Bisnis Travel Umroh dan Haji, Usaha untuk Investasi Masa Tua

Tanah Indonesia
Tanah Indonesia


 CariUang - Hampir semua umat muslim di dunia pasti menginginkan ibadah di tanah suci naik umroh ataupun haji. Hal itu bisa Kamu manfaatkan dengan mendirikan bisnis travel umroh dan haji. Bisnis ini memang banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan pengusaha. 

Tahapan Memulai Bisnis Travel Umroh dan Haji

Menurut pendapat dari sejumlah pemilik usaha bersangkutan, travel umroh dan haji membutuhkan persiapan matang. Pasalnya pemberangkatan juga butuh koordinasi dengan negara bersangkutan. Berikut ini cara memulai bisnis travel umroh dan haji:

1. Perancangan Bisnis

Hampir semua pengusaha agen membutuhkan rancangan bisnis sebelum memulainya. Terlebih jika Kamu menerapkan cara membangun bisnis agen umroh tanpa modal. Memang bisa menggunakan cara membangun bisnis agen umroh tanpa modal?

Perencanaan bisnis
Perencanaan bisnis


Sebenarnya cara membangun bisnis agen umroh tanpa modal diterapkan oleh mereka yang berstatus sebagai sales ataupun pembukaan cabang. Dalam. Hal ini perencanaan memang tidak begitu penting sehingga banyak orang memilih opsi tersebut. 

Namun bagi pengusaha yang ingin memiliki agen sendiri harus menyiapkan perencanaan mulai dari modal, operasional, hingga pemasaran. Hal ini tentu memiliki tujuan utama untuk mengemban usaha seluas-luasnya guna mencari keuntungan. 

2. Menentukan Target Marketing 

Dalam menjalankan bisnis travel umroh dan haji tentu target marketingnya sudah jelas. Siapa target marketing dari usaha ini? Target marketing dari usaha ini yakni semua umat muslim. Apakah semua umat muslim bisa dijadikan sebagai target marketing?

Bisa, jika Kamu mampu menyediakan paket yang dapat ditempuh oleh banyak orang. Menurut pengalaman ku pribadi dalam mengamati usaha travel umroh dan haji, sebagian pemilik bisnis tersebut banyak yang menyediakan layanan cicilan. 

Target marketing biro umroh yakni umat muslim
Target marketing biro umroh yakni umat muslim


Pemberian layanan cicilan bertujuan untuk memudahkan semua orang menjangkau ibadah umroh ataupun haji. Dengan begitu semua umat muslim di negara tertentu bisa dijadikan sebagai target marketing untuk melakukan perjalanan ibadah umroh dan haji. 

3. Persiapan Modal

Menurut pendapat dari sejumlah pemilik bisnis travel umroh dan haji, usaha tersebut membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tentu modal tersebut harus dipersiapkan sejak awal. Biasanya pemilik usaha akan mempersiapkan modal sejak perancangan bisnis.

Persiapan modal diperlukan dengan tujuan untuk membeli sejumlah perlengkapan, mengupayakan fasilitas, dan juga pengembangan bisnis bersangkutan. Hal ini tentu menjadi indikator yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis di bidang travel. 

Modal usaha biro umroh
Modal usaha biro umroh dan haji


Berapa modal usaha yang perlu dipersiapkan? Modal usaha yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis agen umroh dan haji mulai dari 100-200 juta. Namun modal tersebut bisa bertambah seiring naik turunnya rupiah berdasarkan kurs mata uang asing. 

4. Pencarian Lokasi Tepat dan Membangun Tempat

Cara mengembangkan usaha travel umroh sebenarnya mudah jika Kamu dari awal sudah mampu menentukan berbagai macam keperluan terutama lokasi. Pastikan Kamu mencari lokasi untuk mendirikan agen yang strategis dan mudah diketahui oleh orang banyak. 

Pencarian lokasi bisa didasarkan dengan kemudahan cara mengembangkan usaha travel umroh tersebut. Tidak hanya itu saja pastikan daya saing usaha travel umroh dan haji di tempat tersebut cukup kecil sehingga Kamu tetap bisa menjalankan bisnis dengan mudah. 

Gedung agen umroh dan haji
Gedung agen umroh dan haji


Setelah mendapat lokasi yang tepat, Kamu bisa langsung membangun tempat untuk melangsungkan usaha. Tempat bisa berupa mini office atau ruko. Biasanya pembuatan tempat bisnis travel umroh dan haji disesuaikan dengan budget yang telah dimiliki. 

5. Mengatur Perizinan Usaha

Setelah mendapat tempat atau lokasi untuk melangsungkan usaha, Kamu juga wajib mengurus perizinan dengan pemerintah setempat. Kamu juga harus memenuhi standar yang dikeluarkan oleh kementrian agama untuk mendirikan usaha tersebut. 

Ilustrasi usaha ranting tinggi lantaran memiliki izin resmi
Ilustrasi usaha ranting tinggi lantaran memiliki izin resmi


Pengurusan izin di bidang travel membuat resiko usaha travel umroh mengalami kerugian cukup minim. Biasanya apa saja resiko usaha travel umroh tanpa izin? Berpotensi ditutup secara paksa lantaran diklaim ilegal oleh pemerintah. 

Pengurusan izin usaha sebenarnya memudahkan Kamu untuk mencari calon klien yang akan berangkat umroh ataupun haji. Jadi pastikan untuk menempuh perizinan sesuai dengan arahan pemerintah sehingga kedepannya tidak menimbulkan permasalahan.

6. Siapkan Sejumlah Fasilitas 

Bisnis travel umroh dan haji membutuhkan sarana dan fasilitas agar calon jamaah merasa nyaman. Pengupayaan sarana dan fasilitas wajib disediakan saat mendatangi agen hingga nanti sampai di tanah suci untuk melangsungkan ibadah umroh atau haji. 

Fasilitas penginapan
Fasilitas penginapan


Fasilitas meliputi pelayanan prima, tempat tinggal selama ibadah, kenyamanan kendaraan saat pemberangkatan dan masih banyak lagi. Kamu juga wajib membantu pengurusan visa dan pasport sebagai bentuk pengupayaan sarana ataupun fasilitas. 

Tahapan ini membantu Kamu mengurangi resiko usaha travel umroh mengalami sepi peminat. Fasilitas yang lengkap tentunya membuat sejumlah calon jamaah akan merasa nyaman. Pembuatan layanan juga bisa diupayakan dengan menyediakan cs online. 

7. Koordinasi dengan Negara Arab Saudi

Pemilik bisnis travel umroh dan haji sering berkoordinasi dengan pihak Arab Saudi ataupun tanah suci sebelum pemberangkatan calon jamaah haji. Biasanya kordinasi juga bersangkutan dengan sejumlah rangkaian kegiatan calon jamaah selama di tanah suci. 

Kenapa tahapan ini penting? Tahapan ini penting lantaran bertujuan untuk mencegah jamaah luntang-lantung tidak jelas selama menjalankan ibadah. Kejadian ini sudah banyak dialami oleh banyak orang saat memilih agen travel yang kurang tepat. 

Usahakan selalu mengikuti perkembangan informasi sehingga bisnis tetap bisa beroperasi. Lakukan pengecekan pada jamaah yang akan berangkat baik dari segi usia hingga kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai kemungkinan tidak diinginkan. 

8. Sediakan Paket-paket 

Bisnis travel umroh dan haji juga banyak menyediakan berbagai macam paket-paket. Kamu bisa juga menempuh cara tersebut untuk mencari target jamaah yang sedang membutuhkan keberadaan agen. Bagaimana cara membuat paket-paket umroh?

Menurut pendapat salah satu pemilik usaha terkait, pembuatan paket umroh didasarkan pada tarif harga dan fasilitas yang didapatkan. Misal berapa hari dirinya di tanah suci, tempat tinggal, dan sejumlah fasilitas lainnya. Tahapan ini cukup berpengaruh dalam mengatasi persaingan usaha di bidang serupa. 

Sebagai upaya membuat paket-paket Kamu harus menyesuaikan dengan tarif yang dipatok. Hindari membuat paket terlalu tinggi agar tetap bisa dijangkau oleh semua orang. Menurut pengalaman ku, beberapa agen juga kerap memberikan promo. 

9. Promosi Usaha 

Agar peminat usaha tersebut meningkat, Kamu juga wajib menempuh tahapan promosi. Promosi ini perlu dilakukan dengan tujuan utama meningkatkan jumlah pelanggan yang ingin berangkat ibadah haji. Bagaimana cara promosi usaha agen umroh dan haji?

Promosi bisnis bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah sosial media ataupun internet. Kamu juga bisa melakukan penyebaran brosur untuk melakukan promosi. Kenapa promosi sangat penting dan wajib ditempuh?

Promosi biro umroh bisa menggunakan SEO
Promosi biro umroh bisa menggunakan SEO


Promosi sangat penting lantaran bisa membuat usaha Kamu dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya itu saja, dengan promosi orang akan langsung mencari agen milikmu ketika membutuhkan biro travel pemberangkatan ibadah umroh ataupun haji. 

Bisnis travel dan umroh merupakan salah satu usaha yang bisa dijalankan oleh semua orang. Dibutuhkan keahlian di bidang marketing dan juga komunikasi mumpuni untuk mempermudah jalannya usaha. Kedua keahlian bisa dipelajari dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar