Jelang Mudik Lebaran? Ini Trik Bisnis Travel yang Menguntungkan

  

Pemberangkatan penumpang mudik
Pemberangkatan penumpang mudik

CariUang - Momen lebaran membuat sebagian umat muslim pasti ingin merayakan bersama keluarga di kampung halaman. Tradisi ini seringkali disebut dengan mudik. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan bisnis travel sebagai peluang usaha.

Table of Contents
 

Trik Bisnis Travel Mudik yang Bikin Omzet Naik

Peluang usaha bisnis travel sejatinya bisa dipelajari secara otodidak. Bagaimana analisa peluang usaha bisnis travel? Menurut sejumlah pengusaha di bidang terkait, berikut cara agar peluang usaha bisnis travel meningkat drastis berdasarkan analisa:

1. Mempersiapkan Modal

Modal merupakan dasar atau strategi awal dalam mengupayakan cara menjadi agen travel. Modal yang harus dipersiapkan wajib dipertimbangkan secara matang sehingga bisnis berjalan lancar. Berapa perkiraan modal usaha agen travel mudik lebaran?

Modal harus dijadikan indikator utama dalam bisnis travel mudik
Modal harus dijadikan indikator utama dalam bisnis travel mudik

Berdasarkan sejumlah perhitungan, modal dalam penerapan cara menjadi agen travel mulai dari 150-300 juta. Namun modal tersebut mampu menghasilkan omzet ratusan juta jika pengelolaan bisnis travel tepat sasaran.

Untuk apa modal perlu dipertimbangkan? Dalam penerapan cara menjadi agen travel tentu Kamu membutuhkan sejumlah armada, biaya sopir, BBM hingga promosi jasa. Semua kebutuhan tersebut harus diupayakan dengan mengeluarkan modal. 

2. Tentukan Lokasi Bisnis

Setelah modal terkumpul, Kamu wajib menyediakan lokasi atau tempat bisnis berlangsung. Pastikan lokasi yang dipilih strategi dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Menurut pengalaman ku pribadi, lokasi yang strategis berada di pinggir jalan. 

Lokasi travel mudik yang strategis
Lokasi travel mudik yang strategis 

Buat tempat yang nyaman dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pelanggan setia. Dengan cara ini Kamu bisa menjangkau banyak target bisnis terutama dari kalangan masyarakat sekitar. Cantumkan lokasi tersebut di google map agar mudah dijangkau. 

Bagaimana cara agar lokasi bisnis dilihat banyak orang? Buat plang berukuran sedang yang mengarahkan ke lokasi bisnis travel. Dengan cara ini Kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan setia.

3. Buat Nama Bisnis 

Dalam mengupayakan bisnis travel mudik, Kamu wajib menyiapkan nama usaha tersebut. Nama bisnis bisa berupa singkatan hingga hal lain yang mewakili usaha tersebut. Tidak hanya nama bisnis, Kamu juga bisa menyediakan logo usaha. 

Pembuatan logo usaha wajib mewakili bisnis tersebut sehingga kesan pertama ketika orang melihatnya langsung teringat travel mudik Kamu. Bagaimana cara membuat logo bisnis travel? Kamu bisa memanfaatkan keberadaan jasa desain grafis hingga edit sendiri. 

Umumnya edit logo sendiri membutuhkan keahlian di bidang desain grafis dasar. Pastikan logo tersebut dicantumkan di plang, benner promosi, dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk identitas bisnis travel yang dijalankan. 

4. Upayakan Izin 

Sebelum membuat bisnis rental, Kamu wajib mengupayakan izin terhadap pemerintah terkait. Untuk apa izin perlu diupayakan? Menurut pengalaman sejumlah pengusaha travel mudik lebaran, izin bertujuan untuk melegalkan bisnis tersebut. 

Tanpa izin dari pemerintah bersangkutan, misal terjadi hal tidak diinginkan maka bisnismu berpotensi mengalami kerugian hingga berujung penutupan. Kasus ini sudah sering dialami oleh sejumlah pengusaha travel mudik hingga umum dalam kehidupan sehari-hari. 

Bagaimana cara mendapatkan izin? Hubungi konsultan usaha setempat. Nantinya Kamu akan mendapatkan pengarahan untuk mengupayakan izin usaha. Keberadaan izin usaha membuat cara cari penumpang travel lebaran jauh lebih mudah. 

5. Sediakan Berbagai Armada

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dalam memulai usaha travel mudik dibutuhkan sejumlah armada. Pastikan armada yang disediakan dalam kondisi aman dan layak di kemudian. Biasanya sebelum operasional, pemilik travel akan melakukan pengecekan. 

Armada travel
Penyediaan berbagai armada travel

Lakukan pengecekan secara berkala yang mencangkok seluruh bagian armada. Upayakan pengecekan armada dilakukan oleh orang yang telah ahli dalam bidang otomotif. Hal ini bertujuan agar armada untuk mengantar mudik dalam kondisi baik. 

Pengecekan armada sebelum pemberangkatan
Pengecekan armada sebelum pemberangkatan 

Bagaimana jika Kita tidak service armada? Jika tidak rutin service armada maka besar potensi mengalami mogok saat mengantar penumpang mudik. Hal ini tentu akan membuat layanan terasa kurang optimal hingga memicu kekecewaan pelanggan. 

6. Klaim Asuransi

Menurut pengalaman sejumlah pemilik usaha travel, rata-rata mereka menggunakan asuransi sebagai bentuk pengupayaan keselamatan. Bagaimana cara mengajukan asuransi? Kamu bisa mendatangi tempat pembelian armada pertama kali. 

Klaim asuransi kendaraan
Klaim asuransi kendaraan 

Nantinya terdapat pusat pelayanan terakit asuransi kendaraan. Untuk apa asuransi perlu diupayakan? Menurut pengalaman ku, asuransi perlu diupayakan dengan tujuan memberikan jaminan jika terjadi kerusakan hingga kecelakaan selama perjalanan. 

Apa keuntungan menggunakan asuransi kendaraan? Ganti rugi kerusakan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Keberadaan asuransi dapat dijadikan sebagai cara mencari penumpang mudik yang ingin mendapatkan jaminan keselamatan. 

7. Cari Sopir Berpengalaman

Cara menjadi agen trevel terpercaya dan mendapatkan ruang di hati penumpang yakni dengan menyediakan sopir berpengalaman. Pastikan indikator ini dipertimbangkan saat hendak membangun usaha travel mudik lebaran. Kenapa butuh sopir untuk usaha?

Sopir berpengalaman
Sopir berpengalaman

Sopir berperan mengantarkan penumpang mudik hingga sampai ke kampung halaman. Pasalnya dalam menjalankan usaha travel tentu perjalanan tidak bisa di kemudian sendiri. Terlebih menjelang lebaran berlangsung pasti orderan penumpang meningkat. 

Cari sopir yang telah memiliki surat izin kemudi dan kemampuan menyetir mumpuni. Hal ini bertujuan agar nantinya proses mengantarkan penumpang berjalan aman, lancar, dan nyaman. Tentu tahapan ini bisa terwujud jika sopir tersebut kompeten.

8. Tambahkan Berbagai Layanan dan Fasilitas

Bisnis travel mudik tentu membutuhkan berbagai macam layanan dan fasilitas lengkap. Beberapa fasilitas meliputi komunikasi selama pemesanan hingga kebutuhan selama perjalanan berlangsung. Kenapa layanan dan fasilitas perlu diupayakan pemilik agen?

Penumpang pasti akan menjadikan dua indikator tersebut sebagai bahan pertimbangan. Jika fasilitas tidak lengkap, layanan kurang maksimal, tentu mereka akan memilih agen lain. Layanan yang cukup penting disediakan oleh pemilik agen travel mudik yakni admin CS. 

Layanan cs
Layanan cs

Admin CS bertugas sebagai pusat informasi suatu agen travel. Hal ini membuat keberadaannya perlu diupayakan guna memudahkan komunikasi dengan pihak penumpang. CS biasanya juga bertugas sebagai admin media sosial suatu perusahaan. 

9. Promosi

Cara cari penumpang travel mudik paling mudah bisa diupayakan dengan membuat promosi. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. Buat postingan mengenai jasa tarvel mudik yang disediakan agar menarik perhatian.

Tidak hanya itu saja, promosi bisa juga diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan influence. Cara ini tergolong cukup efektif dalam meningkatkan penumpang menjelang hari raya. Pasang iklan yang menarik agar bisa menjangkau banyak orang. 

Biasanya sejumlah agen memberikan sejumlah promo seperti potongan harga, bebas biaya muka, hingga konsumsi selama perjalanan. Strategi marketing ini bisa digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan sekaligus menarik pihak lain agar memakai jasa travel Kamu. 

Bisnis travel bisa ditempuh dengan berbagai macam alternatif tersebut. Pastikan mengupayakan izin dan melibatkan tim kompeten agar usaha berjalan lancar. Bagaimana trik lainnya? Trik bisnis lain bisa dibaca melalui artikel website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar