Cara Memulai Bisnis Gadai yang Menguntungkan, Cocok untuk Kamu yang Hobi Hitung Uang

Bisnis pengadaian
Bisnis pengadaian


 CariUang - Cara memulai bisnis gadai banyak ditempuh oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama mereka yang hobi membuat pengelolaan keuangan. Bisnis ini memang cukup populer namun perlu pertimbangan matang sebelum memulainya.

Table of Contents
 

Cara Memulai Bisnis Gadai yang Tepat Sasaran

Usaha gadai adalah bisnis penitipan barang dengan jaminan berupa pinjaman orang. Jadi usaha gadai adalah bisnis dimana Kamu akan dititipi barang dengan jaminan pemberian uang. Berikut ini cara memulai bisnis gadai yang benar:

1. Mempersiapkan Rancangan Bisnis

Usaha gadai adalah bisnis yang ditempuh dengan pengembalian barang titipan ketika jaminan susah ada. Dalam membuat usaha ini resiko cukup tinggi sehingga perancangan harus optimal. Apa saja hal yang harus dirancang oleh pemilik usaha gadai?

Rancangan usaha yang harus dipersiapkan mencangkup target bisnis, modal, dan masih banyak lagi. Pembuatan rancangan bisnis harus diupayakan sejak awal sehingga kedepannya Kamu mudah menjalankan usaha pengadaian tersebut. 

Pembuatan rancangan bisnis
Pembuatan rancangan bisnis


Tahapan ini benar-benar wajib ditempuh terlebih jika yang Kamu jalankan adalah bisnis pengadaian rumahan. Pasalnya bisnis pengadaian rumahan rawan mengabaikan sejumlah persyaratan ataupun perizinan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. 

2. Tentukan Jenis Usaha Pengadaian

Peluang usaha pengadaian akan meningkat jika Kamu mengetahui jenis bisnis yang akan dibangun. Terdapat jenis usaha atau bisnis yang bisa ditentukan mulai dari CV, PT, Perseroan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih salah satu untuk menekuni bisnis ini. 

Kenapa jenis usaha pengadaian harus diupayakan? Jenis usaha pengadaian harus ditentukan agar kedepannya menjalankan usaha bisa sesuai dengan jenisnya. Terlebih prosedur pengajuan perizinan setiap jenis berbeda-beda antar satu dengan lainnya. 

Sejumlah pemilik bisnis gadai menjelaskan bahwa penting bagi Kamu memahami jenis-jenis badan usaha. Memahami jenis badan usaha memudahkan Kamu dalam mengurus berbagai macam bisnis sehingga peluang untung cukup tinggi. 

3. Riset Pasar

Cara memulai bisnis gadai yang tidak kalah penting yakni menempuh tahapan riset pasar. Menurut pengalaman ku, beberapa pihak pengadaian akan bertanya kepada masyarakat sekitar terkait dengan sejumlah produk yang diinginkan dalam jangka panjang. 

Peluang usaha pengadaian rumahan biasanya melakukan riset pasar dengan bertanya kepada tetangga sekitar. Nantinya tetangga tersebut akan menitipkan barang tertentu untuk mendapatkan pinjaman pendanaan dari pihak pemilik usaha pengadaian. 

Gunakan data riset pasar tersebut untuk memulai usaha pengadaian. Cara memulai bisnis gadai ini cukup memberikan pengaruh besar sehingga harus diterapkan dengan optimal. Riset pasar juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknik seperti Google from. 

4. Memahami Sistem Gadai

Peluang usaha pengadaian akan menjanjikan selagi Kamu memahami sistem bisnis tersebut. Bagaimana sistem gadai yang tepat dan sesuai target sasaran? Menurut pengalaman ku pribadi dalam mengamati pengadaian, sistem berupa saling pinjam-meminjam. 

Pemahaman sistem pengadaian
Pemahaman sistem pengadaian


Jadi misal orang membutuhkan pinjaman dana maka mereka akan menitipkan barang berharga. Penitipan tersebut akan berlangsung hingga uang yang dipinjam dikembalikan oleh pihak peminjam. Jika Kamu menyediakan barang maka nanti mereka yang akan menitipkan uang kepada usaha tersebut.

Usahakan Kamu membuat perjanjian yang menguntungkan sehingga kedepannya tidak ada pihak dirugikan. Biasanya pembuatan perjanjian diatas kertas bermaterai. Hal ini mencegah pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pengadaian ataupun nasabah. 

5. Buat Nama 

Cara memulai usaha gadai yang tidak kalah penting untuk ditempuh yakni membuat nama. Kenapa nama harus diupayakan? Menurut pemilik usaha pengadaian rumahan, nama menjadi indikator yang membuat orang lain ingat bisnis tersebut. 

Bagaimana cara membuat nama? Kamu bisa berdiskusi dengan rekan ataupun konsultasi bersama pihak telah ahli. Biasanya nama pengadaian akan ikonik dengan hal-hal berkaitan dengan bisnis tersebut sebagai contoh CV. Pengadaian Syariah. 

Tahapan ini wajib ditempuh oleh calon pemilik bisnis pengadaian lantaran menjadi syarat saat mengurus perizinan pengadaian. Tidak hanya membuat nama, Kamu juga wajib mencantumkan logo sebagai lambang yang mewakili usaha pengadaian rumahan tersebut.

6. Mencari Tempat Usaha

Menurut pengalaman ku dalam mengamati usaha pengadaian, pemilik bisnis turut mencari lokasi. Tempat usaha ataupun lokasi yang strategis dan mudah dijangkau tentu membuat Kamu lebih mudah menjalankan sejumlah tahapan penting terutama pengajuan. 

Penataan ruang kantor pengadaian
Penataan ruang kantor pengadaian


Buat tempat usaha yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap. Usaha yang nyaman umumnya memiliki kriteria berupa sarana lengkap dan pelayanan prima. Sediakan bangku untuk ruang tunggu yang banyak sehingga calon nasabah bisa nyaman. 

Tahapan ini menentukan loyalitas terhadap pelanggan atau nasabah sehingga harus benar-benar diupayakan. Pembuatan tempat juga memudahkan Kamu dalam mengurus izin usaha sesuai dengan anjuran dari pemerintah ataupun pihak swasta.

7. Urus Perizinan

Pengadaan harus memiliki izin resmi dari pemerintah. Izin berupa pembangunan usaha hingga operasional dari lembaga keuangan milik negara. Jadi secara tidak langsung Kamu harus mengurus perizinan dengan pihak otoritas jasa keuangan atau OJK. 

Pengurusan izin usaha
Pengurusan izin usaha 


Kenapa izin usaha wajib dipertimbangkan? Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Tidak hanya itu saja, mengurus izin usaha dilakukan dengan tujuan memberikan jaminan keamanan bagi nasabah yang melakukan transaksi. 

Apa saja yang harus dilakukan agar mendapatkan izin usaha? Kamu wajib memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah ataupun swasta agar mendapatkan izin usaha sesuai dengan harapan atau tujuan utama. 

8. Tentukan Jenis Barang yang Bisa digadaikan

Hal yang tidak kalah penting dalam cara memulai bisnis gadai yakni menentukan barang-barang transaksi. Menurut pemilik usaha, umumnya barang yang digadaikan harus memiliki nilai atau bisa dijadikan sebagai alat transaksi. 

Jenis barang yang bisa digadaikan
Jenis barang yang bisa digadaika


Beberapa barang yang bisa dijadikan sebagai alat transaksi biasanya dilengkapi dengan sejumlah dokumen ataupun surat-surat penting. Beberapa diantaranya barang yang bisa dijadikan sebagai alat transaksi gadai mulai dari motor, mobil, sertifikat rumah hingga emas. 

Hindari menerima barang gadaian yang tidak memiliki surat resmi. Kenapa barang tidak punya surat tidak boleh diterima? Berpotensi asalnya tidak jelas seperti hasil pencurian, perampokan, hingga penemuan yang bisa berakhir pada pidana atau proses hukum. 

9. Buat Perjanjian yang Jelas

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pemilik usaha gadai wajib membuat perjanjian jelas. Apa yang dimaksudkan dengan perjanjian? Perjanjian adalah kesepakatan antara kedua belah pihak terkait alur transaksi pengadaian yang telah dilakukan keduanya. 

Perjanjian kedua belah pihak dalam bisnis pengadaian
Perjanjian kedua belah pihak dalam bisnis pengadaian


Perjanjian meliputi apa saja? Perjanjian meliputi pengembalian, besar jaminan, konsekuensi jika terjadi pelanggaran dan masih banyak lagi. Keberadaan perjanjian membuat Kamu terhindar dari resiko mengalami kerugian. 

Sebaiknya perjanjian dibuat menggunakan kertas bermaterai agar memiliki nilai hukum. Hal ini bertujuan agar apabila terjadi pelanggaran antara satu pihak bisa dituntut. Bagaimana jika pengadai tidak ada perjanjian? Beresiko mengalami penipuan dari pihak nasabah. 

Cara memulai bisnis gadai bisa ditempuh dengan tahapan tersebut. Kamu harus memiliki keahlian dalam menata keuangan agar bisnis bisa berjalan lancar. Pahami bisnis lain dengan membaca artikel di website yang telah Kami sediakan.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar