Tips Bisnis Jual Beli Motor Bekas, Terbukti Banyak yang Sukses


Bisnis jual beli motor bekas bisa via showroom
Bisnis jual beli motor bekas bisa via showroom




CariUang - Bisnis jual motor bekas merupakan usaha di bidang otomotif atau kendaraan yang cukup menguntungkan. Dalam mengupayakan bisnis ini Kamu bisa memulainya dari skala kecil. Terlebih izin jual beli motor bekas cukup mudah untuk ditempuh.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas?

Menurut pendapat dan pengalamanku, cara jual beli motor bekas paling tepat yakni dengan buka showroom rumahan. Kamu juga bisa mempromosikan melalui sosial media seperti Facebook. Berikut ini cara jual beli motor bekas yang tepat dan cepat:

1. Menyiapkan Modal

Semua pemilik usaha penjualan dan pembelian motor bekas menjelaskan bahwa bisnis ini membutuhkan modal. Berapa kdal jual beli motor bekas? Modal pertama kali bisa diupayakan sekitar 30-50 juta. Nantinya modal bisa dikembangkan seiring berjalannya waktu.

Berapa modal jual beli motor bekas skala besar? Untuk menjual dan membeli motor bekas skala besar dibutuhkan modal sekitar 150-300 juta. Namun berapa modal jual beli motor bekas bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial calon pengusaha. 

2. Membeli Motor

Untuk menunjang bisnis ini tentu Kamu perlu melakukan pembelian motor bekas pada pihak tertentu. Pastikan motor yang hendak dibeli memiliki bentuk yang sempurna baik dari segi fisik ataupun mesin. Hal ini agar biaya pemeliharaan tidak begitu mahal. 

Berpedoman pada pendapat salah satu pemilik showroom motor bekas di Ponorogo, dalam bisnis satu ini kendaraan harus dilengkapi dengan dokumen sah. Tujuan aturan ini untuk memastikan bahwa penjual adalah pemilik asli atau bukan hasil curian.

3. Service Secara Keseluruhan

Pasca mendapatkan motor bekas dari sejumlah pihak Kamu wajib melakukan service. Kenapa service perlu dilakukan? Service pada kendaraan yang akan dijual wajib dilakukan lantaran untuk memastikan bahwa kondisi motor layak digunakan. 

Kamu bisa menjalin mitra dengan sejumlah bengkel untuk melakukan service secara keseluruhan. Dengan begitu pihak bengkel biasanya memberikan potongan harga lantaran telah berlangganan. Service keseluruhan juga berguna meningkatkan nilai jual. 

4. Mengupayakan Izin

Sejumlah pemilik bisnis showroom motor bekas menjelaskan bahwa usaha ini membutuhkan izin resmi dari pemerintah setempat. Untuk apa izin usaha jual beli motor bekas diperlukan? Izin usaha jual beli motor bekas bertujuan agar tidak mengganggu masyarakat lain. 

Izin dalam bisnis jual beli motor harus diupayakan
Izin dalam bisnis jual beli motor harus diupayakan


Perizinan ini menjadi indikator yang membuat bisnis jual beli motor terhindar dari berbagai permasalahan. Bagaimana jika usaha tidak mendapat izin? Jika usaha tidak mendapatkan izin, maka berpotensi mendapatkan penolakan hingga menimbulkan masalah. 

5. Promosi di Media Sosial

Dalam mengupayakan penjualan motor bekas, menurut pendapatku pemilik usaha kerap melakukan promosi dengan memanfaatkan keberadaan Facebook. Sosial media satu ini dikenal cukup potensial lantaran target penjualan biasanya orang dewasa. 

Upload semua motor di Facebook berikan keterangan dan patokan harga. Biarkan orang menawar untuk membentuk transaksi efektif. Kamu juga bisa memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan sejumlah motor bekas yang dimiliki dengan tujuan meningkatkan penjualan. 

FAQ

Apa saja dokumen yang wajib ada saat membeli motor?

Dokumen yang wajib ada dalam membeli motor bekas untuk dijual kembali meliputi STNK, BPKB, dan masih banyak lagi. 

Dalam menjalani bisnis jual beli motor bekas apa lagi yang perlu diupayakan?

Dalam menjalankan bisnis jual beli motor bekas kamu harus mengupayakan pembayaran pajak kendaraan tepat waktu.

Bisnis jual beli motor bekas akan berhasil jika Kamu menerapkan trik tersebut. Gunakan keahlian dalam sosial media untuk meningkatkan penjualan kendaraan. Dengan begitu keuntungan semakin meningkat. Keahlian tersebut bisa dipelajari dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar