapatkan surat izin praktik psikologi biasanya harus memenuhi sejumlah persyaratan dari pemerintah setempat. Biasanya pemerintah akan melakukan pengecekan atau survei secara langsung terkait kondisi lapangan. 

Namun ada juga pemerintah setempat yang tidak melakukan survei langsung. Hal ini tentu tergantung dengan kebijakan masing-masing pemerintah. Pastikan Kamu memenuhi syarat agar surat izin praktik psikologi secara mandiri segera didapatkan. 

3.Sediakan Modal untuk Membuka Biro

Mendirikan biro psikologi tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Terlepas dari hal tersebut modal perlu dipersiapkan sejak awal mulai dari pengurusan izin hingga mendirikan bangunan untuk menunjang jasa konsultasi psikologi. 

Persiapan modal
Persiapan modal 

Modal yang dibutuhkan mulai dari 30-50 juta. Namun besaran modal bisa Kamu sesuaikan dengan skala jasa psikologi. Jika Kamu mendirikan jasa kecil maka modal bisa dikurangi berlaku juga dengan sebaliknya. Modal ibaratnya menjadi pondasi suatu bisnis. 

Untuk apa modal perlu disiapkan? Modal perlu dipersiapkan untuk membangun lokasi hingga menempuh tahapan promosi. Modal yang perlu dipersiapkan juga bisa berguna untuk memperluas layanan psikologi sehingga mampu menjangkau banyak pasien.

4. Bangun Tempat

Mengupayakan klinik psikologi tentu membutuhkan tempat yang nyaman dan aman. Dimana tempat yang aman dan nyaman? Menurut pengalaman ku dalam mendatangi klinik psikologi, lokasi bisa diupayakan di dalam rumah ataupun membuat tempat sendiri. 

Klinik psikologi
Klinik psikologi

Buat tempat konsultasi psikologi yang menyerupai puskesmas. Buat ruangan-ruangan serta tempat tunggu yang nyaman. Hal ini bertujuan agar saat pasien membeludak mereka tidak akan bisa menunggu meskipun berjam-jam. 

Lengkapi tempat psikologi dengan sejumlah sarana pra sarana. Karena target pasien bukan hanya berasal dari kalangan dewasa, Kamu wajib menyendirikan ruangan antar pasien berdasarkan segi usia. Hal ini lantaran penanganan tentu saja berbeda-beda. 

5. Surat Izin Usaha

Menurut pendapat dari mereka yang telah ahli dalam berbisnis, beberapa pemerintah mengharuskan calon pelaku usaha untuk mengurus izin resmi. Biasanya izin resmi ditempuh setelah biro usaha berdiri. Apa saja yang dipersiapkan untuk mengurus izin usaha?

Kamu harus mengetahui jenis bisnis yang Kamu miliki baik berupa CV, PT, ataupun perseroan. Biro psikologi umumnya banyak memilih jenis usaha perseroan. Setelah mengetahui jenis usaha biasanya pihak pemerintah akan melakukan peninjauan. 

Apa saja yang ditinjau dari klinik psikologi? Yang ditinjau dari klinik psikologi meliputi tempat praktik, sarana dan prasarana, riwayat pasien, hingga kebersihan sanitasi. Pastikan semua hal tersebut dalam kondisi baik sehingga izin usaha segera keluar. 

6. Sediakan Fasilitas Mumpuni

Dalam membangun biro psikologi sangat diperlukan sejumlah fasilitas lengkap. Fasilitas meliputi umum ataupun per pasien. Fasilitas apa saja yang perlu dipersiapkan oleh pemilik biro konsultasi psikolog untuk menangani pasien?

Fasilitas meliputi kamar mandi, ruangan nyaman, WiFi, dan lain sebagainya. Kenapa fasilitas perlu diupayakan? Agar pasien merasa nyaman sekaligus penanganan lebih optimal. Bahkan fasilitas yang mumpuni membuat penanganan jauh lebih cepat. 

Ruang tunggu yang nyaman
Ruang tunggu yang nyaman

Hal ini tentu mempermudah psikiater untuk membantu proses penyembuhan pasien. Untuk mengetahui fasilitas lain yang dibutuhkan, Kamu bisa melakukan pengamatan pada pasien saat berkunjung. Lakukan investasi peralatan agar usaha semakin lancar. 

7. Libatkan Tim Ahli

Membangun klinik psikologi tentu membutuhkan keahlian tersendiri. Bagaimana jika Aku bukan berasal dari latar belakang psikologi? Kamu bisa melibatkan tim ahli yang berasal dari latar belakang pendidikan psikologi untuk melancarkan biro tersebut. 

Psikiater ahli
Psikiater ahli

Tim ahli diperlukan untuk memberikan penanganan terhadap sejumlah keluhan dari pasien. Pastikan tim ahli tersebut benar-benar mampu memberikan pelayanan kepada pasien. Lakukan penambahan tim jika jumlah pasien semakin meningkat. 

Bagaimana cara mendapatkan tim ahli? Menurut pengamatan yang Aku lakukan, sejumlah pusat pelayanan kesehatan mental ataupun fisik mencari tim ahli diupayakan dengan membuka lowongan kerja. Tetapkan sejumlah kriteria untuk mendapatkan kandidat sesuai. 

8. Tambah Layanan

Beberapa klinik kesehatan mental atau biro psikolog turut menambah layanan sebagai bentuk meningkatkan kepuasan batin pasien. Layanan tambahan diupayakan dengan membuka konseling atau konsultasi secara online melalui pemanfaatan situs digital.

Terdapat beberapa media yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan online mulai dari WhatsApp, Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya. Semakin banyak media yang digunakan tentu mampu dijangkau oleh sejumlah pasien dari kalangan tertentu. 

Untuk apa layanan online perlu ditambahkan? Layanan tambahan ini memudahkan pasien mendapatkan penanganan dari jarak jauh. Pasalnya terkadang konsultasi dengan psikiater terhambat oleh kesibukan dari pasien tersebut. 

9. Patok Tarif Terjangkau

Hampir semua psikiater pasti mematok tarif dengan ketentuan tersendiri. Namun mayoritas mereka yang bekerja sebagai psikiater mempertimbangkan hati nurani dan kemanusiaan semata-mata untuk menolong sesama. Jadi pastikan tarif yang dipatok terjangkau. 

Pembayaran jasa konsultasi
Pembayaran jasa konsultasi

Lakukan penanganan secara maksimal sehingga pasien tidak perlu datang berulang. Memang jika pasien datang berulang, Kamu akan mendapatkan keuntungan. Namun hal tersebut justru membuat pasien akan terbebani dari segi biaya. 

Lantas bagaimana cara memasang tarif yang benar? Pasang tarif berdasarkan layanan yang dibutuhkan. Biasanya mereka akan melakukan konseling selama 2-3 kali untuk mendapatkan penyembuhan secara keseluruhan. 

Mendirikan biro konsultasi bisa diupayakan dengan tahapan tersebut. Kamu harus punya keahlian dalam penanganan sikis dan berbagai masalah. Pelajari juga bisnis lain dengan membaca artikel di website Kami.



Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar