Cara Budidaya Sapi Perah Agar Hasil Susu Melimpah

 

Hasil peternakan sapi perah
Hasil peternakan sapi perah

CariUang- Pertanian di desa biasanya kerap melakukan budidaya dalam jangka panjang. Salah satu ide pertanian yang bisa diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat yakni cara budidaya sapi perah untuk diambil susu ataupun peranakannya.

Table of Contents

Mengenal Cara Budidaya Sapi Perah yang Benar

Menurut sejumlah petani, cara budidaya sapi perah umumnya harus dilakukan secara ekstra agar hasil susu bisa melimpah ruah. Terlebih harga sapi perah cukup mahal di pasaran. Berikut ini cara efektif untuk beternak sapi perah yang bisa Kamu terapkan:

1. Menyiapkan Modal Pembelian Bibit

Dalam penjelasan sejumlah artikel lain di website ini sudah dijabarkan bahwa usaha pasti membutuhkan modal. Begitu juga dengan usaha peternakan sapi perah. Kamu juga membutuhkan modal untuk melakukan pembelian bibit ataupun anakan. 

Dimana Aku bisa melakukan pembelian bibit? Kamu bisa melakukan pembelian bibit kepada peternak yang telah berpengalaman. Beli bibit dengan menyesuaikan modal yang dimiliki. Berapa umumnya modal untuk melakukan pembibitan sapi perah?

Modal yang perlu dipersiapkan mulai dari 300-500 juta untuk usaha budidaya skala sedang. Namun Kamu bisa juga menyiapkan modal berdasarkan dana atau keuntungan yang sudah dimiliki sehingga tidak begitu membebankan diri sendiri. 

2. Pilih Lokasi Peternakan 

Tidak hanya mempertimbangkan modal ataupun harga sapi perah, Kamu juga wajib mempertimbangkan lokasi. Pastikan pemilihan lokasi tidak mengganggu kenyamanan masyarakat secara luas. Dimana lokasi peternakan yang ideal?

Lokasi peternakan sapi perah
Lokasi peternakan sapi perah


Menurut pendapat dari sejumlah peternak berpengalaman, lokasi yang tepat untuk membuat peternakan sapi perah yakni jauh dari pemukiman warga agar tidak mengganggu kenyamanan. Kamu juga bisa membuat lokasi yang dekat dengan pasang rumput. 

Cara budidaya sapi perah dengan membuat lokasi di dekat Padang rumput memudahkan Kamu dalam memberikan pakan untuk sapi perah. 

3. Buat Kandang

Setelah mengetahui lokasi yang tepat untuk membudidayakannya sapi perah, Kamu bisa langsung menyiapkan kandang. Manfaatkan kayu dan bambu untuk membuat kandang sapi perah. Cara budidaya sapi perah juga sangat tergantung tahapan ini. 

Kandang sapi perah
Kandang sapi perah


Pembuatan kandang sebaiknya menyesuaikan dengan jumlah sapi yang akan dibudidayakan. Semakin banyak sapi yang akan dibudidayakan maka sebaiknya ukuran kandang lebih diperluas sehingga hewan tersebut bisa hidup dengan nyaman dan leluasa. 

Jaga kebersihan kandang dengan rutin menyapu kotoran sapi perah tersebut. Kamu bisa menjadikan kotoran sapi perah sebagai pupuk di bidang pertanian. Cara ini tentu bisa memberikan keuntungan ganda jika disertai dengan trik bisnis. 

4. Beli Pembibitan

Cara budidaya sapi perah selanjutnya jika kandang sudah siap yakni melakukan pembibitan. Gunakan modal yang tadi sudah dipersiapkan untuk melakukan pembelian sapi perah kepada peternak handal atau sudah memiliki banyak pengalaman.

Berapa harga sapi perah? Harga sapi perah mulai dari 25-40 juta tergantung bobot dan juga kondisinya. Untuk mendapatkan harga sapi perah yang lebih murah biasanya peternak memilih membeli di tangan pertama ataupun pasar. 

Pembelian sapi perah di tangan pertama membuat harga jauh lebih murah. Biasanya Mereka juga tidak segan memberikan potongan harga jika Kamu melakukan pembelian dalam jumlah banyak sekaligus. Utamakan mencari sapi perah yang sehat agar produktivitas meningkat. 

5. Upayakan Pemberian Pakan

Menurut pendapat sejumlah peternak sapi perah, pakan menjadi indikator yang menentukan Kebersihan usaha tersebut. Jadi Kamu wajib mengupayakan pakan untuk sapi perah. Apa pakan untuk sapi perah yang sehat, bergizi dan mudah didapatkan?

Pakan sapi perah
Pakan sapi perah


Beberapa petani memberikan pakan sapi berupa rumput hingga kangkung kering. Rumput bisa dicari di ladang ataupun hutan. Sementara kangkung kering bisa didapat dengan melakukan pembelian terhadap petani sayur tersebut kemudian dikeringkan. 

Pemberian pakan dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari. Menurut pengalaman ku dalam melihat peternak sapi perah, Mereka juga turut menggiring hewan tersebut ke padang rumput untuk mencari pakan. Hal ini mengurangi beban Kamu dalam mencari pakan. 

6. Pemberian Minum

Tidak hanya memberikan pakan saja, sapi perah juga membutuhkan asupan minum. Pemberian minum berupa air biasa yang dicampur dengan garam kasar. Biasanya penyajian minuman untuk sapi diletakkan pada ember berukuran sedang. 

Pemberian minum
Pemberian minum 


Letakkan ember yang berisi air tersebut pada tempat pakan. Biarkan sapi perah mengambil minum sesuai dengan kebutuhannya. Hindari Memberi minum secara paksa ataupun berlebihan lantaran tidak baik untuk kesehatan sapi perah. 

Efek samping banyak minum pada sapi perah apa saja? Efek samping banyak minum pada sapi perah yakni menyebabkan perut kembung hingga sakit. Untuk menghindari efek samping banyak minum pada sapi perah sebaiknya membatasi asupan tersebut. 

7. Mengupayakan Kesehatan Sapi

Cara budidaya sapi perah akan berhasil jika Kamu mampu mengendalikan sejumlah virus yang berpotensi menyerang hewan ternak. Tidak jarang keberadaan virus seperti PMK mampu menyebabkan kesehatan sapi perah terganggu hingga berujung mati. 

Pemeriksaan secara berkala
Pemeriksaan secara berkala


Lantas bagaimana cara mencegah pertumbuhan virus pada sapi perah? Kamu bisa mengupayakan sejumlah perawatan mulai dari pemberian pakan hingga melibatkan staf kesehatan hewan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit pada sapi perah. 

Pisahkan sapi perah yang sakit dengan sehat agar tidak saling menukarkan. Biasanya pemerintah rutin membuat program untuk mengatasi sejumlah penyakit pada hewan ternak seperti sapi perah. Hal ini tentu bertujuan mempermudah peternak menjalankan usaha. 

8. Proses Pengawinan

Cara budidaya sapi perah tidak hanya berpacu pada pemberian pakan dan minum. Kamu juga perlu mengupayakan sejumlah perawatan ekstra agar pertumbuhan semakin cepat. Memasuki fase dewasa biasanya peternak akan melakukan perkawinan pada sapi perah. 

Apa tujuan utama dari proses pengawinan? Tujuan utama proses pengawinan pengawinan yakni meningkatkan jumlah populasi sapi perah dalam usaha budidaya. Umumnya proses pengawinan memiliki tujuan agar sapi perah bisa berkembang biak. 

Nantinya semakin banyak sapi perah yang Kamu miliki maka produksi susu akan meningkat drastis. Biasanya proses pengawinan berlangsung ketika sapi berusia 1.5-2 tahun. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan untuk memulai proses pengawinan. 

9. Pengambilan Susu

Menurut sejumlah peternak, rata-rata tujuan Mereka mengelola sapi perah yakni mengambil susunya. Pengambilan susu akan melimpah jika kesehatan dari sapi perah terjamin. Bagaimana agar produksi susu selalu melimpah dan menguntungkan?

Susu sapi perah
Susu sapi perah


Beri sapi perah sejumlah pakan, minum, vitamin, dan perawatan ekstra sehingga produksi susu meningkat. Lakukan pemerasan susu sapi perah beberapa hari sekali. Lakukan pengolahan terhadap susu tersebut hingga siap diedarkan. 

Beberapa peternak biasanya menjual susu sapi perah dengan memanfaatkan kemasan botol kaca. Kamu juga bisa melakukan hal serupa dengan menciptakan sejumlah varian rasa. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai peluang bisnis baru yang menguntungkan. 

Cara budidaya sapi perah bisa optimal dengan tahapan tersebut. Pastikan punya keahlian di bidang peternakan. Keahlian di bidang peternakan bisa dipelajari dengan membaca referensi artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar