Bisnis Buket Bunga, Peluang Usaha Musiman yang Menguntungkan

 

Pengunjung toko buket bunga
Pengunjung toko buket bunga

CariUang - Buket bunga merupakan produk yang sering dijadikan kado oleh sejumlah orang ketika menjelang momen tertentu. Kamu bisa menjadikan fakta tersebut untuk membangun bisnis buket bunga. Bisnis ini membutuhkan modal yang relatif kecil dan ringan.

Table of Contents
 

Tahapan Memulai Bisnis Buket Bunga

Dalam membangun bisnis buket bunga diperlukan sejumlah persiapan matang mulai planning hingga marketing. Persiapan harus dilakukan dengan matang sehingga nanti bisnis tetap menguntungkan. Berikut tahapan yang wajib disiapkan sebelum memulai bisnis buket bunga:

1. Buat Business Plan

Menurut pengalaman ku dalam mendirikan usaha buket sangat penting sekali tahapan Business Plan. Tahapan ini perlu dilakukan dengan tujuan mengetahui gambaran singkat mengenai usaha. Apa yang perlu disiapkan dalam membuat planning bisnis?

Membuat business plan wajib mencangkup modal yang digunakan, target penjualan, jenis produk, dan pemasaran. Tahapan ini nantinya bisa dijadikan sebagai evaluasi jika terdapat beberapa hal kurang terkait dengan bisnis pembuatan buket bunga. 

Dalam membuat business plan dibutuhkan keahlian dalam bidang wirausaha. Analisa segala potensi kerugian dan keuntungan yang bisa saja Kamu rasakan. Langkah ini menjadi penentu jalannya usaha sehingga wajib Kamu pertimbangkan sejak awal. 

2. Buat Brand

Nama usaha buket bunga juga wajib Kamu persiapkan sejak awal. Untuk apa pembuatan nama usaha buket bunga perlu disiapkan? Pembuatan nama bertujuan agar kedepannya orang mudah mengingat brand bisnis buket bunga milik Kamu. 

Cantumkan brand pada greating card
Cantumkan brand pada greating card


Tidak hanya memudahkan bisnis diingat orang, pembuatan brand atau nama usaha buket bunga juga bertujuan agar berbeda dari lain. Jangan lupa juga buat logo yang berkaitan dengan usaha sebagai simbol perwakilan bisnis buket.

Biasanya pencantuman brand dan logo dilakukan di tempat buket atau bungkusnya. Bagaimana cara mencantumkan brand dan logo? Kamu bisa mencantumkan di greating card atau menempelkan pada bagian bungkus ( berupa stiker). 

3. Pilih Lokasi Berjualan

Tahapan ini sebenarnya bersifat opsional bisa diupayakan ataupun tidak. Lokasi berjualan bisa dilakukan dengan membuka toko, stand, ikut bazar, ataupun secara online. Biasanya tempat jualan yang besar dibuat ketika keuntungan usaha buket sudah banyak. 

Toko buket bunga
Toko buket bunga


Jika memilih membangun tempat tersendiri, Kamu bisa memilih lokasi strategis. Lokasi strategis mencangkup pinggir jalan raya atau tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Usahakan membangun lokasi yang mudah dijangkau oleh orang. 

Sebelum memilih lokasi, sejumlah pemilik toko buket bunga biasanya akan melakukan riset. Apa tujuan dari riset? Menurut referensi yang Aku baca, riset dilakukan untuk mengetahui minat masyarakat serta daya saing dari bisnis buket bunga tersebut. 

4. Riset Pasar

Keuntungan usaha buket bunga bisa terwujud jika Kamu mampu memenuhi permintaan dari masyarakat. Bagaimana cara menempuh alternatif riset pasar? Menempuh riset pasar bisa diupayakan dengan terjun langsung ke masyarakat untuk mengetahui produk buket paling disukai.

Penuhi segala permintaan dari masyarakat tersebut guna membangun kepuasan batin pelanggan. Tidak hanya mengetahui produk paling diminati, riset pasar juga memudahkan Kamu untuk melakukan pendekatan dengan target penjualan. 

Kemajuan zaman membuat riset pasar bisa dipakai secara online. Bagaimana cara melakukan riset pasar secara online? Riset pasar secara online bisa ditempuh dengan membuat survey sebagai jajakan pendapat sejumlah masyarakat 

5. Persiapkan Modal dan Menentukan Target Penjualan

Menurut sejumlah pemilik bisnis, modal harus dijadikan sebagai pertimbangan awal. Berapa modal usaha buket bunga? Modal usaha buket bunga mulai dari 3-5 juta ( belum termasuk dengan biaya sewa lokasi atau tempat penjualan).

Modal usaha buket bunga digunakan untuk membeli sejumlah bahan baku, peralatan, promosi, dan pengiriman sampai ke tangan pembeli. Bagi Kamu yang masih pemula, sebaiknya mempersiapkan modal berdasarkan dengan kemampuan finansial. 

Tidak hanya mempersiapkan modal, Kamu juga bisa menentukan target penjualan. Siapa yang cocok dijadikan sebagai target penjualan buket bunga? Target penjualan buket bunga berupa kalangan masyarakat mulai remaja hingga dewasa. 

6. Tentukan Jenis Buket

Bisnis buket bunga terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari asli dan palsu. Keduanya bisa Kamu jadikan sebagai peluang usaha penjualan buket bunga namun dengan perancangan berbeda. Buket bunga palsu cenderung cocok dijadikan sebagai kenang-kenangan. 

Buket bunga palsu
Buket bunga palsu


Sedangkan buket bunga asli cocok dijadikan sebagai hadiah kepada orang tersayang saat ulang tahun, wisuda, hingga mengunjungi makam. Menjelang momen valentine biasanya buket bunga segar cenderung diincar oleh banyak masyarakat. 

Kamu bisa memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan untuk menawarkan berbagai macam jenis buket. Buat format order yang membebaskan masyarakat request atau pesan buket sesuai dengan keinginan dan keuangan tersedia. 

7. Cari Bahan Baku

Menurut pengalaman ku dalam membuat buket baik bunga fresh ataupun palsu tentu membutuhkan sejumlah bahan. Bahan apa saja yang dibutuhkan? Pembuatan buket palsu membutuhkan bahan berupa cellophane paper, lidi, lem tembak dan lain sebagainya. 

Alat dan bahan pembuatan buket
Alat dan bahan pembuatan buket


Sementara bahan baku pembuatan buket bunga fresh meliputi bunga fresh, celopphane paper, pita, dan perekat. Semua bahan baku tersebut bisa dibeli melalui online atau toko khusus aksesoris. Biasanya pembelian secara grosir akan mendapatkan potongan harga. 

Dalam mencari bahan baku dibutuhkan keahlian di bidang riset pasar. Cari tempat pembelian alat dan bahan yang lengkap. Hal ini memudahkan Kamu untuk mencari semua keperluan dalam satu lokasi sekaligus. Baca ulasan jika membeli secara online.

8. Rancang Buket

Setelah semua bahan baku dipersiapkan dan alat sudah ada, Kamu tinggal merancang buket. Dibutuhkan keahlian dalam hal kreativitas dan ketelatenan sehingga hasil perancangan buket rapi. Bagaimana jika belum bisa merancang buket sendiri? 

Perancangan buket bunga
Perancangan buket bunga


Jika belum bisa merancang buket sendiri Kamu bisa menggunakan jasa freelance. Tidak hanya itu saja, Kamu bisa belajar dari YouTube untuk mendapatkan ilmu seputar perancangan buket bunga. Periksa kembali hasil rancangan hingga benar-benar rapi. 

Cantumkan label nama usaha buket di bagian cellophane paper. Beri kesempatan pembeli untuk request pesan. Pesan bisa hasil print ataupun tulis tangan. 

9. Penjualan

Jika buket selesai dibuat, Kamu tinggal menyusun ke etalase ( jika punya toko). Namun, jika penjualan secara online Kamu tinggal foto produk buket bunga dan posting di marketplace sebagai contoh ataupun referensi bagi pembeli yang masih bingung. 

Penjualan bisnis buket bunga lebih optimal lagi jika menggunakan sistem PO. Jadi nantinya setiap ada pesanan baru dibuatkan. Cara ini banyak ditempuh oleh sejumlah penjual buket pemula atau usaha sebagai sampingan. 

Penjualan buket bunga
Penjualan buket bunga


Keuntungan usaha buket bunga akan optimal dan menjanjikan jika Kamu menerapkan sistem open order. Jual juga dengan memanfaatkan sosial media sehingga target lebih luas. Bangun kerja sama dengan berbagai metode pengiriman sehingga target jualan menyeluruh. 

Bisnis buket bunga dapat Kamu rancang dengan tahapan tersebut. Pelajari trik bisnis serupa dengan memperbanyak membaca sumber informasi salah satunya dari artikel lain website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar