Ingin Buka Bisnis Tapi Modal Tipis? Terapin Cara Membuat Nasi Tiwul Biar Untung Makin Ngawur

 

Proses pembuatan beras tiwul
Proses pembuatan beras tiwul

CariUang - Cara membuat nasi tiwul banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan terutama ibu rumah tangga. Pasalnya makanan pokok satu ini sering dijadikan pilihan di tengah mahalnya harga beras baik putih maupun merah.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Membuat Nasi Tiwul?

Sejumlah pemilik industri nasi tiwul menjelaskan bahwa cara membuat nasi tiwul singkong baiknya dilakukan dengan seksama. Pasalnya salah dalam proses pembuatan berakibat fatal. Berikut ini cara membuat nasi tiwul singkong yang bisa Kamu coba:

1. Siapkan Modal

Berdasarkan pengalamanku dalam mengamati industri nasi tiwul, rata-rata pemilik usaha menyiapkan modal sebagai langkah pertama. Berapa modal untuk membuat nasi tiwul? Modal yang perlu dipersiapkan untuk produksi makanan ini mulai 3-7 juta.

Modal digunakan untuk membeli alat dan bahan nasi tiwul. Apa saja bahan-bahan nasi tiwul? Bahan-bahan nasi tiwul meliputi singkong berkualitas. Bahan-bahan lain menyesuaikan dengan pengolahan lanjutan hendak dijadikan hidangan apa. 

2. Upayakan Sejumlah Alat Membuat Nasi Tiwul

Cara membuat nasi tiwul singkong akan efektif jika semua peralatan tersedia. Apa saja alat membuat nasi tiwul? Dalam jurnal dan ilmiah pembuatan nasi tiwul, alat pembuatan meliputi tumbu, lumpang, nampan, sejumlah wadah dan juga dandang berukuran sedang.

Siapkan semua alat membuat nasi tiwul dengan benar agar tidak mengurangi hasil dari produksi. Bagaimana jika alat membuat nasi tiwul yang digunakan tidak lengkap? Cara membuat nasi tiwul singkong akan berjalan tidak optimal dan memakan waktu lama. 

3. Mencari Bahan Baku Berkualitas

Sesuai dengan penjelasan pada paragraf sebelumnya, sejumlah pelaku usaha wajib mengupayakan bahan-bahan nasi tiwul untuk memulai produksi. Dimana Aku bisa mendapatkan singkong yang berkualitas tinggi dan harga cukup ramah?

Bahan baku pembuatan nasi tiwul
Bahan baku pembuatan nasi tiwul

Pemilik usaha nasi tiwul bernama Bu Narti menjelaskan, bahan baku bisa diupayakan dengan menjalin mitra dengan petani singkong. Selain bisa mengetahui kualitas dari bahan baku tersebut, Kamu bisa mendapatkan harga cukup terjangkau. 

4. Proses Produksi

Bagaimana cara membuat nasi tiwul singkong? Menurut pengusaha yang sudah berpengalaman, pembuatan nasi tiwul sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengupas singkong dari kulitnya dan potong dengan ukuran sedang. 

Rendam singkong tersebut kemudian jemur setidaknya selama 7 hari atau menyesuaikan dengan cuaca. Giling setelah proses penjemuran selesai. Aduk hingga membentuk gumpalan kecil-kecil kemudian kukus dalam dandang selama beberapa saat. 

5. Pengemasan

Sambil menunggu proses masak nasi tiwul, Kamu bisa mempersiapkan pengemasan untuk makanan satu itu. Bagaimana cara mengemas nasi tiwul yang benar? Menurut pengalamanku pribadi, pengemasan bisa dilakukan dengan memanfaatkan plastik. 

Tidak hanya plastik, pengemasan bisa juga diupayakan dengan memanfaatkan mika plastik ataupun wadah berukuran sedang. Pastikan pengemasan aman dan tidak membuat nasi tiwul cepat nasi dalam kurun waktu tertentu. 

FAQ

Kenapa nasi tiwul rasanya asam?

Nasi tiwul mendadak asam dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya pengemasan tidak menunggu dingin. Biasanya hal ini memicu perubahan rasa pada nasi tiwul hingga cepat nasi. 

Dimana Aku bisa jualan nasi tiwul?

Kamu bisa menjual nasi tiwul di rumah ataupun menitipkan ke warung-warung. 

Berapa lama daya tahan nasi tiwul?

Nasi tiwul bisa bertahan hingga 4 hari asalkan penyimpanan tepat. 

Cara membuat nasi tiwul bisa Kamu jadikan sebagai peluang bisnis saat harga beras meningkat. Dalam usaha ini dibutuhkan keahlian memasak atau tata boga sehingga hasil sesuai keinginan. Upayakan keahlian di bidang lain dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar