Trik Jual Bunga Segar, Dijamin Untung Bikin Wajah Bersinar

  

Toko bunga segar
Toko bunga segar

CariUang - Bunga segar menjadi salah satu kado sekaligus hal yang bisa melambangkan perasaan. Tidak heran jika jual bunga segar bisa jadi ladang cuan. Terlebih jual bunga segar bisa dilakukan dengan buka lapak atau secara rumahan.

Table of Contents
 

Ragam Trik Jual Bunga Segar yang Tepat

Menurut sejumlah penjual, dalam mengupayakan peluang usaha florist diperlukan keahlian dalam pertanian. Kenapa harus punya keahlian di bidang pertanian? Agar paham dengan sistem perkembangan bunga. Berikut trik jual bunga segar yang tepat:

1. Menyiapkan Modal

Langkah pertama untuk menempuh peluang usaha florist yakni mempersiapkan modal. Berapa modal usaha florist? Modal usaha florist mulai dari 30-70 juta. Modal usaha florist untuk apa saja? Modal untuk menyewa toko, buka kebun sendiri dan operasional. 

Persiapan modal usaha
Persiapan modal usaha


Modal tersebut bisa disesuaikan dengan metode bisnis yang diterapkan. Kamu bisa jual bunga terdekat dengan cara budidaya sendiri ataupun cari distributor. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Menurut pengalamanku pribadi penyiapan modal harus dioptimalkan dengan tujuan agar keuntungan maksimal. Gunakan keahlian dalam bidang keuangan agar perhitungan modal dan skala usaha tepat sasaran.

2. Riset Pasar

Pasca persiapan modal berhasil dilakukan, Kamu wajib menempuh riset pasar. Untuk apa riset pasar perlu dilakukan? Berdasarkan pengalamanku pribadi, riset pasar perlu dilakukan dengan tujuan agar jual bunga segar mampu memenuhi kebutuhan konsumen. 

Riset pasar
Riset pasar


Bagaimana cara melakukan riset pasar yang benar? Sejumlah pengusaha penjualan bunga segar menjelaskan bahwa riset pasar bisa ditempuh dengan wawancara ataupun survei online. Apa yang dibutuhkan dalam menempuh survei pasar?

Untuk melakukan survei atau riset pasar Kamu bisa melibatkan sejumlah kalangan masyarakat. Pastikan memberikan pertanyaan terkait permintaan bunga atau jenis yang paling disukai. Hal ini bertujuan agar jual bunga terdekat mampu memenuhi kebutuhan tersebut. 

3. Tentukan Jenis Bunga

Setelah melakukan riset pasar tentu Kamu akan memahami jenis bunga mana potensial. Sediakan berbagai macam bunga untuk memenuhi usaha jual bunga segar. Bunga ap saja yang bisa dijual dalam memenuhi permintaan calon pelanggan setia?

Mawar menjadi jenis bunga paling disukai
Mawar menjadi jenis bunga paling disukai


Bunga yang bisa disediakan mulai dari mawar Aster, krisan, matahari, dan lain sebagainya. Menurut pengalamanku pribadi dalam mencari bunga segar, rata-rata pihak pengelola toko bersangkutan memberikan katalog agar pembeli bisa bebas memilih. 

Menentukan jenis bunga akan terasa gampang jika Kamu memahami dasar riset pasar. Dengan begitu Kamu hanya tinggal mengumpulkan data yang telah didapatkan sehingga rencana bisnis selanjutnya agar usaha berjalan lancar. 

4. Cari Supplier Bunga Segar

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dalam memulai usaha jual bunga terdekat bisa diupayakan melalui 2 metode yaitu budidaya sendiri ataupun mencari supplier. Budidaya sendiri tentu membuat proses usaha akan berjalan lama lantaran harus menunggu bunga tumbuh. 

Supplier bunga segar langsung dari kebunnya
Supplier bunga segar langsung dari kebunnya


Kamu bisa mengupayakan hal tersebut sembari mencari supplier. Hal ini bertujuan agar usaha penjualan bunga segar tidak tertunda. Pastikan mencari supplier yang menyediakan berbagai macam bunga segar berkualitas dengan harga murah. 

Menurut sejumlah pengusaha bunga segar, supplier berpengalaman biasanya memiliki kebun sendiri yang sudah terjamin prosedurnya. Hal ini membuat Kamu bisa mendapatkan bunga segar yang jauh lebih berkualitas. 

5. Analisis Kompetitor

Peluang usaha bunga segar tergantung juga dengan kemampuan Kamu dalam mengembangkan bisnis tersebut. Menurut pengalaman pemilik toko bunga segar, kemampuan bisnis bisa optimal jika Kita sering melakukan riset kompetitor. 

Analisis kompetitor
Analisis kompetitor


Bagaimana cara melakukan analisis kompetitor? Analisis kompetitor dilakukan dengan mengamati strategi khusus mulai dari cara mencari supplier, metode penjualan, harga hingga pasaran rival. Apa tujuan utama pelaku usaha menerapkan analisis kompetitor?

Menurut pengalaman sejumlah pelaku usaha jual bunga terdekat, analisis kompetitor dilakukan dengan tujuan agar tidak kalah saing. Berdasarkan pengalaman ku pribadi, analisis kompetitor dapat dijadikan evaluasi bisnis yang sedang berjalan. 

6. Mematangkan Skill SDM

Jika Kamu membuat bisnis jual bunga segar dalam skala besar mungkin awal-awal akan menggunakan keberadaan supplier. Namun mayoritas pemilik bisnis bunga sendiri memilih membuat kebun pribadi agar pengupayaan bisnis semakin besar dan menguntungkan. 

SDM sebagai tenaga kerja harus paham seputar perawatan bunga segar
SDM sebagai tenaga kerja harus paham seputar perawatan bunga segar


Lantas apa yang perlu dipersiapkan agar usaha penjualan bunga segar dan produksinya lancar? Siapkan SDM atau tenaga kerja yang ahli di bidang pertanian. Kenapa harus menggunakan tenaga kerja dalam menjalankan usaha penjualan dan produksi bunga? 

Agar usaha berjalan lancar dan produktivitas mengalami peningkatan drastis. Apakah SDM harus berasal dari kalangan masyarakat yang berpendidikan tinggi? Tidak, tenaga kerja bisa berasal dari masyarakat umum tanpa harus berpendidikan tinggi asal mau belajar.

7. Membuat Lokasi Usaha

Setelah tau siapa saja pihak-pihak yang akan terlibat dalam usaha jualan bunga segar, Kamu juga wajib menyediakan lokasi. Bagaimana cara memilih lokasi yang tepat? Kamu bisa memilih tempat yang tidak jauh dari jangkauan orang atau disebut strategis.

Sementara pemilihan lokasi perkebunan bunga milik sendiri bisa diupayakan di lahan yang belum tercemar oleh lingkungan. Tahapan ini cukup penting dan memberikan manfaat besar bagi keberlangsungan usaha sehingga harus benar-benar diterapkan. 

Lokasi usaha bunga segar jika budidaya sendiri
Lokasi usaha bunga segar jika budidaya sendiri


Bagaimana jika modal yang Kita miliki belum cukup untuk membuat lokasi jualan bunga segar? Kamu bisa memulai usaha secara rumahan sebagai bentuk memulai usaha jual bunga terdekat. Setelah modal terkumpul baru nanti membuka lapak skala lebih besar. 

8. Membangun Relasi

Sesuai dengan penjelasan sejumlah pengusaha atau enterpreneur, dalam membangun bisnis diharuskan memiliki keahlian menjalin mitra dengan pihak lain. Untuk apa mitra bisnis atau relasi perlu dijalin? Untuk menentukan target penjualan dan memperluas usaha.

Biasanya beberapa pihak akan melakukan pembelian jika sudah mengetahui latar belakang suatu usaha. Jadi dengan membangun relasi sebanyak-banyaknya besar potensi usaha penjualan bunga segar yang Kamu lakukan laris manis. 

Bagaimana cara membangun relasi? Mengikut sejumlah komunitas, ikut bazar, dan lain sebagainya. Tidak jarang juga membangun relasi dengan pihak tertentu berujung sebagai langganan tetap. Di sini Kamu tentu akan berperan sebagai distributor bunga. 

9. Mematangkan Promosi

Kamu wajib melakukan promosi produk jualan bunga segar agar penjualan semakin meningkat. Promosi bisa diupayakan dengan memanfaatkan sejumlah sosial media hingga marketplace. Umumnya promosi dilakukan pakai sosial media. 

Bagaimana jika pembeli berasal dari daerah yang jauh? Kamu bisa memanfaatkan keberadaan jasa logistik. Saat ini logistik ada yang satu hari sampai dengan pengamanan produk unggulan jadi bunga akan tetap fresh. 

Beberapa penjual bunga skala besar sudah menerapkan trik ini untuk meningkatkan omzet. Pastikan Kamu mengikuti sejumlah perkembangan zaman atau trend yang berlaku agar usaha bisa berjalan lancar. 

Jual bunga segar bisa diupayakan dengan menerapkan sejumlah trik di atas. Sebelum itu pastikan Kamu punya keahlian dalam membuat planning bisnis dan personal branding. Kedua keahlian bisa dipelajari dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar