Ide Usaha di Pasar Malam, Cocok Bagi Pemula yang Negebet jadi Sultan Andara

 
Pasar malam
Pasar malem

CariUang - Pasar malam adalah lokasi wisata yang kerap dijadikan sebagai tujuan jalan-jalan sekaligus refreshing oleh sebagian orang. Tidak jarang banyak orang akhirnya tertarik menerapkan ide usaha di pasar malam agar untung besar.

Table of Contents
 

Deretan Ide Usaha di Pasar Malam yang Potensial

Dalam mengupayakan ide usaha di pasar malam, Kamu harus senantiasa kreatif dan mampu beradaptasi. Pasalnya lokasi jualan juga tidak selamanya bersih sehingga profesionalisme harus diupayakan. Berikut ide bisnsi di pasar malam yang untung:

1. Jual Aksesoris

Usaha malam hari modal kecil biasanya diupayakan oleh sejumlah orang dengan menjual berbagai macam aksesoris. Aksesoris memang sering dijual di pasar malam dengan harga terjangkau lantaran target penjualan meliputi banyak kalangan.

Jual aksesoris
Jual aksesoris


Aksesoris apa saja yang bisa dijual di pasar malam? Kamu bisa menjual aksesoris berupa ham tangan, gelang, kacamata, dan lain sebagainya. Kenapa aksesoris banyak dicari oleh sejumlah pengunjung dari pasar malam?

Pasalnya aksesoris biasanya murah dan bisa dijadikan sebagai buah tangan ketika pulang. Tidak sedikit pula penjual aksesoris di pasar malam memberikan potongan harga kepada pembeli yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak. 

2. Minuman

Tidak hanya aksesoris, usaha malam hari modal kecil juga bisa diupayakan dengan menjual minuman. Kamu bisa menyediakan minuman hangat ataupun dingin sesuai dengan request dari sejumlah pelanggan ataupun target penjualan. 

Penjualan minuman dingin
Penjualan minuman dingin


Minuman apa yang paling laris di pasar malam? Minuman instan, kopi, boba, jus, dan lain sebagainya. Umumnya ide usaha di pasar malam ini juga diterapkan dengan menjual berbagai macam produk lainnya' agar penjualan senantiasa meningkatkan

Berdasarkan pengalaman ku pribadi, minuman bisa dijual dengan menyiapkan sejumlah produk lain seperti kacang tanah hingga jagung rebus ataupun bakar. Ide usaha ini telah diterapkan oleh sejumlah kalangan pengusaha untuk hasilkan untung besar. 

3. Seblak

Usaha malam hari modal kecil di pasar malam juga bisa diupayakan dengan menyediakan berbagai macam varian seblak. Menurut sejumlah pemilik usaha seblak, target penjualan makanan ini merupakan remaja terutama dari kalangan perempuan.

Kamu bisa menyediakan berbagai macam jenis seblak sebagai ide usaha jualan di pasar malam. Tidak hanya menyediakan berbagai varian, Kamu wajib menerapkan harga pasaran yang bisa dijangkau oleh target penjualan agar kedepannya laris. 

Seblak paling disukai oleh sejumlah orang umumnya memiliki level pedas yang opsional, topping beragam dan praktis. Sediakan pengemasan yang rapi dan unik agar pembeli semakin tertarik pada produk seblak yang Kamu tawarkan di pasar malam. 

4. Jajanan Korea

Hampir semua orang terutama remaja pasti menyukai jajanan khas korea. Ide usaha berupa jualan jajanan Korea bisa Kamu jadikan sebagai salah satu peluang bisnis. Apa saja jajanan Korea yang disukai oleh orang-orang mulai dari hottetok hingga Odeng.

Jajanan Korea
Jajanan Korea


Lakukan riset pasar dengan baik dan benar untuk mengetahui produk jajanan Korea paling disukai. Umumnya jajanan Korea dijadikan sebagai usaha malam hari modal kecil di pinggir jalan atau lebih sering disebut dengan street food. 

Jajanan di pasar malam ini juga mampu dijadikan sebagai peluang bisnis jangka panjang. Terlebih minat masyarakat terhadap makanan instan cukup tinggi. Jadi ide usaha di pasar malam ini sangat cocok diterapkan bagi pemula atau yang berpengalaman. 

5. Jualan Mainan Anak

Dengan modal terbatas, Kamu bisa berjualan sejumlah mainan anak. Berapa modal usaha di pasar malam untuk jualan mainan? Modal usaha di pasar malam untuk berjualan mainan mulai dari 5-7 juta. Namun modal bisa disesuaikan skala bisnis. 

Penjualan mainan
Penjualan mainan


Menurut sejumlah penjual, mainan anak berpotensial lantaran rata-rata pengunjung didominasi oleh orang tua, anak dan juga remaja. Jadi bisa dipastikan bahwa usaha ini cukup potensial. Bagaimana cara penjualan mainan anak yang laris manis dan potensial?

Kamu tinggal membuat gerobak usaha atau membuka lapak sendiri kemudian menata mainan dengan rapi. Cara ini diklaim cukup efektif dalam meningkatkan omzet penjualan mainan. Sesekali mereka juga memanfaatkan media online untuk berjualan. 

6. Sewa Kolam Pancing

Anak-anak belum afdol rasanya jika belum mengunjungi kolam pancing yang ada di pasar malam. Bahkan sebagian besar orang tua akan mengantarkan anaknya untuk mencoba sewa kolam pancing yang ada di pasar malam saat datang berkunjung. 

Membuka usaha sewa kolam pancing ikan membutuhkan beberapa peralatan seperti kolam dari plastik, ikan-ikan mainan, pancing, dan sejumlah ember. Jangan lupa sediakan sejumlah kursi untuk mainan anak agar nantinya anak bisa nyaman. 

Dalam memulai usaha ini Kamu bisa mematok tarif sewa sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 per orang. Usaha akan meningkat jika semua peralatan yang Kamu siapkan banyak dan lengkap. Bahkan omset usaha ini mencapai Rp 500.000 per hari jika sedang ramai. 

7. Jualan Bakaran

Jajanan di pasar malam juga sering dijadikan hal yang wajib didapatkan oleh semua orang. Bakaran apa saja yang bisa disajikan oleh semua orang? Bakaran yang bisa disajikan mulai dari sate-satean, sosis, tempura, bakso bakar dan lain sebagainya. 

Jualan bakaran
Jualan bakaran 


Modal usaha di pasar malam berupa jajanan cenderung murah namun omset bisa melimpah. Berapa modal yang diperlukan untuk jualan bakaran di pasar malam? Modal yang diperlukan mulai dari 3-5 juta sudah termasuk dengan pajak tahunan. 

Sediakan berbagai macam variasi bakaran agar ide usaha di pasar malam mengalami peningkatan. Umumnya usaha ini sering diterapkan juga di pasar biasa hingga pinggir jalan. Oleh sebab itu Kamu wajib memiliki kreativitas tinggi guna menepis kompetitor.

8. Sewa Wahana Permainan 

Ide usaha di pasar malam bisa juga diterapkan dengan menyewakan sejumlah wahana permainan. Wahana permainan apa saja yang bisa disewakan? Wahana yang bisa disewakan mulai dari biang lala hingga sejumlah permainan lainnya. 

Biasanya usaha ini cukup digemari oleh sejumlah kalangan terutama remaja. Kenapa usaha ini cukup digemari oleh semua kalangan remaja? Lantaran sebagian orang mengunjungi pasar malam hanya ingin mencoba berbagai wahana tersedia. 

Tidak hanya menyewakan permainan, Kamu juga bisa buka stand rumah hantu. Biasanya banyak remaja yang mencari tempat tersebut untuk uji adrenalin. Usahakan membawa teman agar nantinya kunjungan ke rumah hantu semakin mengesankan. 

9. Jualan Aromanis dan Tempat Lukis

Pasar malam selalu identik dengan keberadaan aromanis atau gula-gula. Menurut pengalaman ku pribadi, penjualan aromanis di pasar malam selalu disediakan dalam berbagai varian warna dan harga. Hal ini tentu bertujuan untuk menarik pembeli.

Berapa harga aromanis? Idealnya harga aromanis di pasar malam mulai dari Rp 10.000 - Rp 15.000 per pcs. Penjualan dengan harga tersebut tentu membuat aromanis bisa dijangkau banyak orang.

Tidak hanya berjualan aromanis membuka peluang usaha di pasar malam bisa juga diupayakan dengan menyewakan tempat lukis. Kamu hanya perlu menyiapkan model berupa lapak tempat duduk, papan lukis, dan alat lukis.

Ide usaha di pasar malam bisa diterapkan oleh semua orang terutama yang baru belajar bisnis. Dalam menerapkan usaha tersebut dibutuhkan keahlian di bidang entrepreneur. Bidang tersebut bisa optimal Jika kamu rutin membaca artikel lain di website kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar