Bisa Jadi Sultan, Ini Trik Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

 

Ilustrasi pemeliharaan hewan peliharaan
Ilustrasi pemeliharaan hewan peliharaan 

CariUang - Menjelang mudik lebaran umumnya orang akan pulang ke kampung halaman. Kadang momen tersebut membuat pemudik bimbang lantaran harus meninggalkan hewan peliharaan. Kamu bisa mencoba bisnis penitipan hewan peliharaan.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan?

Menurut pengalaman ku pribadi dalam mengamati tempat penitipan kucing, rata-rata bisnis ini dijalankan oleh kalangan pecinta hewan. Hal ini lantaran perawatan membutuhkan kesabaran dan pengalaman ekstra. Berikut cara buat bisnis penitipan hewan peliharaan:

1. Pilih Lokasi Penitipan

Tahapan pertama yang bisa Kamu tempuh untuk membuat tempat penitipan kucing dan hewan lain yaitu memilih lokasi. Pastikan lokasi yang dipilih strategis dan mudah dijangkau oleh pemilik hewan. Hal ini memudahkan pengantaran dan penjemputan hewan. 

Bangunan penitipan hewan peliharaan
Bangunan penitipan hewan peliharaan 

Biasanya untuk memudahkan calon pelanggan mengetahui lokasi, Kamu bisa memanfaatkan keberadaan google map dan juga plang. Buat plang berukuran besar dan pasang ke jalan raya yang mengarahkan ke lokasi tempat penitipan kucing. 

Selain memudahkan calon pelanggan hal ini juga dapat dijadikan sebagai bentuk memperkuat branding. Terlebih saat ini google map sudah bisa diberi ulasan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi calon pelanggan yang bimbang. 

2. Bangun Tempat 

Setelah memilih lokasi yang tepat, Kamu bisa langsung melakukan pembangunan tempat penitipan hewan terdekat. Umumnya tempat meliputi sejumlah ruangan yang nantinya digunakan untuk meletakkan hewan titipan milik pelanggan setia. 

Ruangan untuk menaruh hewan peliharaan
Ruangan untuk menaruh hewan peliharaan 

Buat tempat berukuran luas atau menyesuaikan dengan jumlah maksimal hewan yang hendak ditampung. Menurut pengalaman ku dalam melihat temapt penitipan hewan terdekat, pembuatan ruangan diberi alat berdasarkan jenis-jenisnya. 

Kamu juga wajib membuat kandang yang berbahan besi dengan ukuran sedang. Kandang tersebut digunakan untuk meletakkan hewan titipan dari pelanggan. Sediakan kandang berjumlah banyak agar kapasitas tampungan hewan bisa banyak. 

3. Urus Izin Usaha

Membangun bisnis penitipan hewan peliharaan juga membutuhkan izin dari sejumlah instansi pemerintah setempat. Kamu wajib mengupayakan izin agar nantinya tidak timbul permasalahan. Ke siapa Aku bisa mengurus surat izin mendirikan usaha?

Sertifikat izin usaha
Sertifikat izin usaha

Kamu bisa memanfaatkan keberadaan jasa izin usaha hingga menemui pemerintah setempat untuk mendapatkan pengarahan. Kenapa bisnis penitipan hewan harus ada izin? Agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari dan dipercaya banyak orang. 

Tidak hanya mengurus izin jasa penitipan hewan peliharaan saja, Kamu juga diwajibkan membayar pajak. Berapa biaya pajak dari jasa penitipan hewan peliharaan? Umumnya pajak didasarkan pada luas lahan hingga bangunan sehingga semua tinggal menyesuaikan. 

4. Siapkan Peralatan

Membuat jasa penitipan hewan peliharaan Kamu membutuhkan sejumlah peralatan. Peralatan apa saja yang dibutuhkan? Peralatan yang dibutuhkan meliputi tempat makan, minum, tidur, alas, dan masih banyak lagi. 

Sediakan kandang sebagai alat menyimpan hewan peliharaan
Sediakan kandang sebagai alat menyimpan hewan peliharaan

Kenapa peralatan sangat diperlukan? Pasalnya keberadaan peralatan mampu menunjang proses perawatan sejumlah hewan yang dititipkan. Pastikan suhu ruangan untuk meletakkan hewan juga stabil sehingga hewan titipan tidak kepanasan ataupun kedinginan. 

Jangan lupa taruh pasir atau sediakan tempat untuk BAB hewan peliharaan yang dititipkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses membersihkan ruangan penyimpanan hewan titipan sehingga tetap bersih dan terbebas dari bau tidak sedap. 

5. Tentukan Jenis Hewan yang Boleh dititipkan

Bisnis penitipan hewan peliharaan harus jelas mencangkup layanan apa saja yang disediakan. Di sini Kamu harus mampu mengupayakan layanan penitipan apa saja yang bisa didapatkan oleh orang-orang. Umumnya hewan jenis apa yang dititipkan?

Menurut pengalaman ku pribadi dalam melihat bisnis satu ini, hewan yang dititipkan meliputi kucing, anjing, kelinci, hamster, dan lain sebagainya. Sendirian ruangan antara hewan dan jadikan satu tempat berdasarkan jenisnya misal kucing sama kucing. 

Kenapa tempat harus disendirikan? Terkadang pencampur tempat membuat hewan peliharaan bertengkar hingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika dibiarkan tentu hal ini mampu mengurangi kepuasan batin dari pelanggan setia usaha tersebut. 

6. Patok Tarif Harga

Membuat bisnis penitipan hewan peliharaan tentu bertujuan untuk mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini bisa Kamu upayakan dengan mematok tarif tertentu pada usaha penitipan hewan peliharaan milik pelanggan. 

Buat tarif jasa penitipan
Buat tarif jasa penitipan hewan peliharaan 

Berapa idealnya biaya penitipan hewan peliharaan? Umumnya penitipan hewan peliharaan mulai dari Rp 50.000 - Rp 150.000. Namun patokan harga tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor penting. Faktor penting seperti apa yang mempengaruhi?

Faktor penting yang mempengaruhi meliputi jenis hewan, lama penitipan, perawatan, dan lain sebagainya. Sejumlah faktor itulah yang biasanya dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh orang-orang sebelum melakukan penitipan hewan peliharaan. 

7. Libatkan Orang yang Ahli dan Berpengalaman

Bagi Kamu yang ingin menekuni bisnis penitipan hewan peliharaan tentu harus memahami itu seputar kesehatan binatang dan didasarkan kecintaan pada makhluk tersebut. Bagaimana jika belum memiliki ilmu seputar kesehatan hewan peliharaan?

Staff ahli dalam menangani hewan peliharaan
Staff ahli dalam menangani hewan peliharaan

Kamu bisa memanfaatkan keberadaan karyawan. Jadi bisa disimpulkan bahwa Kamu juga perlu rekrutmen pegawai atau karyawan untuk memudahkan proses usaha. Bagi tugas karyawan berdasarkan bidang-bidang atau pengelompokan tertentu. 

Berapa karyawan yang dibutuhkan? Untuk tempat penitipan yang masih sederhana, Kamu memerlukan karyawan sekitar 3-4 orang saja. Jika usaha yang dijalankan sudah berkembang pesat maka bisa menambah jumlah karyawan sesuai kapasitas usaha. 

8. Cari Pakan Berkualitas

Menitipkan hewan peliharaan ke suatu jasa penitipan tentu membuat sebagian orang khawatir terkait pola makan. Namun, hal itu bisa Kamu atasi sekaligus gunakan untuk meyakinkan pelanggan bahwa tempat penitipan milikmu mampu mengupayakan pakan bergizi. 

Pakan berkualitas
Pakan berkualitas 

Jalin kerja sama dengan sejumlah pet shop atau toko kebutuhan hewan peliharaan untuk mendapatkan pakan. Bagi hewan peliharaan yang masih kecil dan membutuhkan susu, Kamu juga harus mengupayakannya sehingga pertumbuhan lebih optimal. 

Cari makanan bermerk dan terbukti kualitasnya. Sebagai contoh makanan kucing yang berkualitas meliputi bolt,royal Canin, Meo, dan masih banyak lagi. Sediakan juga tempat makan yang bersih sehingga hewan peliharaan bisa makan dengan nyaman. 

9. Promosi

Bagaimana agar orang tau keberadaan bisnis penitipan hewan peliharaan milikmu? Tentu pertanyaan itu pasti timbul di benak pemilik usaha penitipan hewan. Lantas bagaimana sih cara agar orang mengetahui keberadaan bisnis tersebut?

Bagaimana cara promosi yang benar? Cara promosi yang benar bisa diupayakan dengan 2 metode yaitu online dan offline. Promosi online membutuhkan berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga Twitter. 

Sementara promosi offline meliputi sebar brosur hingga pasang pamflet. Masing-masing media promosi memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal itu tentu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakan media sesuai keinginan. 

Nah itulah trik bisnis penitipan hewan peliharaan yang bisa Kamu tempuh. Pastikan semua tahapan dilakukan dengan selektif sehingga nantinya memberikan keuntungan. kamu juga bisa mempelajari artikel lain di website ini untuk meningkatkan pemasaran. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar