Cara Budidaya Udang Galah, Terapin Biar Usaha Makin Berkah

 

Hasil panen budidaya udang galah
Hasil panen budidaya udang galah

CariUang - Budidaya udang galah kolam terpal banyak ditempuh sejumlah peternak untuk menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Pasalnya budidaya udang galah termasuk usaha gampang-gampang susah yang berpotensi hasilkan untung melimpah.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Budidaya Udang Galah?

Menurut sejumlah peternak, budidaya udang galah kolam terpal cenderung mudah dievaluasi. Kenapa budidaya udang galah kolam terpal mudah dievaluasi? Karena pengendali lebih ringkas. Berikut ini cara memulai budidaya udang jenis galah:

1. Menyiapkan Kolam Terpal

Langkah pertama yang harus Kamu siapkan berdasarkan buku budidaya udang galah yakni membuat kolam terpal. Bagaimana cara membuat kolam terpal? Membuat kolam terpal bisa ditempuh dengan menyiapkan kerangka dari bambu yang telah dipotong. 

Untuk membuat kolam terpal pastikan ketebalan terjamin
Untuk membuat kolam terpal pastikan ketebalan terjamin 


Atur melengkung membentuk lingkaran dan rekatkan satu sama lain. Atur terpal mengikut bentuk kerangka tersebut. Pastikan kerangka dan terpal cukup kuat dalam menahan beban berat. Pasalnya kolam akan diisi dengan air dan bibit udang galah. 

2. Persiapan Benih

Buku budidaya udang galah menjelaskan bahwa setelah kolam siap penyiapan benih bisa dilakukan. Bagaimana cara mencari bibit udang galah? Kamu bisa membeli bibit galah di tepat tertentu. Berapa harga bibit udang galah paling umum di pasaran?

Harga bibit udang galah biasanya menyesuaikan dengan timbangan. Harga bibit udang galah per kilonya sekitar 50-70 ribu. Namun harga tersebut kembali lagi dengan pihak penjual. Pilih bibit yang sehat dan memiliki ukuran besar untuk mengetahui kualitas. 

3. Tebar Benih

Sebagian petani ada yang memilih menebar benur ( anak udang masih bayi) untuk melangsungkan usaha satu ini. Namun bagi petani udang yang masih pemula disarankan membeli bibit yang sudah agak berumur untuk mengurangi resiko mati. 

Tebar benih atau bibit tersebut secara perlahan. Pastikan ukuran kolam sesuai dengan bibit yang hendak ditebarkan. Idealnya ukuran kolam mulai dari 2x3x1 meter atau menyesuaikan skala dari bibit yang akan dibudidayakan.

4. Pemberian Pakan

Menurut pengalamanku dalam membaca buku budidaya udang galah, pemberian pakan harus diupayakan agar pertumbuhan maksimal. Berapa kali pemberian pakan dilakukan? Umumnya seseorang memberi pakan sekitar 2-3 kali dalam sehari. 

Apa pakan yang tepat untuk udang galah? Makanan yang tepat berupa palet, cacing, bekas gilingan padi, dan masih banyak lagi. Pastikan kebutuhan pakan terpenuhi dengan baik sehingga nantinya pertumbuhan udang galah bisa maksimal. 

5. Pembersihan Kolam

Beberapa petani memilih membuat kolam terpal dengan tujuan agar mudah dibersihkan. Hal itu bisa juga Kamu wujudkan untuk meningkatkan produktivitas udang galah. Berapa kali kolam galah harus dibersihkan agar budidaya berjalan lancar?

Membersihkan kolam bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Cara ini juga bisa diupayakan untuk meminimalisir bakteri penyebab penyakit pada udang galah. Oleh sebab itu Kamu wajib mengupayakannya untuk meningkatkan produktivitas udang. 

FAQ

Berapa lama udang galah bisa dipanen dan menghasilkan untung besar?

Udang galah bisa dipanen dan menghasilkan untung besar setelah 3-5 bulan pasca pemeliharaan. Tentu pemeliharaan harus diupayakan dengan seksama agar masa panen jauh lebih cepat. 

Berapa harga udang galah per kilo?

Udang galah biasanya dijual dengan harga Rp 50.000 - Rp 100.000 per kilo. 

Apakah udang galah tidak boleh memakan makanan pabrikan?

Sangat boleh, beberapa pakan pabrikan untuk udang galah meliputi Artemia hingga Moina sp. 

Budidaya udang galah akan optimal jika Kamu mengupayakan tahapan tersebut. Butuh keahlian di bidang peternakan agar hasil budidaya senantiasa melimpah. Dapatkan trik budidaya lainnya dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar