Cara Membuat Beras Jagung, Peluang Bisnis di Tengah Ekonomi Krisis

 

Jagung bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan beras alternatif
Jagung bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan beras alternatif 

CariUang - Beras jagung terbuat dari jagung pilihan yang telah melewati proses panjang. Cara pembuatan beras jagung terbuat dari biji yang masih utuh bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Terlebih harga beras biasa saat ini mengalami lonjakan cukup tinggi.

Table of Contents
 

Cara Membuat Beras Jagung untuk Kepentingan Usaha

Setelah mengetahui beras jagung terbuat dari apa, penting bagi Kamu untuk mengetahui proses produksinya. Bagaimana cara membuat beras berbahan dasar jagung berkualitas? Berikut ini tahapan membuat beras dari jagung:

1. Perencanaan Modal

Menurut pengalaman sejumlah orang yang telah berjualan nasi jagung ataupun berasnya, perencanaan modal menjadi indikator penentu usaha. Oleh sebab itu Kamu harus mempersiapkan modal sejak awal agar kedepannya usaha lebih mudah dijalankan. 

Analisa modal berdasarkan beberapa hal mulai dari biaya bahan baku, produksi, pengemasan hingga penjualan. Cara ini Kamu bisa memperhitungkan modal yang sesuai berdasarkan dengan skala usaha. 

2. Siapkan Peralatan

Berdasarkan pengalamanku pribadi, pembuatan beras dari jagung membutuhkan sejumlah peralatan. Peralatan tersebut meliputi mesin gilingan, tampah, dandang, dan masih banyak lagi. Pemilik usaha beras jagung terdekat juga menerapkan hal ini. 

Agar usaha beras jagung optimal peralatan harus disediakan sejak awal. Pastikan semua peralatan bersih sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar proses produksi berjalan secara higienis dan tidak terhambat.

3. Bahan Baku Berkualitas

Pemilik usaha beras jagung terdekat dari rumahku senantiasa mencari bahan baku berkualitas untuk mengupayakan bisnis ini. Apa saja bahan baku berkualitas yang wajib Kamu siapkan? Bahan baku berkualitas meliputi jagung yang telah diseleksi. 

Bagaimana cara mendapatkan bahan baku berkualitas? Manfaat beras jagung yang besar membuat jagung berkualitas bisa diupayakan dengan menjalin mitra bersama petani. Biasanya petani tau mana jagung berkualitas atau tidak. 

4. Proses Produksi

Bagaimana cara membuat beras jagung? Cara pembuatan jagung cukup mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menggiling kasar jagung ( dipipil), kemudian ayak hingga dedaknya hilang, dan tampi untuk menghilangkan sejumlah kotoran. 

Proses tampi jagung
Proses tampi jagung

Cuci hingga bersih kemudian rendam selama 2 malam kemudian cuci ulang. Jangan lupa untuk menambahkan starter mikroba pada rendaman jagung tadi. Kukus untuk mencoba hasil produksi beras jagung. 

5. Pengemasan

Setelah proses produksi berlangsung, biasanya sejumlah penjual beras jagung memilih untuk mengupayakan pengemasan. Agar manfaat beras jagung tidak berkurang, Kamu bisa mengemas beras dengan menggunakan plastik yang telah didesain. 

Pastikan pengemasan rapat dan rapi agar tidak mengurangi rasa dan manfaat beras jagung. Apakah kemasan berpengaruh pada penjualan? Menurut pengalamanku pribadi, kemasan berpengaruh besar pada penjualan sehingga harus diupayakan. 

FAQ

Berapa modal untuk membuat beras jagung?

Modal yang digunakan untuk pembuatan beras jagung sekitar 1-3 juta ( belum termasuk mesin penggiling)

Berapa lama beras dari jagung bisa bertahan? 

Umumnya beras dari jagung bisa bertahan dalam kurun waktu sekitar 2-3 bulan dengan penyimpanan optimal. 

Apakah usaha ini bisa mendatangkan keuntungan besar?

Usaha ini bisa mendatangkan keuntungan besar terlebih saat ini harga beras cukup tinggi. Dengan menjual beras dari jagung maka sama saja Kamu membuka peluang bisnis baru. 

Bagaimana agar penjualan beras dari jagung meningkat?

Kamu bisa menjual secara online dan menitipkannya pada toko-toko terkemuka seperti Alfamart. 

Cara membuat beras jagung bisa dijadikan peluang usaha menguntungkan di tengah mahalnya harga beras biasa. Gunakan keahlian dalam bidang boga dan pemasaran untuk tingkatkan penjualan. Pelajari trik bisnis lain dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar