Bisnis Penukaran Uang Baru, Benarkah Menguntungkan Selalu?

Penukaran uang menjelang lebaran
Penukaran uang menjelang lebaran 

 CariUang - Menjelang lebaran banyak bisnis baru yang bisa diterapkan oleh orang-orang salah satunya penukaran uang. Bisnis penukaran uang baru tergolong menguntungkan lantaran Kamu bisa mengambil untung beberapa persen tergantung dengan ketentuan.

Table of Contents
 

Trik Bisnis Penukaran Uang Baru yang Untung Selalu

Rata-rata tempat penukaran uang baru terdekat sudah tutup menjelang lebaran. Hal ini berdasarkan pengakuan sejumlah pemilik tempat penukaran uang baru terdekat. Lantas gimana agar usaha tetap berjalan? Berikut cara bisnis tukar uang baru terdekat:

1. Siapkan Modal Jauh-jauh Hari

Langkah utama jika ingin memulai tukar uang baru di bank hari biasa yakni menyiapkan modal. Berapa modal usaha tukar uang baru di bank hari biasa? Umumnya modal usaha tukar uang baru di bank hari biasa bida disesuaikan dengan skala yang dijalankan. 

Modal merupakan dasar bisnis penukaran uang
Modal merupakan dasar bisnis penukaran uang

Misal ingin tukar uang 100 juta maka modal yang harus Kamu siapkan sekitar segitu. Beberapa bank ada yang tidak memberlakukan admin pada bisnis penukaran uang baru. Jadi siapkan modal tersebut jauh-jauh hari agar usaha berjalan dengan lancar. 

Biasanya berapa pemilik usaha penukaran uang baru memilih menyicil terlebih dahulu. Jadi misal baru punya 5 juta langsung ditukarkan kemudian disimpan. Cara ini juga tergolong efektif jika Kamu punya komitmen untuk membuat rencana bisnis. 

2. Selektif

Beberapa waktu belakangan banyak sekali orang yang tertipu dengan penukaran uang baru admin murah. Namun jika ditempuh ternyata uang yang ditukarkan palsu. Kasus ini sudah sering dialami oleh beberapa masyarakat sehingga Kamu wajib selektif. 

Sebelum menukarkan uang pastikan selektif
Sebelum menukarkan uang pastikan selektif 

Kenali beberapa ciri-ciri uang palsu. Bagaimana cara mengenali ciri-ciri uang palsu? Menurut sejumlah ahli, uang palsu memiliki benang pengaman cerah. Bukan hanya itu saja, uang palsu juga jika diterawang gambar pahlawan tidak ada sama sekali.

Hindari menukarkan uang secara online selain dari situs resmi pemerintah atau bank tersebut. Hal ini selain membuat transaksi kurang efektif juga rawan terhadap terjadinya penipuan. Agar bisnis aman, ikuti anjuran dari pemerintah setempat terkait penukaran uang. 

3. Pilih Hari Penukaran yang Sepi

Sebelum menukarkan uang pastikan Kamu memilih hari yang sepi. Kapan hari penukaran yang sepi dan tidak padat pengunjung? Biasanya Aku pribadi memilih menukarkan uang baru di bank jauh-jauh hari sebelum mendekati lebaran. 

Pilih tanggal penukaran jauh-jauh hari
Pilih tanggal penukaran jauh-jauh hari

Tujuan utama menukar uang baru jauh-jauh hari yakni agar tidak ketinggalan dan jumlah stok aman. Beberapa bank ternama biasanya tidak memberikan batas limit penukaran jika alternatif menukar uang baru dilakukan jauh-jauh hari atau sebelum mendekati ramadhan. 

Umumnya trik ini bisa diupayakan dengan menukarkan uang saat hari biasa. Selain leluasa Kamu juga bisa mendapatkan beberapa nilai uang sesuai harapan. Biasanya saat menjelang puasa hingga lebaran nilai uang yang akan ditukarkan terbatas. 

4. Tukarkan ke Bank Terdekat

Setelah modal yang dipersiapkan untuk penukaran uang baru 2024 dilakukan, Kamu bisa langsung mengunjungi bank terdekat. Datang dan bawa dokumen berupa KTP ataupun ATM ( jika penukaran pakai saldo) dan ambil antrian dengan baik dan benar. 

Pilih penukaran di bank agar lancar
Pilih penukaran di bank agar lancar

Ikuti semua proses mulai dari antri hingga nama Kamu dipanggil oleh petugas bank.Tukarkan uang sesuai modal yang tadi disediakan. Biasanya beberapa bank memberi batasan bisnis penukaran uang baru dengan jumlah tertentu. 

Kenapa penukaran selalu dibatasi? Menurut mantan pegawai bank, pembatasan penukaran uang bertujuan agar layanan serupa bisa ditempuh banyak orang. Jika Kamu ingin menukar uang banyak, gunakan berbagai macam bank swasta lainnya. 

5. Sediakan Berbagai Nilai

Kamu wajib menyediakan berbagai macam nilai rupiah dalam mengupayakan bisnis penukaran uang baru. Beberapa nilai rupiah yang paling banyak dibutuhkan menjelang hari raya idul Fitri atau lebaran mulai dari Rp 5.000, Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Sediakan berbagai macam nilai pecahan uang
Sediakan berbagai macam nilai pecahan uang

Namun Kamu juga perlu menyediakan uang tunai bernilai Rp 50.000 dan Rp 100.000. Pasalnya jika yang datang ke rumah saudara terdekat pasti pemberian uang saku tidak mungkin bernilai Rp 5.000. ataupun Rp 10.000. Cara ini telah diterapkan banyak orang. 

Memenuhi berbagai macam nilai rupiah menjadi salah satu bentuk mengupayakan loyalitas konsumen. Jika hal ini berhasil Kamu terapkan, besar kemungkinan orang tidak segan berlanggan terhadap bisnis tersebut. Terlebih lagi jika Kamu tidak membatasi penukaran. 

6. Hindari Mematok Admin atau Persenan Terlalu Tinggi

Kamu wajib mematok admin atau persenan terlalu tinggi. Kenapa kalau mematok persenan terlalu tinggi? Banyak bisnis penukaran uang baru dengan persenan rendah. Jadi bisa dipastikan bahwa persenan atau admin terlalu tinggi membuat bisnis tidak laris. 

Berapa idealnya persenan yang bisa diterapkan agar bisnis lancar? Menurut pengalaman ku pribadi, Kamu bisa mematok persenan sekitar 5%. Angka tersebut tidak terlalu tinggi juga ataupun rendah sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan orang. 

Hindari bersifat riba lantaran mampu menimbulkan dosa sekaligus memberatkan pelanggan setia. Cara ini perlu dihindari lantaran mampu membuat bisnis penukaran uang baru mangkrak begitu saja bahkan sebelum mendekati hari lebaran.

7. Sediakan Layanan Pembelian Amplop Lebaran

Uang THR biasanya sangat identik dengan sejumlah amplop lebaran. Kamu bisa mengupayakan amplop lebaran sebagai teman bisnis penukaran uang. Sediakan berbagai macam ukuran, bentuk, dan warna dari amplop lebaran tersebut. 

Sediakan juga amplop lebaran sebagai sampingan usaha
Sediakan juga amplop lebaran sebagai sampingan usaha

Kenapa pemilik bisnis penukaran uang banyak yang menyediakan amplop? Pasalnya pemberian uang tersebut juga membutuhkan amplop sehingga bisnis ini cukup menjanjikan. Jual amplop dengan harga pasaran dan cari supplier unggulan. 

Tujuan utama mencari supplier unggulan yakni mendapatkan harga terjangkau sekaligus desain menarik. Semakin menarik amplop yang Kamu tawarkan, besar potensi orang tertarik melakukan penukaran uang sekaligus menukarkan uang. 

8. Jajakan Uang 

Menjelang lebaran Kamu bisa menjajakan bisnis penukaran uang baru. Bagaimana cara menawarkan uang baru? Kamu bisa membuka lapak di pinggir jalan yang padat orang. Pastikan tempat penukaran uang tersebut benar-benar ramai agar laris manis. 

Selain laris manis tempat rame membuat Kamu terhindar dark berbagai tindakan kurang menyenangkan seperti perampokan. Umumnya penukaran uang di pinggir jalan selalu ramai atau padat penduduk menjelang lebaran berlangsung. 

Kemas uang tersebut menggunakan plastik bening. Jika penukaran sesuai ketentuan misal 5 juta, jangan lepas penanda yang tertempel pada tumpukan uang tersebut. Beri batasan penukaran jika stok uang pecahan mulai menipis. 

9. Promosi Online

Bisnis penukaran uang baru menjelang lebaran akan laris manis jika Kamu pandai promosi. Promosikan uang baru tersebut kepada teman ataupun saudara terdekat. Bagaimana cara promosi yang baik dan benar? 

Lakukan penjualan amplop lebaran sekaligus agar usaha makin lancar
Promosikan jasa penukaran uang


Promosi yang baik dan benar bisa diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan Instagram, Tik Tok hingga Facebook. Optimal penggunaan sosial media tersebut agar bisnis berjalan dengan lancar. 

Umumnya bisnis ini memiliki target penjualan berupa masyarakat sekitaran lokasi. Jadi Kamu bisa juga menawarkan dengan cara promosi mulut ke mulut. Dalam menempuh usaha ini dibutuhkan keahlian di bidang marketing. 

Bisnis penukaran uang baru bisa diupayakan dengan berbagai macam cara tersebut. Upayakan selalu update dan gercep agar mendapatkan stok melimpah menjelang ramadhan. Simak bisnis lain dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar